Prediksi Un 2019: Kisi-Kisi, Soal Ujian Nasional (Un) Dan Simulasi Unbk Sma/Ma/Mak/Smk 2019
2/20/2019
Kisi-kisi dan Prediksi USBN 2019 - Ada yang berbeda pada pelaksanaan Ujian Nasional 2019? Soal yang digunakan dalam Ujian Nasional adalah KTSP K13 Kurikulum 2013 dan Kurtinem Kurikulum 2006. Nah, terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional 2019, berikut Kisi-kisi dan Soal ujian Nasional SMA IPA, contoh soal Ujian Nasional  (UN) SMA IPS dan contoh soal Ujian Nasional  (UN) untuk SMK juga MA/MAK.
 
    
Prediksi USBN SMA 2019
Adapun untuk prediksi ujian sekolah 2019 untuk jenjang SMA silahkan simak alamat tautan yang admin sematkan di bawah ini :
 
A. Kisi-kisi UN 2019 untuk SMA
Silahkan anda download kisi-kisi UN 2019 SMA, dengan cara klik link berikut:
 
B. Soal-soal USBN 2019 SMA terbaru
Setelah anda berhasil mendownload kisi-kisi UN 2019, baik Kisi-kisi soal UN K13 maupun soal UN Kurikulum 2016, selanjutnya admin berikan kumpulan bank soal prediksi UN 2019 SMA dan UNBK SMA 2019. Disamping itu juga admin sematkan arsip soal UN dan UNBK tahun-tahun sebelumnya.
 
a). Prediksi soal UN SMA/MA jurusan IPA
 
  
    
  
                                     
      
   
    
 
   
    
 
  
    
             
     
      
  
  
    
 
      
 
      
   
  
 Prediksi USBN SMK 2019
Adapun untuk prediksi ujian sekolah 2019 untuk jenjang SMK silahkan simak alamat tautan yang admin sematkan di bawah ini :
 
A. Kisi-kisi UN 2019 untuk SMK
Silahkan anda download kisi-kisi UN 2019 SMK, dengan cara klik link berikut:
 
  
 
  
    
           
  
 
      
 
        
    
 
     
       
        
 
     Tahun Pelajaran 2017/2018 
      
    
   
Prediksi soal UN SMK kelompok Pariwisata, Seni & Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial & Administrasi Perkantoran (PSP) Bagi siswa/i SMK atau MAK kelompok Pariwisata, Seni & Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial & Administrasi Perkantoran berikut terdapat beberapa soal UN tahun sebelumnya & kisi-kisi UNBK SMK PSP yang bisa dijadikan referensi pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2 genap.
 
 
   
Tahun Pelajaran 2017/2018
    
 
  
    
  
  
 Demikian yang terbaru, terkait dengan Prediksi UN 2019:  Kisi-Kisi, Soal Ujian Nasional (UN) dan Simulasi UNBK SMA/MA/MAK/SMK 2019
   
 
 
Prediksi USBN SMA 2019
Adapun untuk prediksi ujian sekolah 2019 untuk jenjang SMA silahkan simak alamat tautan yang admin sematkan di bawah ini :
A. Kisi-kisi UN 2019 untuk SMA
Silahkan anda download kisi-kisi UN 2019 SMA, dengan cara klik link berikut:
- Download kisi-kisi USBN 2019 SMA Kurikulum 2013
 - Download kisi-kisi USBN 2019 SMA KTSP Kurikulum 2006
 
B. Soal-soal USBN 2019 SMA terbaru
Setelah anda berhasil mendownload kisi-kisi UN 2019, baik Kisi-kisi soal UN K13 maupun soal UN Kurikulum 2016, selanjutnya admin berikan kumpulan bank soal prediksi UN 2019 SMA dan UNBK SMA 2019. Disamping itu juga admin sematkan arsip soal UN dan UNBK tahun-tahun sebelumnya.
a). Prediksi soal UN SMA/MA jurusan IPA
      Adapun Soal UN dan UNBK Untuk Jurusan IPA + Kunci Jawaban Berserta Pembahasan yang dipelajari dalam soal UN dan UNBK. Diantaranya adalah dari soal UN dan UNBK dari tahun sebelumnya
  Tahun Pelajaran 2013/2014 
        Tahun Pelajaran 2014/2015
  Soal UN SMA/MA B. Indonesia       
  Soal UN SMA/MA B. Inggris            
      Tahun Pelajaran 2017/2018
   Prediksi soal UN SMA/MA jurusan IPS
  Adapun untuk Soal UN dan UNBK Untuk Jurusan IPS + Kunci Jawaban Berserta Pembahasan yang dipelajari dalam soal UN dan UNBK. Diantaranya adalah dari soal UN dan UNBK dari tahun sebelumnya.
  PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMA TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Sosiologi
  Program : IPS
  No Urut.   |     Indikator Yang Diuji   |       |
 1. KONSEP DAN OBJEK KAJIAN SOSIOLOGI   |       ||
 1   |     Menentukan teori sosiologi yang tepat untuk mengkaji   hubungan sosial dalam masyarakat   |       |
 2   |     Menentukan ciri sosiologi berdasarkan kegiatan upaya   masyarakat dlm mengembangkan ilmu pengetahuan   |       |
 3   |     Menentukan jenis nilai sesuai dengan gambar pelaksanaan   nilai dalam masyarakat   |       |
 4   |     Menentukan jenis norma yang terkait pada penyimpangan   tertentu di masyarakat   |       |
 2. KEHIDUPAN SOSIAL, PERMASALAHAN DAN SOLUSINYA   |       ||
 5   |     Menganalisis dampak hubungan sosial dr penggunaan alat   komunikasi dlm interaksi sosial   |       |
 6   |     Menentukan faktor yg mempengaruhi interaksi tindakan   masyarakat melakukan interaksi sosial   |       |
 7   |     Menentukan pola sosialisasi yang tepat pada anak dg   karakter yang spesifik   |       |
 8   |     Menentukan faktor penyebab terjadinya penyimpangan   dalam kondisi tertentu   |       |
 9   |     Membandingkan efektifitas pengendalian sosial disertai   alasannya.   |       |
 10   |     Menentukan dasar/sifat pelapisan dr gambar pelapisan   sosial dg karakteristik tertentu   |       |
 11   |     Menentukan contoh masyarakat yg menganut sesuai ciri tg   pelapisan sosial dg ciri tertentu   |       |
 12   |     Menganalisis penghargaan pd status terkait sifat   pelapisan sosial status individu   |       |
 13   |     Mengidentifikasi kelompok tertentu berdasarkan   ciri-ciri kelompok sosial   |       |
 14   |     Menentukan faktor penyebab kemajemukan   diferensiasi/kemajemukan dalam masyarakat   |       |
 15   |     Memprediksi akibat dari hubungan tersebut terhadap   keharmonisan masyarakat   |       |
 16   |     Memecahkan masalah yang ditimbulkan akibat permasalahan   yang berpotensi konflik   |       |
 17   |     Menyimpulkan bentuk mobilitas sosialnya berdasarkan   gambar.   |       |
 18   |     Menganalisis hubungan antara mobilitas dengan konflik   sosial.   |       |
 19   |     Menjelaskan penyebab terjadinya konflik antarindividu/kelompok   |       |
 20   |     Mengidentifikasi jenis konflik   |       |
 21   |     Memecahkan masalah dari konflik dengan ciri tertentu   |       |
 22   |     Menentukan hubungan antara fungsi/peran lembaga sosial   dengan upaya menciptakan tertib sosial.   |       |
 23   |     Menentukan fungsi lembaga pendidikan berdasarkan gambar   yang ada.   |       |
 24   |     Menentukan ciri-ciri lembaga sosial dalam memenuhi   kebutuhan khususnya   |       |
 25   |     Menentukan pelaksanaan fungsi lembaga keluarga dalam   aktivitas   |       |
 26   |     Menganalisis fungsi/peran lembaga pendidikan dengan   tujuan tertentu   |       |
 27   |     Mengidentifikasi Fungsi lembaga tertentu   (agama/ekonomi/politik)   |       |
 28   |     Mengidentifikasi aktivitas sebagai ciri-ciri masyarakat   tertentu.   |       |
 3. MASYARAKAT MULTIKULTURAL, PERUBAHAN SOSIAL, DAN   GLOBALISASI   |       ||
 29   |     Mengidentifikasi kegiatan sebagai wujud multikultural.   |       |
 30   |     Menyimpulkan pentingnya tindakan yang menjunjung sikap   multikultural.   |       |
 31   |     Memprediksi akibat yang timbul dimasa mendatang dr   karakteristik masyarakat multikultural   |       |
 32   |     Menganalisis keuntungan/kerugian sikap   primordialisme/etnosentrisme dalam masyarakat.   |       |
 33   |     Menganalisis pentingnya integrasi dalam menciptakan   harmoni social.   |       |
 34   |     Menentukan solusi terkait upaya menjaga keutuhan NKRI.   |       |
 35   |     Menentukan contoh sikap yang mendorong terbentuknya   keharmonisan sosial   |       |
 36   |     Menentukan contoh dalam masyarakat dr proses perubahan   sosial sesuai bagan/gambar   |       |
 37   |     Mengidentifikasi bentuk perubahan sesuai dengan contoh.   |       |
 38   |     Menganalisis faktor penyebab perubahan bidang tertentu   |       |
 39   |     Memprediksi perubahan dalam masyarakat akibat penemuan   baru sesuai bagan   |       |
 40   |     Membandingkan pentingnya perilaku modernisasi dari pada   westernisasi.   |       |
 41   |     Mengidentifikasi perubahan tersebut sebagai dampak   globalisasi dlm masyarakat.   |       |
 42   |     Menentukan dampak negatif globalisasi yang timbul dalam   masyarakat   |       |
 43   |     Menganalisis pentingnya kearifan lokal dalam menghadapi   arus globalisasi.   |       |
 4. PENELITIAN SOSIAL   |       ||
 44   |     Menyimpulkan jenis penelitian sesuai ilustrasi.   |       |
 45   |     Menentukan tujuan terkait syarat memilih topik yang   baik.   |       |
 46   |     Merumuskan masalah yang tepat sesuai dengan judul.   |       |
 47   |     Menyimpulkan jenis data berdasarkan gambar   |       |
 48   |     Membandingkan kelebihan dua teknik berbeda pada   populasi dengan karakteristik tertentu   |       |
 49   |     Menentukan makna data dalam tabel dikaitkan   permasalahan yang ada dalam masyarakat.   |       |
 50   |     Menentukan manfaat hasil penelitian bagi peneliti/masyarakat/pemerintah   beserta alasannya.   |       |
 PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMA TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Geografi 
  Program : IPS
  No Urut.   |     Indikator Yang Diuji   |       |
 1. HAKEKAT GEOGRAFI   |       ||
 1   |     Menganalisis konsep geografi yang sesuai dg fenomena   |       |
 2   |     Menganalisis prinsip geografi yang sesuai dengan   fenomena   |       |
 3   |     Menganalisis pendekatan geografi yang sesuai untuk   mengatasi masalah tertentu   |       |
 4   |     Mengklasifikasi aspek geografi   |       |
 2. PEMBENTUKAN JAGADRAYA, TATASURYA, DAN BUMI   |       ||
 5   |     Mengidentifikasi dampak rotasi/revolusi bumi   |       |
 6   |     Mengidentifikasi dampak gerakan lempeng yang sesuai   dengan gambar   |       |
 7   |     Menentukan faktor penyebab perubahan batuan sesuai   dengan siklus   |       |
 8   |     Menggolongkan menurut tenaga pembentuknya dr bentuk   muka bumi   |       |
 3. FENOMENA GEOSFER   |       ||
 9   |     Mengidentifikasi fenomena vulkanisme yang sesuai dengan   pernyataan   |       |
 10   |     Mengidentifikasi upaya yang sesuai dalam mitigasi gempa   |       |
 11   |     Mengidentifikasi jenis tanah yang terdapat di daerah   tertentu   |       |
 12   |     Menentukan upaya pelestarian tanah menurut metode   tertentu   |       |
 13   |     Menentukan lapisan dan fungsi lapisan atmosfer   |       |
 14   |     Menganalisis jenis angin menjadi faktor cuaca yg   memengaruhi curah hujan   |       |
 15   |     Menentukan jenis hujan yang terjadi di daerah tertentu   |       |
 16   |     Menganalisis jenis bioma yang sesuai dengan ciri-ciri   iklim   |       |
 17   |     Menganalisis jenis aktivitas perekonomian manusia yang   sesuai dengan ciri-ciri iklim   |       |
 18   |     Menganalisis proses dan arti proses dalam siklus   hidrologi   |       |
 19   |     Menginterpretasi kondisi morfologi daerah sesuai dengan   pola aliran sungai tertentu   |       |
 20   |     Memberikan contoh pemanfaatan laut yang terdapat pada   zona tertentu   |       |
 21   |     Mengidentifikasi lokasi sebaran hutan di Indonesia yang   sesuai dg ciri-ciri   |       |
 22   |     Mengidentifikasi hewan wilayah tertentu di Indonesia   |       |
 23   |     Menentukan Taman Nasional dan flora/fauna yang   dilindungi   |       |
 24   |     Menggolongkan barang tambang menurut kriteria tertentu   |       |
 25   |     Menentukan barang tambang yang banyak memberikan   kontribusi bagi pembangunan di daerah tertentu   |       |
 26   |     Menentukan pemanfaatan barang tambang tertentu bagi   kehidupan   |       |
 4. KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP   |       ||
 27   |     Menganalisis permasalahan penduduk dan upaya mengatasi   masalah   |       |
 28   |     Menganalisis masalah penduduk seperti yang digambarkan   pada piramida   |       |
 29   |     Mengidentifikasi mobilitas penduduk yang sesuai dengan   pernyataan   |       |
 30   |     Menentukan kaitan kelestarian lingkungan dg pembangunan   berkelanjutan   |       |
 31   |     Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian   lingkungan   |       |
 32   |     Mengevaluasi tindakan sesuai dg prinsip pembangunan   berkelanjutan   |       |
 5. INFORMASI GEOGRAFI   |       ||
 33   |     Menginterpretasi objek yang terdapat pada citra   |       |
 34   |     Menganalisis pemanfataan citra penginderaan jauh di   bidang tertentu   |       |
 35   |     Menyimpulkan makna ilustrasi peta dr 2 gambar dg skala   yang berbeda   |       |
 36   |     Menyimpulkan informasi keruangan dari 3 jenis peta   |       |
 37   |     Menghitung ketinggian suatu tempat beserta jenis   tumbuhan yang tumbuh   |       |
 38   |     Menganalisis jenis peta yang dibutuhkan untuk kegiatan   tertentu   |       |
 39   |     Mengidentifikasi jenis data pada Sistem Informasi   Geografis (SIG)   |       |
 40   |     Menganalisis keunggulan atau kelemahan Sistem Informasi   Geografis (SIG)   |       |
 41   |     Menentukan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)   di bidang tertentu   |       |
 6. KEWILAYAHAN   |       ||
 42   |     Mengidentifikasi pola permukiman di pedesaan atau kota   sesuai ciri   |       |
 43   |     Mengidentifikasi ciri-ciri desa yang sesuai dengan   tahap perkembangannya   |       |
 44   |     Mengidentifikasi tata guna lahan sesuai gambar pola   keruangan kota   |       |
 45   |     Mengidentifikasi faktor yang memengaruhi interaksi dua   buah wilayah kota atau desa   |       |
 46   |     Menentukan titik henti antara dua buah tempat   |       |
 47   |     Mengidentifikasi dampak interaksi desa-kota   |       |
 48   |     Menganalisis hal yang menyebabkan suatu wilayah tumbuh   menjadi ”pusat pertumbuhan”   |       |
 49   |     Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju/berkembang   |       |
 50   |     Memberi contoh negara maju/berkembang yang sesuai   dengan peta   |       |
 PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMA TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Ekonomi
  Program : IPS
  No Urut.   |     Indikator Yang Diuji   |       |
 1. KONSEP EKONOMI   |       ||
 1   |     Menjelaskan cara mengatasi masalah kelangkaan sumber   daya   |       |
 2   |     Menentukan masalah ekonomi modern   |       |
 3   |     Menjelaskan perilaku konsumen atau produsen perilaku   |       |
 4   |     Menjelaskan cara memecahkan masalah sistem ekonomi yg   dianut negara tertentu   |       |
 5   |     Menyelesaikan masalah berdasarkan circulair flow   diagram   |       |
 6   |     Menentukan harga keseimbangan berdasarkan data   |       |
 7   |     Menganalisis jenis elastisitas berdasarkan data   |       |
 8   |     Menyelesaikan masalah pasar barang   |       |
 2. KONSEP PEMBANGUNAN   |       ||
 9   |     Menjelaskan kebijakan yang akan diambil pemerintah   untuk menyelesaikan masalah ekonomi   |       |
 10   |     Menjelaskan dampak dari penerapan kebijakan ekonomi   mikro atau ekonomi makro   |       |
 11   |     Menghitung indeks harga berdasarkan data kebutuhan   & penghasilan petani   |       |
 12   |     Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data GNP   |       |
 13   |     Menjelaskan dampak dari inflasi berdasarkan ilustrasi   |       |
 14   |     Menyelesaikan masalah kebijakan moneter yang di ambil   oleh pemerintah   |       |
 15   |     Menjelaskan cara menyelesaikan masalah pengangguran   |       |
 16   |     Menjelaskan dampak dari prioritas anggaran untuk   negara/daerah   |       |
 17   |     Menjelaskan cara menyelesaikan masalah yang berhubungan   dg APBN/APBD   |       |
 18   |     Menyimpulkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dua keluarga   berdasarkan data   |       |
 19   |     Menjelaskan cara memecahkan masalah hubungan IHSG dg   tingkat suku bunga   |       |
 20   |     Memecahkan masalah hubungan pasar modal dengan   kebijakan moneter   |       |
 3. MANAJEMEN PEREKONOMIAN INTERNASIONAL   |       ||
 21   |     Menganalisis perjanjian perdagangan bebas dihubungkan   dengan perekonomian nasional   |       |
 22   |     Menghitung nilai rupiah dengan tiga valuta asing   |       |
 23   |     Mengidentifikasi komponen neraca pembayaran sisi   debit/kredit   |       |
 24   |     Menjelaskan hubungan neraca pembayaran dengan devisa   |       |
 25   |     Menjelaskan dampak dari kerjasama internasional   terhadap perekonomian Indonesia   |       |
 26   |     Menyelesaikan masalah perusahaan berdasarkan manajemen   |       |
 27   |     Menghitung SHU anggota koperasi apabila SHU tahun yang   lalu tidak diambil.   |       |
 4. AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA   |       ||
 28   |     Menentukan informasi di instansi yang berkualitas   |       |
 29   |     Menentukan analisis bukti transaksi berdasarkan   mekanisme debet dan kredit   |       |
 30   |     Menginterpretasi transaksi pada tanggal tertentu   berdasarkan jurnal umum   |       |
 31   |     Mencatat kertas kerja pada perusahaan jasa   |       |
 32   |     Menghitung nilai prive pada perusahaan jasa   |       |
 33   |     Menganalisis neraca perusahaan jasa berdasarkan dua   data   |       |
 5. AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG   |       ||
 34   |     Mencatat jurnal khusus berdasarkan transaksi   |       |
 35   |     Menyimpulkan barang tersedia untuk dijual pada dua   periode/dua tahun perusahaan dagang   |       |
 36   |     Menentukan pencatatan kertas kerja dengan tepat   |       |
 37   |     Menghitung untuk memecahkan masalah berhubungan dengan   laba/rugi di luar usaha   |       |
 38   |     Menyimpulkan 2 modal perusahaan karena investasi   tambahan dari pemiliknya   |       |
 39   |     Menginterpretasi transaksi tertentu dari jurnal   tersebut   |       |
 40   |     Menghitung modal di neraca saldo setelah penutupan   |       |
 Tahun Pelajaran 2013/2014 
  Soal UN SMA/MA B. Indonesia 
  Soal UN SMA/MA B. Inggris
      Tahun Pelajaran 2014/2015
  Soal UN SMA/MA B. Indonesia 
  Soal UN SMA/MA B. Inggris
      Tahun Pelajaran 2017/2018
              Prediksi soal UN SMA/MA jurusan Bahasa
  Adapun untuk Soal UN dan UNBK Untuk Jurusan Bahasa + Kunci Jawaban Berserta Pembahasan yang dipelajari dalam soal UN dan UNBK. Diantaranya adalah dari soal UN dan UNBK dari tahun sebelumnya.
  Tahun Pelajaran 2017/2018 
                     Adapun untuk prediksi ujian sekolah 2019 untuk jenjang SMK silahkan simak alamat tautan yang admin sematkan di bawah ini :
A. Kisi-kisi UN 2019 untuk SMK
Silahkan anda download kisi-kisi UN 2019 SMK, dengan cara klik link berikut:
- Download kisi-kisi USBN 2019 SMK Kurikulum 2013
 - Download kisi-kisi USBN 2019 SMK KTSP Kurikulum 2006
 
 KISI-KISI UN (UNBK) BAHASA INGGRIS SMK TAHUN 2019 PERBUTIR SOAL
  
    
 
     
  
    
           
  PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMK TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
  No Urut.   |     Indikator   Yang Diuji   |       |
 1. FUNGSI SOSIAL   |       ||
 1   |     Menentukan satu pernyataan yang sesuai dengan gambar   ttg profesi seseorang   |       |
 2   |     Menentukan satu pernyataan yg sesuai gambar ttg ciri   fisik seseorang   |       |
 3   |     Menentukan satu pernyataan yang sesuai dg gambar ttg   situasi tempat wisata   |       |
 4   |     Menentukan gambaran umum dari percakapan singkat ttg   kegiatan sehari-hari seseorang   |       |
 5   |     Menentukan rincian kegiatan dlm teks monolog singkat   pemberitahuan yg sama   |       |
 6   |     Menentukan deskripsi tempat wisata pada teks monolog   singkat yang sama   |       |
 7   |     Menentukan topik teks deskriptif ttg bangunan   bersejarah terkenal   |       |
 8   |     Menentukan tujuan teks recount ttg biografi ilmuwan   |       |
 9   |     Menentukan manfaat setelah membaca teks Factual Report   tentang alat transportasi   |       |
 10   |     Menentukan tujuan dari teks surat lamaran kerja   |       |
 11   |     Menentukan tujuan dari teks prosedur ttg instruksi di   tempat umum   |       |
 12   |     Menentukan topik teks pengumuman   |       |
 13   |     Menentukan manfaat setelah menbaca teks   |       |
 14   |     Menentukan tujuan penawaran jasa dlm teks terkait   ungkapan menawarkan serta responnya   |       |
 15   |     Menentukan tujuan pemberian saran dlm teks terkait   ungkapan saran dan responnya   |       |
 16   |     Menentukan topik yang merupakan hasil kesimpulan dr percakapan   |       |
 2. STRUKTUR TEKS   |       ||
 17   |     Menentukan rincian peristiwa dari percakapan singkat   ttg keg pembicara di waktu lampau   |       |
 18   |     Menentukan rencana kegiatan yang akan dilakukan salah   satu pembicara percakapan singkat   |       |
 19   |     Menentukan kesimpulan dari percakapan ttg perkenalan   diri seseorang/dengan orang lain   |       |
 20   |     Menentukan pembicara dlm teks monolog singkat   pemberitahuan di sekolah   |       |
 21   |     Menentukan pengguna teks monolog singkat ttg tempat   wisata   |       |
 22   |     Menentukan unsur yang digunakan untuk mendeskripsikan   |       |
 23   |     Menentukan peristiwa yang dialami oleh tokoh dalam teks   |       |
 24   |     Menentukan deskripsi alat transportasi   |       |
 25   |     Menentukan persyaratan pekerjaan dalam teks   |       |
 26   |     Menentukan rincian tindakan yang harus diambil terkait   dengan teks   |       |
 27   |     Menentukan langkah-langkah yang terdapat dalam teks   |       |
 28   |     Menentukan rincian kegiatan yang terdapat dalam teks   |       |
 29   |     Menentukan rincian kegiatan yang terdapat dalam teks   |       |
 30   |     Menentukan rincian kegiatan yang terdapat dalam teks   |       |
 31   |     Menentukan rincian kegiatan dari sebuah profesi dalam   teks   |       |
 3. UNSUR KEBAHASAAN   |       ||
 32   |     Menentukan respon yang tepat atas pertanyaan tentang   pemberian saran   |       |
 33   |     Menentukan respon yang tepat atas pertanyaan ttg   pendapat seseorang   |       |
 34   |     Menentukan respon yang tepat atas pertanyaan ttg   mengundang seseorang   |       |
 35   |     Mmenentukan respon yang tepat atas pertanyaan ttg   sebuah penawaran jasa   |       |
 36   |     Menentukan persamaan kata yang terdapat dlm teks dg   tepat   |       |
 37   |     Menentukan rujukan kata dalam teks   |       |
 38   |     Menentukan rujukan kata ganti pada kalimat   |       |
 39   |     Menentukan rujukan kata ganti dalam kalimat teks yang   sama   |       |
 40   |     Menentukan makna dari ungkapan terkait suatu keadaan di   masa yang akan datang   |       |
 41   |     Menentukan ungkapan terkait tindakan/kejadian yg   terjadi di waktu lampau   |       |
 42   |     Menentukan ungkapan terkait penawaran niat melakukan   suatu kegiatan   |       |
 43   |     Menentukan ungkapan yg terkait kalimat/tindakan/   kejadian tanpa penyebutan pelaku   |       |
 44   |     Menentukan ungkapan terkait kalimat pengandaian   (Present Real)   |       |
 45   |     Menentukan ungkapan pemberian saran serta responnya.   |       |
 46   |     Menentukan ungkapan terkait kalimat langsung/tidak langsung.   |       |
 47   |     Menentukan ungkapan terkait dengan suatu   keperluan/necessity (need).   |       |
 48   |     Menentukan ungkapan terkait ciri-ciri fisik seseorang   |       |
 49   |     Menentukan ungkapan terkait undangan resmi   |       |
 50   |     Menentukan ungkapan yang terkait ciri-cici fisik suatu   benda   |       |
 PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMK TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Matematika
  No Urut.   |     Indikator Yang Diuji   |       |
 1. ALJABAR   |       ||
 1   |     Menentukan hasil operasai bilangan berpangkat.   |       |
 2   |     Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat.   |       |
 3   |     Menentukan hasil operasi bil bentuk akar dg   merasionalkan penyebut pecahan.   |       |
 4   |     Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.   |       |
 5   |     Menyelesaikan permasalahan konsep sistem persamaan   linier 2 variabel   |       |
 6   |     Menentukan hasil perkalian dua matriks.   |       |
 7   |     Menentukan invers matriks ordo 2 × 2.   |       |
 8   |     Menentukan determinan matriks berordo 3 × 3.   |       |
 9   |     Menentukan model matematika dari permasalahan program   linier.   |       |
 10   |     Menentukan nilai optimum dari permasalahan program   linier.   |       |
 11   |     Menentukan persamaan dari grafik fungsi kuadrat.   |       |
 12   |     Menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep deret   aritmetika.   |       |
 13   |     Menentukan suku ke-n dari barisan geometri.   |       |
 14   |     Menentukan hasil operasi bilangan bentuk logaritma.   |       |
 15   |     Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri.   |       |
 2. GEOMETRI DAN TRIGONOMETRI   |       ||
 16   |     Menentukan panjang sisi atau besar sudut pada segitiga   siku-siku.   |       |
 17   |     Menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep   perbandingan trigonometri   |       |
 18   |     Menentukan panjang sisi atau besar sudut pada segitiga   menggunakan aturan sinus.   |       |
 19   |     Menentukan panjang sisi/besar sudut pada segitiga   menggunakan aturan cosinus.   |       |
 20   |     Menentukan luas segitiga menggunakan konsep   trigonometri.   |       |
 21   |     Menentukan bayangan titik hasil transformasi.   |       |
 22   |     Menentukan bayangan garis hasil transformasi.   |       |
 23   |     Menentukan jarak dua titik pada dimensi tiga.   |       |
 24   |     Menentukan besar sudut antara dua garis pada dimensi   tiga.   |       |
 25   |     Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran.   |       |
 26   |     Menentukan persamaan garis singgung lingkaran.   |       |
 3. STATISTIKA DAN PELUANG   |       ||
 27   |     Menentukan frekuensi harapan pada suatu percobaan.   |       |
 28   |     Menentukan peluang suatu kejadian.   |       |
 29   |     Menentukan ukuran pemusatan dari data berkelompok.   |       |
 30   |     Menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep   rata-rata.   |       |
 31   |     Menentukan simpangan baku n data tunggal.   |       |
 32   |     Menentukan simpangan kuartil dari data tunggal.   |       |
 33   |     Menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep aturan   pencacahan.   |       |
 34   |     Menginterpretasikan data dalam bentuk diagram   lingkaran.   |       |
 4. KALKULUS   |       ||
 35   |     Menentukan persamaan garis singgung lingkaran.   |       |
 36   |     Menentukan nilai limit fungsi aljabar bentuk pecahan.   |       |
 37   |     Menentukan turunan pertama fungsi aljabar.   |       |
 38   |     Menentukan interval dari grafik fungsi.   |       |
 39   |     Menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva.   |       |
 40   |     Menentukan luas daerah yang dibatasi kurva.   |       |
 PERKIRAAAN KISI-KISI UN SMK TAHUN 2019
  (HASIL BEDAH KISI-KISI UN 2018/2019)
  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  No Urut.   |     Indikator Yang Diuji   |       |
 1. MEMBACA NONSASTRA   |       ||
 1   |     Menentukan makna istilah dalam paragraf   |       |
 2   |     Menentukan ide pokok paragraf   |       |
 3   |     Menyimpulkan isi paragraf   |       |
 4   |     Menentukan pernyataan yang sesuai maksud   kalimat/paragraf   |       |
 5   |     Menentukan kalimat yang menyatakan hubungan   sebab/akibat   |       |
 6   |     Menentukan inti kalimat   |       |
 7   |     Menentukan tanggapan logis/positif   |       |
 8   |     Menentukan hubungan perbandingan   |       |
 9   |     Menentukan ringksan paragraf   |       |
 2. MEMBACA SASTRA   |       ||
 10   |     Menentukan majas dalam puisi   |       |
 11   |     Menentukan amanat cerpen   |       |
 12   |     Menentukan alur novel   |       |
 13   |     Menentukan latar novel   |       |
 14   |     Menentukan tema puisi   |       |
 15   |     Menentukan isi tersirat karya sastra   |       |
 16   |     Menentukan hubungan antar unsur intrinsik   |       |
 17   |     Menganalisis hubungan antar unsur cerpen   |       |
 18   |     Menentukan bukti watak   |       |
 19   |     Menentukan kaitan isi karya sastra dengan kehidupan   saat ini   |       |
 20   |     Menentukan keunggulan/kelemahan karya sastra   |       |
 21   |     Membandingkan karya sastra   |       |
 22   |     Meringkas karya sastra   |       |
 3. MENULIS TERBATAS   |       ||
 23   |     Melengkapi paragraf/kalimat dengan istilah   |       |
 24   |     Melengkapi teks eksposisi   |       |
 25   |     Melengkapi teks deskripsi   |       |
 26   |     Melengkapi teks narasi preposisi, kata depan   |       |
 27   |     Melengkapi pantun   |       |
 28   |     Melengkapi teks ulasan   |       |
 29   |     Melengkapi unsur teks prosedur/ negosiasi   |       |
 30   |     Mengurutkan kalimat menjadi cerita   |       |
 31   |     Mengurutkan kalimat menjadi teks prosedur/eksposisi   |       |
 32   |     Melengkapi kata yang bermakna sama   |       |
 33   |     Menentukan kalimat yang bertujuan (bermakna) sama   (makna ungkapan)   |       |
 34   |     Menyusun paragraf/kalimat sesuai data   |       |
 35   |     Menyusun simpulan sesuai data   |       |
 4. MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASA, KALIMAT, DAN   PARAGRAF   |       ||
 36   |     Menentukan opini penulis   |       |
 37   |     Menentukan kesalahan penggunaan konjugsi   |       |
 38   |     Menentukan kesalahan penggunaan kalimat   |       |
 39   |     Mengartikan kata dalam kalimat/paragraf   |       |
 40   |     Menggunakan istilah dalam kalimat   |       |
 41   |     Melengkapi kalimat/paragraf dengan kata bentukan   |       |
 42   |     Memperbaiki kalimat rancu/tidak logis   |       |
 43   |     Memperbaiki kesalahan penggunaan kata dalam paragraf   |       |
 44   |     Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat   |       |
 5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA   |       ||
 45   |     Menentukan kesalahan penggunaan ejaan   |       |
 46   |     Menentukan kesalahan penggunaan tanda baca   |       |
 47   |     Melengkapi kalimat dengan kata/konjungsi yang tepat   |       |
 48   |     Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan yang benar   |       |
 49   |     Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan   |       |
 50   |     Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca   |       |
 B. Prediksi soal UN SMK
  Dibawah ini admin bagikan Beberapa Soal UN dan UNBK Untuk Jurusan SMK + Kunci Jawaban Berserta Pembahasan yang dipelajari dalam soal UN dan UNBK. Diantaranya adalah dari soal UN dan UNBK dari tahun sebelumnya.
  Tahun Pelajaran 2013/2014 
  Soal UN SMA/MA B. Indonesia    |    |
 Soal UN SMA/MA B. Inggris    |    |
 Soal UN SMA/MA Matematika kelompok   Pariwisata, Seni dan Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial   dan Administrasi Perkantoran    |    |
 Soal UN SMK/MAK Matematika   kelompok Akuntansi dan Pemasaran   |    |
 Soal UN SMK/MAK Matematika   kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertania    |    
 Prediksi soal UN SMK kelompok Teknologi, Kesehatan & Pertanian (TKP)
 Tahun Pelajaran 2017/2018 Soal UN SMA/MA TKP B. Indonesia    |    |
 Soal UN SMA/MA TKP B. Inggris    |    |
 Soal UN SMA/MA TKP Matematika    |    |
 Kunci Jawaban Latihan UNBK TKP   (Poin 1 – 3)   |    |
 Soal Listening Prediksi   UNBK SMK/MAK TKP B. Inggris    |    
 Prediksi soal UN SMK kelompok Akuntansi & Pemasaran (AKP)
 | Soal UN SMA/MA AKP B. Indonesia | Unduh | 
| Soal UN SMA/MA AKP B. Inggris | Unduh | 
| Soal UN SMA/MA AKP Matematika | Unduh | 
| Kunci Jawaban Latihan UNBK AKP (Poin 1 – 3) | Unduh | 
| Soal Listening Prediksi UNBK SMK/MAK AKP B. Inggris | Unduh | 
Prediksi soal UN SMK kelompok Pariwisata, Seni & Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial & Administrasi Perkantoran (PSP) Bagi siswa/i SMK atau MAK kelompok Pariwisata, Seni & Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial & Administrasi Perkantoran berikut terdapat beberapa soal UN tahun sebelumnya & kisi-kisi UNBK SMK PSP yang bisa dijadikan referensi pembelajaran Tahun Pelajaran 2018/2019 semester 2 genap.
Tahun Pelajaran 2017/2018
| Soal UNBK SMA/MA PSP B. Indonesia | Unduh | 
| Soal UNBK SMA/MA PSP B. Inggris | Unduh | 
| Soal UNBK SMA/MA PSP Matematika | Unduh | 
| Kunci Jawaban Latihan UNBK PSP (Poin 1 – 3) | Unduh | 
 Kisi Kisi Soal USBN PAI SMA SMK 2019, (dilengkapi USBN Praktik) 
      
 
 
Sedangkan untuk MA, silahkan unduh juga Kisi-Kisi UAMBN MA tahun 2019
  Download Kisi-kisi USBN PAI SMA   2019 (KTSP)   |    |
 Download Kisi-kisi USBN PAI SMA   2019 (KURIKULUM 2013)   |    |
 Download Kisi-kisi USBN PAI SMK   2019 (KTSP)   |    |
 Download Kisi-kisi USBN PAI SMK   2019 (KURIKULUM 2013)   |    
Sedangkan untuk MA, silahkan unduh juga Kisi-Kisi UAMBN MA tahun 2019
 Download Kisi-kisi UAMBN Bahasa   Arab MA Non Keagamaan   |    |
 Download Kisi-kisi UAMBN Al Quran   Hadits MA Semua Peminatan    |    |
 Download Kisi-kisi UAMBN mata   pelajaran Fikih MA Non Keagamaan   |    |
 Download Kisi-kisi UAMBN mata   pelajaran Akidah Akhlak MA Non Kegamaan   |    |
 Kisi-kisi UAMBN mapel Sejarah   Kebudayaan Islam (SKI) MA Non Kegamaan   |    
