Guru K13 : Soal Biologi Tingkat Keanekaragaman Hayati + Jawaban

Soal Biologi Keanekaragaman Hayati disertai Jawaban. Keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi mata pelajaran biologi yang dipelajari di SMA/MA. Untuk mendalami materi tersebut, pada kali ini Admin akan membagikan soal atau pertanyaan tentang keanekaragaman hayati lengkap dengan kunci jawaban.

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme.

Contoh Soal Keanekaragaman Hayati:

1.Adanya ciri-ciri khusus pada setiap Individu mengakibatkan…
a.jumlah makhluk hidup bertambah banyak
b.jumlah makhluk hidup didunia tetap.
c.adanya keanekaragaman individu makhluk hidup
d.jumlah makhluk hidup di dunia berkurang
e.terjadinya keseragaman individu

Jawaban : C

2.Perubahan ukuran dan bentuk makhluk hidup terjadi karena factor lingkungan. Tetapi tidak diturunkan pada generasi berikutnya sering dikenal sebagai…
a.mutasi
b.variasi
c.metamorfosa
d.domestikasi
e.modifikasi

Jawaban : E

3.Untuk melestarikan SDA hayati ekosistem dilakukan dengan cara…
a.Penebangan dilakukan jika dibutuhkan mendirikan perumahan
b.Penebangan hanya boleh dilakukan pohon-pohon besar dan rindang
c.Penebangan hanya pada tanaman yang dapat berkembang biak dengan cepat
d.Penebangan hutan dilakukan tidak musim penyerbukan
e.Menerapkan system TPTI (tebang pilih tanaman Indonesia)

Jawaban : E

4.Faktor-faktor berikut ini dapat meningkatkan keanekaragaman hayati, kecuali….
a.klasifikasi
b.perkawinan antar spesies
c.adaptasi
d.interaksi gen dengan lingkungan
e.domestikasi

Jawaban : A

5.Keanekaragaman tingkat gen terdapat pada kelompok tanaman….
a.kelapa, nyiur dan pinang
b.padi, pisang dan mahoni
c.papaya, kelapa dan pinang
d.pisang raja, pisang kapok dan pisang tanduk
e.palem, mangga dan kelapa

Jawaban : D

Soal dan pembahasan keanekaragaman hayati :


UAN 2008
1.Kelompok tumbuhan yang menunjukkan variasi individu dalam satu spesies terdapat pada …
A.Jambu, mangga, nanas
B.Kelapa, tomat, pinang
C.Terung, tomat, kentang
D.Mangga gadung, mangga manalagi, mangga golek
E.Jahe merah, lengkuas merah, kunyit putih

Jawaban : D
Pembahasan : Macam-macam keanekaragaman ada 3 , yaitu :
a)Keanekaragaman genetis menunjukkan variasi individu dalam satu spesies, contohnya adalah mangga (mangifera indica) memiliki varietas diantaranya adalah : mangga gadung, mangga golek, mangga manalagi dan lain-lain.
b)Keanekaragaman jenis/spesies, menunjukkan perbedaan diantara jenis makhluk hidup, seperti jambu biji (psidium guajava) berbeda spesies dengan mangga (mangifera indica) dan kelapa (cocos nucifera).
c)Keanekaragaman ekosistem, menunjukkan variasi individu di dalam ekosistem yang berbeda-beda. Misalnya tanaman air seperti teratai (Lotus sp.) memiliki cirri morfologi yang berbeda dengan tanaman Xerofit seperti kaktus.

UAN 2008
2.Beberapa cara penulisan ilmiah :
1. Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan.
2. Kata pertama dimulai dengan huruf besar, kata kedua dimulai dengan huruf kecil.
3. Penulisan kata pertama dengan kata kedua disambung.
4. Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung.
5. Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus.
6. Nama penemunya tidak boleh dicantumkan.
Cara penulisan binomial nomenclatur yang benar adalah …
A.1-2-3-5
B.1-2-3-6
C.1-2-4-5
D.2-3-5-6
E.2-4-5-6

Jawaban : C
Pembahasan : Penulisan ilmiah untuk nama spesies menurut Caroleus Linaeus disebut dengan tatanama binomial nomenclature adalah sebagai berikut :
Untuk nama spesies kentang adalah : Solanum tuberosum atau Solanum tuberosum
Kaidah yang harus diikuti adalah:
1. Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan
2. Kata pertama dimulai dengan huruf besar, kata kedua dimulai dengan huruf kecil.
3. Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung.
4. Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus.


UAN 2007
3.Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu…
A.filum
B.kelas
C.ordo
D.famili
E.genus

Jawaban: C
Pembahasan: Berdasarkan jenis makanannya, kucing, anjing, dan harimau adalah pemakan daging, sehingga dikelompokkan kedalam tingkat takson yang sama, yaitu ordo carnivore.


UAN 2006
4.Dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat…
A.kelas
B.ordo
C.famili
D.genus
E.spesies

Jawaban: D
Pembahasan: Citrus maxima, Citrus aurantifolia, Citrus nobilis dalam klasifikasi menempati takson spesies (nama jenis). Nama jenis (spesies) terdiri dari 2 kata, dimana, kata pertama ditulis denmgan huruf besar yang merupakan nama marga (genus). Sedangkan kata yang kedua ditulis dengan huruf kecil menunjukkan nama jenisnya (spesiesnya).
Jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk keprok mempunyai nama depan yang sama, yaitu Citrus, berarti ketiganya berada dalam kelompok tingkat genus yang sama.


UAN 2005
5.Dalam system pengelompokkan tumbuhan, ada beberapa macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan dibawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus, adalah…
A.Aren, kelapa, pinang
B.Lengkuas, jahe, kunir
C.Kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau
D.Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras
E.Bawang merah, bawamng daun, bawang putih

Jawaban: A
Pembahasan: Pada keluarga palm-palman pada saat masih muda mempunyai bentuk fisik yang mirip, tetapi pada fase tertentu perkembangan mulai menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan sehingga fase dewasa sudah jelas perbedaan bentuknya.


UAN 2005
6.Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat…
A.Populasi harimau naik, populasi rumput naik
B.Populasi harimau turun, populasi rumput turun
C.Populasi harimau naik, populasi rumput turun
D.Populasi harimau turun, populasi rumput naik
E.Semua populasi di padang rumput jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah

Jawaban: C
Pembahasan: Peristiwa ini merupakan proses rantai makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakan dengan arah tertentu dimuali dari produsen → konsumen I→konsumen II→konsumen III→pengurai.


UAN 2004
7.Usaha-usaha berikut termasuk proses melestarikan SDA hayati, kecuali…
A.memelihara kebun botani
B.mencegah populasi
C.melakukan reboisasi hutan
D.mendaur ulang penggunaan nikel
E.menjaga plasma nuftah

Jawaban: D
Pembahasan: SDA dibedakan atas dua sumber, yaitu:
a)SDA hayati, yaitu semua SDA yang berasal dari makhluk hidup. Contohnya: flora, fauna, mikoroorganisme, fungi.
b)SDA nonhayati, yaitu SDA yang berasal dari benda tak hidup.


UAN 2003
8.Keanekaragaman jenis dapat dilihat dari adanya perbedaan…
A.bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan penampilan
B.bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan factor pembawa sifat menurun
C.morfologi dan anatomi
D.tingkah laku dang en
E.morfologi dan tingkah laku

Jawaban: C
Pembahasan: Keanekaragaman jenis menunjukkan seluruh variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar spesies. Diantara jenis itu pada tumbuhan muda memiliki kemiripan bentuk fisik. Contoh: kelapa dan aren, salak dan sawit.


9.Si amang dikelompokkan sama dengan orang utan dan gorilla, yaitu pada tingkat ordo primate. Hal ini disebabkan karena siamang, orang utan, dan gorilla memiliki kekerabatan yang sangat dekat. Pengklasifikasian makhluk hidup seperti disebutkan diatas termasuk system…..
A.Buatan
B.Artificial
C.Filogenetik
D.Alamiah
E.Binomial nomenclature

Jawaban : C
Pembahasan: System pengklasifikasian makhluk hidup ada 3 yaitu:
1.System alamiah, yaitupengklasifikasian berdasarkan banyak sedikitnya persamaan terutama sifat morfologis. Misalnya: harimau, kuda, badak, dan kuda nil termasuk hewan yang berkaki empat
2.System artificial atau buatan yaitu mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan struktur morfologis yang mudah dilihat, terutama alat reproduksi dan habitat (tempat hidup) makhluk hidup. Contohnya: tanaman digolongkan pada perdu, semak, berkayu, tanaman air, tanaman darat, dll.
3.System filogenetik, yaitu pengklasifikasian berdasarkan jauh delatnya hubungan kekerabatan antar takson yang ditinjau dari perkembangan filogeninya. Contohnya: siamang dan orang utan lebih dekat kekerabatannya dibandingkan dengan siamang dan kucing.


10.Berikut ini sisten penamaan yang benar menurut system binomial nomenclatur untuk tanaman durian adalah…
A.durio zibetinus
B.Durio zibetinus
C.durio zibetinus
D.Durio zibetinus
E.Durio zibetinus

Jawaban: B
Pembahasan: penulisan nama ilmiah yang benar untuk nama spesies durian seperti yang ditunjukkan oleh system binomial nomenclatur adalah : Durio zibetinus atau Durio zibetinus. Peraturan system tatanama binomial nomenclature bias dilihat pada no.2.


11.Berikut ini contoh konservasi alam secara eksitu,kecuali:
A.Beraneka macam fauna dan flora di taman safari, Cisarua, Bogor
B.Kebun koleksi tebu di Pasuruan, Jawa Timur
C.Penanaman aneka anggrek dan bunga lain di kebu Botani Bogor
D.Pemeliharaan aneka margasatwa di kebun binatang Gembiraloka, Jogjakarta
E.Pelestarian badak bercula satu di suaka margasatwa, Ujung Kulon

Jawaban: E
Pembahasan: konservasi alam terdiri dari 2 cara, yaitu:
A.Secara insitu, yang artinya pelestarian alam di dalam habitat aslinya, contohnya adalah pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon, pelestarian komodo di Pulau Komodo, dan pelestarian Raflesia arnoldi di Bengkulu.
B.Secara eksitu, yang artinya pelestarian alam di luar habitat aslinya, contohnya adalah kebun koleksi tebu di Pasuruan, Taman Safari di Cisarua Bogor, dan Kebun Botani di Bogor.


12.Berbagai kasus perubahan lingkungan melanda Negara kita antara lain:
1.Gempa dan tsunami melanda daerah Pangandaran dan daerah NAD
2.Banjir di Jakarta
3.Kabut panas dan hujan abu di Jateng
4.Timbulnya lumpur Lapindo di Porong Sidoardjo
5.Kebakaran hutan di beberapa hutan di Indonesia
Bencana yang sepenuhnya terjadi akibat kelalaian manusia adalah…
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.2 dan 4
D.2 dan 5
E.4 dan 5

Jawaban: D
Pembahasan: Bencana alam yang terjadi di berbagai belahan bumi dapat disebabkan karena kelalaian dari perbuatan manusia yang secara disadari atau tidak dapat merusak alam. Bencana alam yang seperti itu diantaranya adalah: banjir dan kebakaran hutan.


13. Kupu-kupu yang menghisap sari-sari bunga merupakan interaksi yang termasuk simbiosis…
A.Mutualisme
B.Parasitisme
C.Komensalisme
D.Amensalisme
E.Kompetisi

Jawaban: A
Pembahasan: sismbiosis antara kupu-kupu dan bunga termasuk simbiosis mutualisme, karena hubungan antara keduanya bersifat saling menguntungkan.
-parasitisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain dirugikan. Contohnya: benalu dengan pohon mangga
-komensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain tidak dirugikan ataupun tidak diuntungkan. Contohnya: ikan hiu dengan ikan remora
-amensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu rugi sedangkan yang lain tidak dirugikan. Contohnya: bakteri dengan jamur Penicilium notatum. Jamur Penicilium notatum menghasilkan zat antibiotika yang dapat menghambat atau membunuh bakteri yang hidup disekelilingnya. Hubungan ini disebut juga antibiosis.
-kompetisi atau persaingan antara dua individu yang sama habitatnya atau nichenya.

Soal keanekaragaman hayati essay:

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati!
Jawaban: keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman jenis makhluk hidup baik yang ada di daratan maupun di perairan. Dalam hal ini termasuk keanekaragaman spesies, varietas, genetik, dan ekosistem.

2. Mengapa dapat timbul keanekaragaman genetik? Jelaskan!
Jawaban: karena adanya keragaman komposisi atau susunan genentik dalam satu spesies

3. Secara biogeografi, Indonesia dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan oriental, Australian, dan kawasan peralihan. Tuliskan daerah yang termasuk dalam kawasan-kawasan tersebut!
Jawaban:
- Kawasan Oriental: Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan
- Kawasan Peralihan : Sulawesi
- Kawasan Australian: Maluku, Papua, dan NTT

4. Apa penyebab keunikan biodiversitas Indonesia? Sebutkan!
Jawaban: Memiliki flora bertipe dan terdapat banyak flora dan fauna endemik

5. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki biodiversitas tinggi!
Jawaban:
a. Indonesia terletak di wilayah tropis dngan kondisi iklim dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau serta intensitas sinar matahari yang merata sepanjang tahun.
b. Indonesia merupakan negara kepulauan, kondisi ini menyebabkan isolasi geografis bagi makhluk hidup sehingga terdapat pulau-pulau yang memiliki spesies-spesies khas dan tidak terdapat pada pulau lainnya (spesies endemik).
c. Wilayah Indonesia terbagi atas dua zona, yaitu zona Asia dan Zona Australia sehingga spesies makhluk hidup merupakan peralihan di antara wilayah tersebut.
d. Kondisi laut di Indonesia sangat beragam, sehingga terumbu karang yang terdapat di laut Indonesia juga sangat luas dengan segala jenis ikan, ataupun hewan.

Soal Uraian biologi tentang keanekaragaman hayati beserta jawabannya

1. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman Hayati?

Jawab:
Keanekaragaman hayati merupakan pernyataan mengenai berbagai macam variasi atau bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang terdapat pada berbagai tingkatan makhluk hidup.

2. Apakah yang menyebabkan keanekaragaman hayati di Indonesia cukup tinggi? Jelaskan oleh Anda.

Jawab:
Karena Indonesia memiliki letak geografis yang strategis, yaitu di antara dua benua dan dua samudra yang memiliki perbedaan karakteristik keanekaragaman hayati selain itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki iklim tropis.

3. Bagaimanakah persebaran hewan di Indonesia? Jelaskan.

Jawab:
Persebaran hewan di Indonesia terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu wilayah barat, wilayah timur, dan wilayah peralihan.

4. Apakah yang menyebabkan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia harus mulai dilakukan sekarang juga?

Jawab:
Karena kerusakan lingkungan dan habitat semakin parah, oleh karenanya mulai dari sekarang usaha pelestarian keanekaragaman hayati harus dilakukan.

5. Tuliskan contoh-contoh tempat yang dijadikan sebagai lokasi pelestarian in situ dan pelestarian exsitu.....

• Pelestarian in situ contohnya Taman asional Ujung Kulon dan Taman nasional Way Kambas.
• Pelestarian ek situ contohnya kebun binatang.

6. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman gen dan sebutkan contoh keanekaragaman yang dipengaruhi oleh gen.

Jawab:
Keanekaragaman gen merupakan keanekaragaman susunan gen yang dapat menimbulkan variasi dalam satu spesies.

7. Jelaskan perbedaan antara hewan yang berada di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur. Sebutkan contohnya!

Jawab:
Hewan Indonesia bagian barat memiliki kemiripan hewan dari asia, dengan ciri banyak terdapat mammalia besar. Hewan Indonesia bagian timur memiliki kemiripan dengan hewan dari Australia dengan ciri banyak terdapat hewan marsupialia.

8. Manfaat apa saja yang bisa didapat oleh manusia dari keanekaragaman hayati di Indonesia.

Jawab:
Beberapa keanekaragaman hayati dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang, pangan, papan, dan obat-obatan.

9. Jelaskan perbedaan keanekaragaman hayati pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem.

Jawab:
Keanekaragaman gen menyebabkan variasi dalam spesies dan keanekaragaman spesies. Keanekaragaman tingkat spesies menyebabkan keanekaragaman tingkat ekosistem. Jenis spesies pada suatu ekosistem akan berbeda pada ekosistem yang lain.

10. Faktor apa yang paling besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman tingkat ekosistem?

Jawab:
Faktor lingkungan abiotik

11. Jelaskan pembagian wilayah penyebaran fauna Indonesia berdasarkan Wallace!

Jawab:
Keanekaragaman fauna Indonesia terbagi menadi hewan-hewan Indonesia bagian barat, peralihan, dan bagian timur.

12. Sebutkan lima contoh flora dan fauna endemik Indonesia!

Jawab:
Flora endemik, contohnya bunga bangkai dan salak. Fauna endemik, contohnya anoa dan babi rusa.

13. Menurut Wallace, Indonesia dibagi menjadi tiga zona. Sebutkan tiga zona tersebut, bersama contoh hewannya.

Jawab:
Zona Oriental, contohnya orang utan; zona peralihan, contohnya anoa; dan zona Australia, contohnya walabi.

14. Mengapa terjadi keanekaragaman tingkat ekosistem?

Jawab:
Keanekaragaman tingkat ekosistem terjadi karena adanya keanekaragaman tingkat populasi penyusun suatu ekosistem.

15. Apa yang akan terjadi jika suatu populasi hewan punah? Jelaskan!

Jawab:
Jika suatu populasi hewan punah maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem. Terutama meningkatnya jumlah populasi makanan (mangsa) spesies tersebut.

Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan Buku K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 : Soal Biologi Tingkat Keanekaragaman Hayati dilengkapi kunci Jawaban

Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini dapat bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel