Analisis Keterkaitan Skl, Ki, Dan Kd Bahasa Indonesia

K13 Kurikulum 2013 - Apa kabar Bapak/Ibu guru Kelas SD maupun Guru Mata Pelajaran (Mapel) jenjang SMP/SMA/SMK sederajat Berikut admin share mengenai ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD



LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

SMA KELAS 10


MATERI PADA
SKL  2013
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa

Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya
Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada bidang kajian spesifik] sesuai bakat dan minatnya

SKL PERMENDIKNAS TH 2006

1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
    perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri
    serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,
    perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
    ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis,
    kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
   dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
    pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang
     terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
      kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
      secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta


LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

BAHASA INDONESIA



PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD

Kompetensi                       :     Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013  untuk 1 Semester atau 1 tahun
Tujuan Kegiatan               :     Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja               :

1.       Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan  (SKL) Tahun 2013!
2.       Bacalah dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006)!
3.       Bacalah KI mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10!
4.       Bacalah KD  mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10!
5.       Analisislah  Lingkup Materi  dari setiap KD dengan mengacu silabus mata pelajaran!
6.       Tulislah aktivitas/ kegiatan belajar siswa untuk mencapai kompetensi tersebutdengan mengacu silabus mata pelajaran!
7.       Tentukan teknik dan instrumen penilaiannya dengan mengacu silabus mata pelajaran!
8.       Setelah selesai masukkan dalam Lembar Kerja Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD Bahasa Indonesia  Kelas 10 yang sudah disiapkan!



MATA PELAJARAN             :  BAHASA INDONESIA
KELAS                                   : X
MATERI  AJAR                    :
Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan
Faktual, konseptual dan prosedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori












Contoh Teknik Penilaian Proyek

Mata Pelajaran         :              
Nama Proyek             :              
Alokasi Waktu           :              
Guru Pembimbing   :              

Nama                            :              
NIS                                 :              
Kelas                             :              

No.
ASPEK
SKOR (1 - 5)
1
PERENCANAAN :
a.      Persiapan
b.      Rumusan Judul

2
PELAKSANAAN :
a.      Sistematika Penulisan
b.      Keakuratan Sumber Data / Informasi
c.       Kuantitas Sumber Data
d.      Analisis Data
e.      Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
a.      Performans
b.      Presentasi / Penguasaan


TOTAL SKOR






Contoh Penilaian Produk
Mata Ajar    :              
Nama Proyek             :              
Alokasi Waktu            :              
Nama Peserta didik :              
Kelas/SMT   :              

No.
Tahapan
Skor ( 1 – 5 )*
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan
a.      Persiapan Alat dan Bahan
b.      Teknik Pengolahan
c.       K3 (Keselamatan kerja, Keamanan dan Kebersihan)

3
Tahap Akhir (Hasil Produk)
a.      Bentuk Fisik
b.      Inovasi

TOTAL SKOR


Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.





  



1.              Penilaian Sikap


ContohFormat Penilaian Sikap

Mata Pelajaran: _________                                    Semester:   _________
Kelompok        : _________                                      Kelas         :   _________

No
Nama Siswa
Skor
Nilai
Komitmen Tugas
Kerja Sama
 Ketelitian
 Minat
Jumlah Skor
1







2







3







4







5







..







..









2.     Format  Penilaian Kinerja
Contoh Format Penilaian Kinerja
Nama Siswa: ………………              Tanggal: ………………          Kelas: ………………

NO
        Aspek yang Dinilai
            Tingkat Kemampuan
1
2
3
4
1.

2.

3.






Jumlah





Kriteria Penskoran                                        Kriteria Penilaian
1.              Baik Sekali           4                              10 – 12  A
2.              Baik                        3                                7 –   9  B
3.              Cukup                   2                                 4 – 6    C
4.              Kurang                  1                                   3      D



Ibu guru Kelas SD maupun Guru Mata Pelajaran  ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD Bahasa Indonesia
format ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD Bahasa Indonesia


Demikian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan LK - 1.3  ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD Bahasa Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel