Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs
11/27/2018
Berikut ini adalah arsip berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs. Download file dalam format .pdf.
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs 2017 Edisi II
Buku praktik yang baik Pembelajaran di SMP dan MTs ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID) melalui Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS). USAID PRIORITAS adalah program kemitraan antara Pemerintah Amerika dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia.
Salah satu fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Perpres No 14Tahun 2015) adalah“perumusan kebijakan di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola Dikdasmen”. Untuk menjalankan fungsi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan Kebijakan Program Pendidikan Dasar antara lain: (1) pemenuhan hak terhadap pelayanan pendidikan dasar yang berkualitas, (2) peningkatan kualitas pembelajaran dan (3) peningkatan tata kelola pendidikan dasar.
Implementasi kebijakan peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan tata kelola pendidikan dasar tersebut telah didukung oleh USAID PRIORITAS melalui beberapa program dan kegiatan antara lain pelatihan dan pendampingan guru, kepala sekolah, pengawas serta kegiatan kelompok kerja di tingkat sekolah dan tingkat gugus. Kegiatan pendampingan ini menggunakan pendekatan pembelajaran aktif dan kreatif, manajemen berbasis sekolah (MBS), program budaya baca dan literasi dengan memberi hibah buku pengayaan, buku fiksi, dan buku bacaan berjenjang kepada sekolah dasar.
Pengalaman pembelajaran dan manajemen di sekolah SD, MI, SMP, dan MTs telah dirangkum dalam buku praktik yang baik sejak tahun 2015 (edisi 1),dan buku ini merupakan buku praktik yang baik edisi II.
Semoga buku praktik yang baik ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pengelola pendidikan di kabupaten dan kota lainnya di seluruh Indonesia,bagi guru dan praktisi dalam rangka memeratakan pendidikan yang bermutu.
DAFTAR ISI
Ilmu Pengetahuan Alam
- Mengamati Gelembung Oksigen pada Percobaan Fotosintesis Ingenhouz
- Uji Makanan Karbohidrat Tertinggi
- Percobaan Temukan Bahan Tape Terbaik
- Belajar Adaptasi dan Seleksi Alam dari Kupu- Kupu yang Punah
- Praktik Pemisahan Campuran Kromatografi Kertas
- Tidak Sekadar Nikotin Kandungan Rokok
- Apa saja Komponen Darah? Ayo Buat Darah Tiruan
- Buat Alat Pendeteksi Kebakaran
- Kunyit untuk Mendeteksi Air yang Terkontaminasi
- Penemuan Kulit Jeruk Sebagai Aroma Terapi Penangkal Nyamuk, Bawa Aanisah Rahman Raih Juara Remach CSC 2016
- Media Puzzle Menentukan Rumus Kimia Secara Praktis
- Menentukan Besaran dan Satuannya
- Pelajari Gerak dan Perubahan Tumbuhan dari Putri Malu
- Bedakan Kualitas Gelombang Bunyi
- Media Sederhana untuk Memahami Konsep Gelombang
- Menghitung Tekanan pada Tanah
- Belajar Aktivitas Pemantauan Gunung Berapi
- Kolaborasikan Pembelajaran Aktif dan Literasi Sains
- Uji Kandungan Amilum di Selembar Daun
- Ciptakan Gaya Belajar 5M Agar Siswa Punya Keterampilan Informasi
- Belajar Ekosistem Rumput di Lingkungan Sekolah
- Jadi Peneliti dengan Mengamati Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau
- Menguji Kadar Vitamin C dari Buah-buahan
- Belajar dari Rayap
- Kembangkan Alat Pengubah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Cair
- Membuat Proyek Percobaan Pemisahan Campuran
Matematika
- Buat Matematika Jadi Favorit
- Media untuk Menemukan Rumus Volume Kerucut
- Mengamati Alam Sambil Belajar Pola Barisan Bilangan
- Kartu Domino untuk Berlatih Bilangan Berpangkat dan Bentuk akar
- Asyik Berlatih Aljabar dengan Bermain Domino
- Gunakan Brosur Mini Market untuk Belajar Himpunan
- Serunya Buktikan Rumus Kesebangunan
- Menghitung Biaya Pengecatan Ruang Kelas
- Asyiknya Belajar “Sumbu Simetri“ Melalui Tumbuh-Tumbuhan
- Membuktikan Nilai phi = 3,14
- Senangnya Belajar Statistika
- Ayo Temukan Rumus Luas Lingkaran
- Belajar Faktorisasi Bentuk Aljabar dengan Slide Board Factor (SBF)
Bahasa Indonesia
- Belajar Talkshow dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menyajikan Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Pengamatan Lingkungan Sekolah
- “Pemodelan Fasilitator” Atasi Permasalahan Guru dalam Mengajar Materi Menceritakan Kembali Cerita Anak
- Melakukan Eksperimen untuk Menulis Laporan Teks Rekaman Percobaan
- Situs Sejarah Poteu Meureuhom, Inspirasi dalam Menulis
- Inspirasi Puisi dari Pohon Kata: Sulit Memulai Lebih Sulit Mengakhiri
- Siswa Wajo Juara I Nasional Menulis Cerpen dan Ini Kiat-Kiatnya
- Pahami Teks Eksemplum Melalui Cerita Bergambar
- Belajar Jadi Penulis Berita
- Ciptakan Siswa Kreatif melalui Bahasa Indonesia
- Meresensi Buku Melalui Matriks Analisis
- Permudah Siswa Menulis Puisi dengan Variasi Media
- Asyiknya Menyusun Bahasa Petunjuk
- Tingkatkan Percaya Diri melalui Bercerita Estafet 100 Amati Bendanya dan Tulis Iklannya
- Memberikan Kritik dan Pujian Terhadap Hasil Karya Seni Buatan Siswa Sendiri
Bahasa Inggris
- Menulis Teks Report dengan Mind Mapping
- Buat Bahasa Inggris Menjadi Menyenangkan Melalui NET dan MST
- Penggunaan Plastik Kemasan Cemilan Pada Pembelajaran Teks Prosedur
- Buat Komik Berbahasa Inggris
- Pahami Label Obat Hindari Bahaya Kimia
- “Sekarang Saya Jadi Ngerti Notice!”
- Tongkat berbicara untuk Tingkatkan Minat Speaking Siswa
- Merangkai Kata Bahasa Inggris Lewat Metode Discovery Learning
- Wayang Kertas Buat Siswa Mahir Story Telling
- Memperkaya Kosakata Siswa dengan Membuat Kamus Pribadi
- “Words In The Stars” Mengidentifikasi Adjective atau Non Adjective
- Story Telling Gugah Minat Belajar Bahasa Inggris
- Plural Form Bertema Snake and Ladder
- Tingkatkan Kemampuan Speaking Siswa dengan Permainan Rakyat Toraja Ma'kossi
- Tingkatkan Minat Siswa Menulis Descriptive Text Melalui Metode Blusukan
- Menulis Teks Report dengan Mind Mapping
- Buat Bahasa Inggris Menjadi Menyenangkan
- Barang Bekas jadi Narrative Text
- Belajar Bahasa Inggris dari Sebungkus Mie Instan
- Menulis Surat Kepada Tokoh Utama Cerita
- I Love People Around Me – Family Tree
- Interview Mudahkan Menulis Teks Deskriptif
Ilmu Pengetahuan Sosial
- Membedakan Peta dan Globe Menggunakan Bola Plastik
- Amati Lingkungan Tanamkan Rasa Cinta Siswa pada Alam
- Membuat Puzzle untuk Belajar Mengidentifikasi Peta
- Kembangkan Keterampilan Informasi IPS Waspadai Penyimpangan dan Penyakit Sosial
- Smart IPS dengan Anjungan Kuis Mandiri
- Mengungkap Potensi Lokal dari Sekantong Tanah
- Memahami Persebaran Fauna di Indonesia dengan Model Picture and Picture
- Creative Productive dalam Pembelajaran IPS
- Pasir Modelkan Bentuk Muka Bumi Dasar Laut
- Menggambar Piramida Penduduk
- Manfaatkan Internet untuk Belajar Peninggalan Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia
- "Serasa di Pasar Beneran" Belajar Permintaan, Penawaran, dan Harga Pasar
- Belajar Pajak dengan Kertas Bekas Bukti Pajak
- Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk pada Kartu Berpasangan
- Lebih Paham Karena Gambar
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di MTs 2017
Kementerian Agama bekerja sama dengan USAID Program Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers,Administrators and Students (PRIORITAS Tahun 2012-2017) untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas. Dalam implementasi kerja sama tersebut USAID PRIORITAS telah melaksanakan beberapa program dan kegiatan antara lain pelatihan dan pendampingan guru, kepala madrasah, pengawas serta kegiatan kelompok kerja di tingkat madrasah maupun gugus tentang pendekatan pembelajaran aktif dan kreatif, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), program budaya baca dan literasi dengan memberi hibah buku pengayaan,buku fiksi,dan buku bacaan lainnya kepada madrasah ibtidaiyah (MI) dan MadrasahTsanawiyah (MTs).
Berbagai kemajuan yang dapat dilihat di madrasah di antaranya adalah guru berperan menjadi fasilitator dalam mendorong interaksi antar siswa, guru memberikan tugas yang bervariasi yang menantang siswa untuk berbuat dan berpikir, seperti diskusi, percobaan, pengamatan, dan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran siswa menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, memanfaatkan beragam sumber belajar, bekerja secara kooperatif dalam kelompok, menghasilkan karya yang merupakan hasil gagasannya sendiri, dan memajangkan karya tersebut dalam kelas. Sedangkan hasil implementasi MBS, pengelolaan sekolah oleh kepala sekolah menjadi partisipatif dengan melibatkan guru,komite sekolah dan masyarakat ,serta transparan dan akuntabel.
Dalam rangka menyebarluaskan pengalaman pembelajaran, manajemen, dan budaya baca di MI dan MTs tersebut, USAID PRIORITAS menerbitkan beberapa buku praktik yang baik dengan tema pembelajaran tingkat MI, pembelajaran tingkat MTs,dan manajemen,budaya baca dan pelayanan khusus di MI dan MTs.
Semoga buku praktik yang baik ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia, bagi guru dan praktisi untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.
DAFTAR ISI
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
- Praktik Pemisahan Campuran Kromatografi Kertas
- Media Puzzle Menentukan Rumus Kimia Secara Praktis
- Pelajari Gerak dan Perubahan Tumbuhan dari Putri Malu
- Belajar Aktivitas Pemantauan Gunung Berapi
- Jadi Peneliti dengan Mengamati Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau
- Membuat Proyek Percobaan Pemisahan Campuran
- Buat Ruang Meditasi IPA
- Siaga Bencana dengan Simulasi Gunung Berapi
- Stetoskop dari Corong Minyak
- Buat Kompor Bertenaga Matahari
- Mikroskop Berbiaya Murah, Mirip yang Asli
Pembelajaran Matematika
- Buat Matematika Jadi Favorit
- Ayo Temukan Rumus Luas Lingkaran
- Gunakan Bayangan untuk Hitung Tinggi Benda
- Aku Buat Kartunya, Aku Buat Aturannya, Asyik...
Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Ciptakan Siswa Kreatif melalui Bahasa Indonesia
- Inspirasi Puisi dari Pohon Kata: Sulit Memulai Lebih Sulit Mengakhiri
- Situs Sejarah Poteu Meureuhom, Inspirasi dalam Menulis
- Meresensi Buku Melalui Matriks Analisis
- Berbalas Surat Pembaca dengan Kepala Madrasah
- Perhatikan Kemampuan Individu Siswa dalam Membuat Poster
- Pahami Teks Eksemplum Melalui Cerita Bergambar
Pembelajaran Bahasa Inggris
- Memperkaya Kosakata Siswa dengan Membuat Kamus Pribadi
- “Sekarang Saya Jadi Ngerti Notice!”
- Tongkat berbicara untuk Tingkatkan Minat Speaking Siswa
- Merangkai Kata Bahasa Inggris Lewat Metode Discovery Learning
- Buat Komik Berbahasa Inggris
- Plural Form Bertema Snake and Ladder
- Jurnal Refleksi Membuat Saya Lebih Kreatif
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
- Membedakan Peta dan Globe Menggunakan Bola Plastik
- Amati Lingkungan Tanamkan Rasa Cinta Siswa pada Alam
- Manfaatkan Internet untuk Belajar PeninggalanSejarah Kebudayaan Islam di Indonesia
- Belajar Kependudukan ke Kantor Kecamatan
Download Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs ini silahkan lihat pada file preview salah satu buku dan download file buku lainnya pada link di bawah ini:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs
Download File:
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di MTs 2017.pdf
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs 2017 Edisi II.pdf
Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs 2015.pdf
Sumber: http://prioritaspendidikan.org
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP-MTs. Semoga bisa bermanfaat.