Asyik Belajar dengan PAKEM - IPS (untuk SD-MI dan SMP-MTs)
11/26/2018
Berikut ini adalah berkas Buku Asyik Belajar dengan PAKEM - IPS (untuk SD-MI dan SMP-MTs). Download file format .pdf.
Keterangan:
Di bawah ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Asyik Belajar dengan PAKEM - IPS (untuk SD-MI dan SMP-MTs).
Buku ini merupakan salah satu buku Program Managing Basic Education atau (MBE), yang didukung oleh USAID.
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang disebut Pembelajaran Kontekstual di SMP dan MTs ber tujuan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kaya serta mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.
Buku panduan ’Asyik Belajar dengan PAKEM’ disusun untuk menambah wawasan para guru, pengelola dan pihak pendidikan lainnya dalam mengembangkan pembelajaran.
Setiap jilid buku tentang Ilmu Pengetahuan Sosial ini berisi hal-hal berikut.
- Pengalaman Pembelajaran berupa cerita pengalaman, foto, karya siswa yang ditulis guru dan fasilitator (pelatih) sekolah-sekolah binaan MBE;
- Gagasan Pembelajaran berupa ide singkat untuk pembelajaran dan permainan;
- Contoh Pembelajaran PAKEM-CTL berupa contoh rencana pembelajaran yang telah dipraktikkan di lapangan;
- Pengembangan Tema berupa perencanaan program pembelajaran secara tematik.
- Serba-Serbi berupa ide singkat untuk pembelajaran.
Diharapkan dengan buku ini ialah bertambahnya wawasan para pembaca serta dapat diterapkannya ide-ide sesuai kondisi di tempat mengajar masing-masing.
DAFTAR ISI
PENGANTAR
DAFTAR ISI
A. PENGALAMAN PEMBELAJARAN
- Kenampakan Alam
- Penggunaan Lahan
- Kebangsaan
- Wawasan Nusantara
- Hak dan Kewajiban
- Migrasi
- Koperasi
B. GAGASAN PEMBELAJARAN
1. Pengembangan Ide Berdasar Tema
a) Makanan .
b) Pasar
c) Harga
d) Makanan .
2. Pengembangan Ide berdasarVariasi Sumber Belajar
a) Keluarga
b) Fenomena Alam dan Lingkungan
c) Masjid Demak
d) Kegiatan Ekonomi .
e) Pergerakan Nasional (R.A. Kartini)
f) Iklan (sebagai sumber/alat belajar)
g) Keragaman Suku Bangsa
h) Borobudur
3. Pengembangan Ide melalui Keterampilan Informasi
a) Sumber belajar: VCD, Internet,TV, koran, majalah, buku, manusia .
b) Keterampilan Informasi di Kelas Awal
c) Keterampilan informasi di Kelas 3 – 6
d) Keterampilan Informasi di Kelas 7 – 9 .
e) Stabilitas Nasional
f) Zaman Jepang
C. CONTOH PEMBELAJARAN PAKEM-CTL
- ???
- Persen, Permil, dan Bunga
- Membuat Grafik Dan Menggambarkan Persebaran Obyek Geografi
- Peristiwa Dalam Keluarga
- Keluarga
- Keragaman Budaya di Indonesia
- IndonesiaTercinta
- Konflik Sosial/Keragaman Suku Bangsa
D. PENGEMBANGANTEMA
- Ragam Budaya Setempat
- Bentuk Muka Bumi
- Keragaman Bentuk Muka Bumi
- Pasar
- Cuaca dan Iklim
E. SERBA-SERBI
- Kata Berkait Tentang Alam dan Ekonomi
- Belajar Migrasi MelaluiTokoh
- Pengelolaan Siswa Inovatif
- Menggunakan Buku Pelajaran dengan Cara Lebih Baik
- Metode Bermain Peran
- Kampanye Pemilihan Pilkada
- Permainan Berantai dan Bermain Peran
- Penyimpangan Sosial
- Manusia dan Lingkungan
- Belajar Banyak Melalui Kursi
- Peristiwa
- Barang-Barang yang Diperjualbelikan
- Kegiatan Guru di KKG/MGMP
- Lembar Kerja (Bahan Diskusi di KKG/MGMP)
- Contoh-Contoh Lembar Kerja a) Harga BBM (untuk kelas 3 SD/MI)b) Berbedaan Pengembangan Negara (untuk kelas 4 SD/MI) c) Sultan Agung Menyerang Batavia (untuk kelas 5 SD/MI) d) Perlawanan Indonesia Terhadap Penjajah (untuk kelas 6 SD/MI) e) Honduras (untuk kelas 7 SMP/MTs) f) Kayu Sebagai Sumber Kekayaan (untuk kelas 8 SMP/MTs) g) Pelestarian Kekayaan Alam (untuk kelas III SMP/MTs) h) Sultan Agung Menyerang Batavia (untuk kelas 9 SMP/MTs)
Selengkapnya silahkan lihat atau download berkas Buku Asyik Belajar dengan PAKEM - IPS (untuk SD-MI dan SMP-MTs) di bawah ini.
File Preview:
Buku Asyik Belajar dengan PAKEM - IPS (untuk SD-MI dan SMP-MTs)
Download:
Buku Asyik Belajar dengan PAKEM Mata Pelajaran IPS - MBE.pdfSumber: http://prioritaspendidikan.org