Materi Ogn Guru Smp Tahun 2019

Materi Olimpiade Guru Nasional (OGN) Untuk Guru SMP Tahun 2019.  Tujuan OGN salah satunya adalah Terpilihnya pemenang OGN Dikdas tahun 2019 untuk guru SMP untuk mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris..


Materi OGN Guru IPA SMP
  1. Pengukuran: besaran, satuan, dan dasar-dasar pengukuran.
  2. Mekanika: gerak lurus, hukum Newton, usaha dan energi, pesawat sederhana, tekanan fluids, hukum Archimedes, dan hukum Pascal.
  3. Termodinamika: suhu dan termometer, suhu dan pemuaian, kalor dan perubahan wujud.
  4. Gelombang dan optika: getaran dan gelombang, gelombang bunyi, gelombang cahaya, pembentukan bayangan dan alat-alat optik.
  5. Kelistrikan dan kemagnetan: gaya dan medan listrik, arus dan rangkaian listrik, medan magnet, induksi elektromagnetik.
  6. Karakteristik zat: sifat bahan; bahan kimia; unsur, senyawa, dan campuran; pemisahan campuran; perubahan fisika dan perubahan kimia; asam dan basa; atom, ion, dan molekul.
  7. Bumi dan alam semesta: struktur bumi, tata surya, gerak edar bumi dan bulan.
  8. Makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup dan pentingnya pelestarian.
  9. Genetika dan biologi sel.
  10. Jaringan pada tumbuhan dan hewan.
  11. Jenis hama, dan penyakit yang umum menyerang tumbuhan.
  12. Mekanisme fotosintesis.
  13. Sistem gerak pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
  14. Sistem pencernaan pada hewan dan manusia serta kelainan dan penyakit sistem pencernaan manusia.
  15. Sistem pernafasan pada hewan dan manusia serta penyakit pada sistem pernafasan manusia.
  16. Sistem transportasi pada hewan dan manusia, sistem kekebalan tubuh serta kelainan dan penyakit sistem transportasi manusia.
  17. Sistem ekskresi pada hewan dan manusia, serta kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi manusia.
  18. Sistem saraf dan indera pada hewan dan manusia serta kelainan dan penyakit pada sistem saraf dan indera manusia.
  19. Sistem hormon dan imun pada hewan dan manusia, serta kelainan atau penyakit yang berkaitan sistem dan imun.
  20. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
  21. Siklus biogeokimia, pencemaran lingkungan, dan usaha-usaha penanggulangannya.
  22. Ekologi.
  23. Bioteknologi dan mikrobiologi
  24. Penerapan IPA dalam kehidupan
  25. Penerapan pedagogik sesuai dengan karakter materi IPA Terpadu
  26. Pendekatan saintifik
  27. Keterampilan Proses Sains
Materi OGN IPS SMP

  1. Pengertian, struktur dan peranan IPS (fakta, konsep, prinsip/teori, prosedur/ generalisasi).
  2. Teori Belajar dan Pembelajaran Saintifik
  3. Penilaian proses dan hasil belajar IPS
  4. Rancangan pembelajaran IPS
  5. Keragaman bentuk muka bumi dampaknya terhadap kehidupan.
  6. Pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan
  7. Pengaruh perairan darat dan laut terhadap kehidupan
  8. keragaman dan persebaran flora dan fauna
  9. Potensi dan pesebaran sumber daya alam Indonesia
  10. Peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
  11. Permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
  12. Keunggulan letak dan luas serta geo strategis wilayah Indonesia
  13. Pengaruh letak wilayah terhadap keadaan alam Indonesia
  14. Kondisi tanah dan keuntungannya terhadap aktivitas pertanian
  15. Jaringan dan sarana transportasi antar pulau
  16. Karakteristik dan Interaksi Negara-negara ASEAN
  17. Unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
  18. Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
  19. Pembagian permukaan bumi atas benua dan sarnudera
  20. Perkembangan lembaga-lembaga internasional dalam kerja sama internasional
  21. Masa Pra-Aksara di Indonesia.
  22. Perkembangan Masa Hindu-Budha dan [slam di Indonesia
  23. Kolonialisme-Imperialisme Bangsa Barat di Indonesia
  24. Pergerakan Nasional di Indonesia
  25. Pendudukan Jepang dan Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  26. Usaha Mempertahankan Kemerdekaan RI
  27. Masa Demokrasi Liberal , Demokrasi Terpimpin dan Peristiwa Disintegrasi Bangsa
  28. Orde Baru dan Masa Reformasi
  29. Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
  30. Kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
  31. Permintaan dan penawaran dalam kegiatan ekonomi
  32. Bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
  33. Perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
  34. Interaksi manusia dalam konteks budaya dan ekonomi
  35. Hakekat dan fungsi lembaga sosial
  36. Penyimpangan Sosial
  37. lnteraksi Sosial
  38. Perubahan Sosial dan Budaya
  39. Pengendalian Penyimpangan Sosial
  40. Globalisasi

Materi OGN Matematika SMP
Bilangan:
  1. Bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan prima dan bilangan komposit,
  2. Sifat keterbagian, FPB dan KPK, sifat-sifat operasi bilangan,
  3. Bilangan berpangkat dan bentuk akar,
  4. Barisan dan Beret bilangan,
  5. Pemecahan masalah terkait bilangan.
Aljabar:
  1. Bentuk aljabar, operasi aljabar melibatkan bilangan rasional, bilangan berpangkat atau bilangan akar,
  2. Relasi, fungsi linear dan kuadrat,
  3. Persamaan linear, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan kuadrat, perbandingan senilai dan berbalik nilai,
  4. Aritmatika sosial,
  5. Konsep himpunan dan operasi himpunan,
  6. Pemecahan masalah terkait aljabar.
Geometri:
  1. Kedudukan dua garis, sifat-sifat garis, jarak dua titik, jarak titik ke garis
  2. Konsep sudut, hubungan antara garis dengan garis, garis dengan sudut dan sudut dengan sudut,
  3. Sifat-sifat bangun datar, keliling dan luas permukaan bangun datar, kesebangunan dan kekongruenan, teorema pythagoras,
  4. Lingkaran, garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran, lingkaran dalam dan luar segitiga,
  5. Sifat-sifat bangun ruang (volume, luas permukaan, dan jaring-jaring),
  6. Sistem koordinat, transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi),
  7. Pemecahan masalah terkait geometri.
Statistika dan peluang:
  1. Pengumpulan, pengolahan, penginterpretasian, dan penyajian data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik;
  2. Ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran;
  3. Percobaan, kejadian, titik sampel, dan ruang sampel, peluang kejadian;
  4. Aturan penjumlahan dan perkalian, permutasi dan kombinasi;
  5. Pemecahan masalah terkait statistika dan peluang.
Kapita selekta:
  1. Pemodelan matematika dan masalah nyata dan solusinya;
  2. Penggunaan pola dan generalisasi untuk menarik kesimpulan;
  3. Eksplorasi matematika;
  4. Pemecahan masalah terkait gabungan beberapa materi (bilangan, aljabar, geometri, dan statistika, dan peluang).
Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran Matematika.

Materi OGN Bahasa Indoensia SMP
  1. Hakikat dan pemerolehan bahasa
  2. Sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia
  3. Kedudukan, fungsi dan ragam Bahasa Indonesia
  4. Aliran-aliran linguistik
  5. Kaidah penulisan: ejaan dan tanda baca
  6. Kaidah Stuktur: fonologi (fonetik-fonemik), morfologi (afiksasi, reduplikasi, komposisi), sintaksis (frasa, klausa, pola dan kalimat efektif), semantik dan wacana (paragraph, genre teks)
  7. Keterampilan berbahasa Indonesia: berbicara (pidato, diskusi), membaca (gagasan/kalimat utama, gagasan/kalimat pendukung, simpulan, fakta, opini), menulis (menulis fiksi dan nonfiksi)
  8. Teori, sejarah, kritik, sastra
  9. Apresiasi dan ekspresi sastra Indonesia: puisi, prosa fiksi, dan drama
  10. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran Bahasa indonesia.
Materi OGN Bahasa Inggris SMP
  1. Kompetensi dalam memahami, mengaplikasikan dan menalar tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks pendek (kurang dari 50 kata), medium (antara 50-125 kata) maupun panjang (antara 125-200 kata) yang mencakup: transaksional dan interpersonal; deslcriptif prosedur; naratif; eksposisi; recount (menceritalcan kembali); berita; laporan:
  2. Keterampilan menulis teks dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan tujuan dan konteksnya
  3. Kemampuan menghasilkan karya ilmiah tentang teks dan pembelajaran teks
  4. Kemampuan mengomunikasikan karya ilmiah tersebut di poin Nomor 4 dalam bentuk presentasi
  5. Kemampuan menggunakan ungkapan-ungkapan interaktif dengan siswa untuk pembelajaran teks di dalam kelas.
Catatan:
Proporsi materi seleksi: profesional 70% dan pedagogik 30%

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel