Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI
11/28/2018
Berikut ini adalah arsip berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI. Download file dalam format .pdf.
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI
Program Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia'sTeachers, Administrators and Students (PRIORITAS) yang didanai oleh USAID bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia. Program PRIORITAS (2012-2017) dilaksanakan dalam rangka mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebuda- yaan dan Kementerian Agama dalam meningkatkan akses pendidikan dasar yang bermutu.
Untuk mencapai tujuan tersebut, USAID PRIORITAS telah melaksanakan program pengembangan kapasitas yang terdiri atas pelatihan dan pendampingan guru, kepala sekolah, dan pengawas, serta kegiatan kelompok kerja di tingkat sekolah maupun gugus, dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang aktif dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Selain itu USAID PRIORITAS juga mengembangkan program budaya baca dan literasi dengan memberi hibah buku pengayaan dan buku bacaan berjenjang kepada sekolah untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca siswa. Program ini dalam rangka mendukung implementasi kebijakan pendidikan yang tertuang di dalam RPJMN dan Renstra Kemdikbud 2015-2019.
Berbagai kemajuan yang dapat dilihat di sekolah di antaranya, guru merancang tugas yang mendorong interaksi antar siswa dalam pembelajaran kooperatif, yang menantang siswa untuk berbuat dan berpikir tingkat tinggi, seperti diskusi, percobaan, pengamatan, dan pemecahan masalah. Siswa memanfaatkan beragam sumber belajar dan menghasilkan karya hasil gagasan sendiri. Hasil karya siswa dipajangkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Kepala sekolah melaksanakan manajemen yang transparan, akuntabel dan partisipatif dengan melibatkan guru, komite sekolah dan masyarakat. Program budaya membaca mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah, sudut baca, perpustakaan keliling, dan sumber daya dari masyarakat. Program budaya membaca di beberapa sekolah telah berhasil membentuk pembiasaan membaca siswa.
Dalam rangka menyebarluaskan pengalaman pembelajaran dan manajemen di SD, MI, SMP, dan MTs tersebut, USAID PRIORITAS menerbitkan beberapa buku praktik yang baik dengan tema budaya baca, pembelajaran tingkat SD/MI, pembelajaran tingkat SMP/MTs, dan manajemen sekolah. Besar harapannya agar praktik yang baik dalam buku ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi guru dan praktisi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas.
DAFTAR ISI
PEMBELAJARAN IPA
- Simulasi Lampu Lalu Lintas
- Berbahan Bekas Kardus Kenduri
- Hore... Saya Tahu Mengapa BendaTerapung
- Depo Isi Ulang: Sumber Belajar Penjernihan Air
- Perahu Pegas dari Botol Plastik
- Alat Pendeteksi Ketinggian Air Buat Filter Air, Siswa Girang Jernih
- Bu, Jernih...!
- Ayo Belajar tentang Energi
- Kwartet Sains
- Belajar Sistem Tata Surya di Halaman Kelas
- Membuktikan Energi Alam dengan Batu dan Kincir
- Mengenal Tumbuhan di Lingkungan Sekolah
- Belajar Alat Indra Manusia secara Kooperatif - Window Shopping
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- Memahami Pecahan melalui Buah Semangka
- Belajar Sudut dan Ruang dengan “Sate Kentang”
- Belajar Kelipatan Perkalian Terkecil dengan Lompat Kaki
- Matematika dari Bola dan Sarang Telur
- Ayo, Siapa yang Mau Beli?
- Bermain Koordinat Kartesius pada Lantai Kelas
- Garis Bilangan Batang Singkong "Berpelukan Adalah Bersekutu”
- Permainan Tic Tac Toe Bantu Siswa Konstruksi Konsep Fakta Dasar Perkalian
- Menyelesaikan FPB dan KPK dengan Kertas Warna-Warni
- Belajar Menimbang Sambil Bermain Kelereng
- 7 in 1, Alat Peraga dari Sekotak Catur
- Kalender Bekas Pintar Hitung (KalBekPinTung)
- Mengukur Debit Air Kran di Sekolah
- Belajar Perkalian dan Pembagian dengan Rak Telur Rainbow
- Identifikasi Mean, Median, dan Modus dengan Stik Es Krim
- Belajar Konsep Sistem Satuan Ukuran dengan Media Beras
PEMBELAJARAN TEMATIK, BAHASA, DAN IPS
- Belajar Nilai Tempat dengan Buku Besar
- Belajar Membaca Pemahaman dengan Media Buku Besar
- Menceritakan Kembali Isi Buku Besar
- Belajar Pengurangan dengan Media Lagu
- Ini Namanya Daun Apa?
- Gunakan Kompas untuk Belajar Arah Mata Angin
- Kotak Ajaib Permudah Belajar Matematika Kelas Awal
- Manfaatkan Lantai Kelas untuk Media Belajar Berhitung dan Ciptakan Budaya Tertib
- Membuktikan Energi Matahari
- Pandai Bercerita dengan Piramida Cerita
- Belajar Membuat Kalimat dengan Kartu Huruf dan Kata
- Remedial bagi Siswa yang Belum Mampu Membaca
- Kembangkan Penugasan yang Membuat Semua Siswa Aktif
- Balap Karung Media Asah Terampil Menulis
- Belajar Mengenal Uang
- Ini Gambar Apa, yang Mana Namanya dan Berapa Jumlah Hurufnya?
- Mengapa Harus Pakai Alat Peraga?
- Paham Konsep Dasar Melalui Dinding Matematika dan Bahasa
- Alam Raya Sekolahku
- Belajar Energi Gerak dari Kincir Angin
PENDIDIKAN INKLUSIF
- Bentuk Pembelajaran Berkelompok Siswa ABK dan Non-ABK
- PAKEM Membuat Ferry Tidak Lagi Merasa Sendiri
- Sikap Guru Tentukan Kenyamanan ABK dalam Belajar
- Siswa ABK Tampil Memukau dengan Neraca Cartesius
- Sekolah Inklusif Antarkan Siswa
- ABK menjadi 10 Besar di Kelasnya
- Kolaborasi Guru Kelas dan Guru Pendamping KhususKembangkan Kerja Sama Guru dan Orang Tua untuk Perkembangan ABK
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI Edisi II
Buku praktik yang baik Pembelajaran di SD dan MI ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID) melalui Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia'sTeachers, Administrators, and Students (PRIORITAS). USAID PRIORITAS adalah program kemitraan antara Pemerintah Amerika dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia.
Sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
Salah satu fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Perpres No 14Tahun 2015) adalah“perumusan kebijakan di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola Dikdasmen”. Untuk menjalankan fungsi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan Kebijakan Program Pendidikan Dasar antara lain: (1) pemenuhan hak terhadap pelayanan pendidikan dasar yang berkualitas, (2) peningkatan kualitas pembelajaran dan (3) peningkatan tata kelola pendidikan dasar.
Implementasi kebijakan peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan tata kelola pendidikan dasar tersebut telah didukung oleh USAID PRIORITAS melalui beberapa program dan kegiatan antara lain pelatihan dan pendampingan guru, kepala sekolah, pengawas serta kegiatan kelompok kerja di tingkat sekolah dan tingkat gugus. Kegiatan pendampingan ini menggunakan pendekatan pembelajaran aktif dan kreatif, manajemen berbasis sekolah (MBS), program budaya baca dan literasi dengan memberi hibah buku pengayaan, buku fiksi, dan buku bacaan berjenjang kepada sekolah dasar.
Pengalaman pembelajaran dan manajemen di sekolah SD, MI, SMP, dan MTs telah dirangkum dalam buku praktik yang baik sejak tahun 2015 (edisi 1),dan buku ini merupakan buku praktik yang baik edisi II.
Semoga buku praktik yang baik ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pengelola pendidikan di kabupaten dan kota lainnya di seluruh Indonesia,bagi guru dan praktisi dalam rangka memeratakan pendidikan yang bermutu.
DAFTAR ISI
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
- Belajar Energi Gerak dari Parasut
- Horee… Aku Bisa Membuat Pupuk MOL
- Belajar IPA Bonusnya Minum Jamu
- Belajar Energi Angin dan Jarak Luncur Roket
- Asyiknya Belajar IPA dengan Media Lubang Pipa
- Menemukan Media Tanah yang Cocok untuk Bertanam
- Wow... Bohlam Bisa Menjadi Kaca Pembesar
- Membuat Penjernihan Air Sederhana
- Telur Rebus dan Struktur Lapisan Bumi
- Ayo Bermain Penyerbukan Bunga
- Memahami Pesawat Sederhana Lewat Percobaan Sederhana
- Percobaan Penghantar Panas Konduktor dan Isolator
- Mendeteksi Benda Isolator dan Konduktor dengan APIK
- Belajar Pengawetan Makanan dengan Telur Asin
- Horee... Mobil Tenaga Angin Buatanku Bisa Melaju...
- Ada Pelangi di Baskomku
- Balonku Mengembang dengan Cuka dan Soda Kue
- Ayo Bereksperimen IPA Cetak Ilmuwan Cilik
- Jelaskan Proses Gerhana Melalui Role Play
- Memahami Kelemahan dan Kelebihan Rangkaian Listrik
- Timbangan Gelas Kertas Mampu Menahan Manusia
- Seismograf Sederhana untuk Belajar Gempa
- Amati Tanah di Lingkungan Sekitar untuk Pelajari Humus
- Mempraktikkan Cara Kerja Traktor Pegas
- Menggunakan Adonan Onde-onde untuk Belajar Gaya
- Siswa Kelas 1 Teliti Pertumbuhan Tanaman
- Belajar Keragaman Bentuk-Bentuk Tulang Daun
- Botol dan Balon jadi Penampang Paru-paru
- Detak Jantung Temanku Terdengar!
- Cara Asyik Belajar Konsep Energi Gerak dengan Pesawat Kertas
- Belajar Perubahan Bentuk dengan Mengamati Pembuatan Asam Sunti
- Teropong Telur
- Uji Cahaya Merambat Lurus Menggunakan Papan Sederhana
Pembelajaran Matematika
- Belajar Matematika dari Perpisahan Sekolah
- Guru Papua Barat, Implementasikan Pembelajaran Aktif
- Mengolah Data Hasil Pengukuran Tinggi dan Berat Badan Siswa
- Bermain Kartu untuk Paham Perkalian
- Menjumlahkan Bilangan Positif dan Negatif dengan Kancing Baju
- Kartu Domino untuk Mencari Median dan Modus
- Super Market di Kelasku
- Belajar Debit Air...! Siapa Takut...
- Gerakan Tanganku Dapat Membentuk Bangun Ruang
- Biji-bijian untuk Penjumlahan dan Pengurangan
- Bahan Biasa Tapi Hasil Luar Biasa
- Belajar Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan ‘Tiktak Card’
- Telur Naga Pecahkan Operasi Bilangan Bulat
- Jadi Panitia HUT RI Sambil Belajar Operasi Bilangan
- Berhitung dengan Rumpun Bambu
- Media Pembelajaran Garis Bilangan “Badak Berjalan”
- “Dada Berangka” Permainan Seru Mengenal Bilangan
- Permainan Bangun Datar
- Menentukan Nilai Tengah, Mean, dan Modus dengan Bobo statistik
- Seruling Bilangan, Media Penjumlahan Bilangan Bulat
- Belajar Menyenangkan dengan BPKP
Pembelajaran Bahasa
- Puzzel Surat Resmi untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa Menulis
- Bertamasya, Belajar, dan Melaporkan Menyusun Cerita dengan Komik
- Lingkungan Sekolah Sumber Inspirasi Merangkai Puisi
- Menabung Kalimat, Melatih Siswa Membaca Sejak Dini
- Menjadi Reporter Cilik
- Lingkungan Sekolah, “Inspirasi” Karangan Deskriptif
- Permainan Harta Karun,Tingkatkan Kemampuan Memahami Bacaan
- Menulis Puisi dari Inspirasi Alam
- Memahami Unsur Intrinsik Cerita dengan Mengadaptasi Diagram Tulang Ikan (Ishikawa Fishbone)
- Menghasilkan Karya Tulis Melalui Pembelajaran Keterampilan Informasi
- Terampil Membuat Kalimat dengan Permainan Dakon
- Kartu Kata Membentuk Kalimat di Kelas Awal
- Bengkel Menulis Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
- Belajar IPS dengan Praktik
- Petani dan Peternak Sumber Belajar Ekonomi
- Belajar IPS Jadi Lebih Mudah dengan Cakram Spider
- Blusukan ke Pasar
- Wawancara: Mengenal Profesi dan Kegiatan Ekonomi
- Mempraktikkan Keterampilan Informasi dalam Pelajaran IPS Bertanya dan Cari Jawabannya Sendiri
- Bazaar Makanan Sehat, Fasilitasi Praktik Jual Beli
- Asyiknya menjadi “Magnet” Sumber Daya Alam
- Memanfaatkan kain Perca untuk Membuat Peta
- Mengidentifikasi Karakteristik Negara-Negara ASEAN melalui Puzzle
- Mudahnya Temukan Informasi dengan Teknik “MEKAKUBATURAN” (MEdia, KAta KUnci, BAca,TUlis, dan lapoRAN)
Download Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI
Download File:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI.pdf
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI Edisi II.pdf
Sumber: http://prioritaspendidikan.org
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SD-MI. Semoga bisa bermanfaat.