K13 2019: Analisis Keterkaitan Skl, Ki, Kd, Dan Pembelajaran Kelas 10 Sma Kurikulum 2013 Semua Mapel
2/25/2019
Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran K13 SMP - Selamat datang di Kurikulum 2013 Revisi, kali ini admin bakal share mengenai K13 2019: Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Semua Mapel. Namun sebelumnya, terlebih dahulu kita membaca sejenak. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.
Contoh :
Geografi
a. KD 3.1 Memahami pengetahuan dasar Geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
b. KD. 4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar Geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
Standar kompetensi lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.
Contoh :
Geografi
a. KD 3.1 Memahami pengetahuan dasar Geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
b. KD. 4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar Geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
Standar kompetensi lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi Lulusan adalah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
- Kompetensi Inti adalah pijakan muara kompetensi kelas pencapaian semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Isi atau kelas tertentu
- Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
- Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
- Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
- Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
- Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan selamapembelajaran langsung.
- Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
- Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian termuatdalam silabus, dan RPP.
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Fisika Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Matematika Peminatan Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Ekonomi Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Biologi Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kimia Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA K-2013
- Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 SMA K-2013
Demikian yang terbaru, terkait dengan K13 2019: Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Semua Mapel