Un 2019: Kebijakan Un Dan Pengelolaan Helpdesk Serta Cara Pendaftaran Helpdesk Di Web Unbk
2/21/2019
Helpdesk UNBK 2019 - Selamat bertemu kembali Bapak/Ibu guru se Indonesia, kali ini admin akan berbagi mengenai Pengelolaan Helpdesk dan Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK. Namun sebelum itu, marilah kita sama-sama simak mengenai KEBIJAKAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2019.
1. Interaksi SNP, Kurikulum, Buku Teks, Guru, dan Ujian Nasional
Empat SNP- SKL, SI, Std. Proses dan Std. Penilaian menjadi acuan pengembangan kurikulum
Kurikulum - KI dan KD dalam struktur kurikulum mengacu pada SKL dan SI
Buku Teks -Buku teks mengacu pada KI, KD, dan lingkup materi.
Guru - Guru melakukan penilaian melalui Classroom Assessment
- Satuan pendidikan melakukan penilaian melalui School Assessment
Ujian Nasional - Pemerintah melakukan penilaian pendidikan melalui Ujian Nasional (UN)
2. Kebijakan Kewenangan Pengembangan SNP, Dokumen Kurikulum dan penilaian
3. MODA UJIAN NASIONAL
Tahun 2018 merupakan tahun keempat pelaksanaan UNBK.
Ada peningkatan yang signifikan satuan pendidikan pelaksana UNBK tahun 2018 dibanding 2017. Sebanyak 91% siswa SMA/MA dan 98% siswa SMK melaksanakan UNBK. Secara nasional peserta UNBK (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK) sebanyak 78%. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terbukti lebih efisien dan efektif dibandingkan pelaksanaan UN dengan berbasis kertas, dalam hal:
1. Waktu
2. Tenaga
3. Biaya
4. Integritas
Catatan:
Pelaksanaan UNBK dengan prinsip berbagi sumber (resource sharing) masih belum optimal Karena kendala geografis, teknis, dan masih adanya sikap transaksional Masih terdapat persepsi yang berbeda terhadap keterlibatan masyarakat dalam Pelaksanaan UNBK: Pemakaian laptop siswa atau guru dianggap menyalahi POS, tiga sesi sehari dianggap tidak manusia
4. Soal Ujian Nasional
Soal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS)?
Prinsip-prinsip penyusunan soal yang mengarah kepada HOTS:
1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami.
2. Berbasis permasalahan kontekstual
3. Stimulus menarik.
Kontekstual artinya soal harus menggunakan konteks dunia nyata. Penyajian kasus nyata memungkinkan peserta didik melakukan proses menelaah berbagai informasi.
Stimulus yang menarik dapat berupa beberapa informasi dapat berupa gambar, grafik, tabel, wacana dll yang memiliki keterkaitan dalam sebuah kasus.Stimulus hendaknya menuntut kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis, menyimpulkan, atau menciptakan.
5. Kebijakan Ujian Nasional 2019
• Kebijakan UN tahun 2019 tidak banyak berbeda dengan kebijakan UN tahun 2018
• Perbedaan pada Jadwal dan proyeksi peserta UN
6. Dokumen Kebijakan UN 2019
7. JADWAL PELAKSANAAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Klik disini)
8. Standar Penilaian
9. Target Nasional untuk UNBK 2019
10. Usaha Perluasan UNBK
KEBIJAKAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2019
Kebijakan Pelaksanaan ujian Nasional Meliputi Interaksi SNP, Kurikulum, Buku Teks, Guru, dan Ujian Nasional, Kebijakan Kewenangan Pengembangan SNP, Dokumen Kurikulum dan penilaian, Moda Ujian Nasional, Soal Ujian Nasional, Kebijakan Ujian Nasional 2019, Dokumen Kebijakan UN 2019, Jadwal Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2018/2019, Standar Penilaian, Target Nasional untuk UNBK 2019, Usaha Perluasan UNBK selengkapnya mengenai kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2019 simak penjelasannya berikut ini.1. Interaksi SNP, Kurikulum, Buku Teks, Guru, dan Ujian Nasional
Empat SNP- SKL, SI, Std. Proses dan Std. Penilaian menjadi acuan pengembangan kurikulum
Kurikulum - KI dan KD dalam struktur kurikulum mengacu pada SKL dan SI
Buku Teks -Buku teks mengacu pada KI, KD, dan lingkup materi.
Guru - Guru melakukan penilaian melalui Classroom Assessment
- Satuan pendidikan melakukan penilaian melalui School Assessment
Ujian Nasional - Pemerintah melakukan penilaian pendidikan melalui Ujian Nasional (UN)
2. Kebijakan Kewenangan Pengembangan SNP, Dokumen Kurikulum dan penilaian
3. MODA UJIAN NASIONAL
Tahun 2018 merupakan tahun keempat pelaksanaan UNBK.
Ada peningkatan yang signifikan satuan pendidikan pelaksana UNBK tahun 2018 dibanding 2017. Sebanyak 91% siswa SMA/MA dan 98% siswa SMK melaksanakan UNBK. Secara nasional peserta UNBK (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK) sebanyak 78%. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terbukti lebih efisien dan efektif dibandingkan pelaksanaan UN dengan berbasis kertas, dalam hal:
1. Waktu
2. Tenaga
3. Biaya
4. Integritas
Catatan:
Pelaksanaan UNBK dengan prinsip berbagi sumber (resource sharing) masih belum optimal Karena kendala geografis, teknis, dan masih adanya sikap transaksional Masih terdapat persepsi yang berbeda terhadap keterlibatan masyarakat dalam Pelaksanaan UNBK: Pemakaian laptop siswa atau guru dianggap menyalahi POS, tiga sesi sehari dianggap tidak manusia
4. Soal Ujian Nasional
Soal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS)?
Prinsip-prinsip penyusunan soal yang mengarah kepada HOTS:
1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami.
2. Berbasis permasalahan kontekstual
3. Stimulus menarik.
Kontekstual artinya soal harus menggunakan konteks dunia nyata. Penyajian kasus nyata memungkinkan peserta didik melakukan proses menelaah berbagai informasi.
Stimulus yang menarik dapat berupa beberapa informasi dapat berupa gambar, grafik, tabel, wacana dll yang memiliki keterkaitan dalam sebuah kasus.Stimulus hendaknya menuntut kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis, menyimpulkan, atau menciptakan.
5. Kebijakan Ujian Nasional 2019
• Kebijakan UN tahun 2019 tidak banyak berbeda dengan kebijakan UN tahun 2018
• Perbedaan pada Jadwal dan proyeksi peserta UN
6. Dokumen Kebijakan UN 2019
- Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.
- SK BSNP tentang Kisi-Kisi UN dan USBN 2019
- SK BSNP tentang POS UN 2019
- SK BSNP tentang POS USBN 2019
7. JADWAL PELAKSANAAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Klik disini)
8. Standar Penilaian
9. Target Nasional untuk UNBK 2019
10. Usaha Perluasan UNBK
- BERBAGI SUMBERDAYA SMK—SMK—-SMP (TERUTAMA UNTUK SMP)
- SEKOLAH YANG SULIT NUMPANG DI SEKOLAH LAIN:
- SEKOLAH TIDAK PUNYA KOMPUTER DAN TERPENCIL
- KALAU JUMLAH SEDIKIT ——-REMOTE PRINTING DILAKUKAN OLEH LPMP
- SEKOLAH PUNYA KOMPUTER TAPI TIDAK ADA INTERNET
- SOAL EMAIL ATAU MENGGUNAKAN USB. KEBUTUHAN PROKTOR?
- SEKOLAH BARU UNBK 2019
- PELATIHAN PROKTOR –DIUNDANG REGIONAL ATAU DILATIH PROKTOR KABUPATEN?
- SEKOLAH MEMILIKI KOMPUTER TETAPI BELUM TERAKREDITASI
- PENYELENGGARA SEKOLAH TERAKREDITASI
- PROKTOR SEKOLAH YANG BERSANGKUTAN DAN PERLU PELATIHAN
Pengelolaan Helpdesk serta Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK
Mengorganisir potensi proktor/teknisi/tim teknisyang memiliki pengalaman dalam pelaksanaan UNBK.
Proktor/Teknisi
HELPDESK PUSAT
LAPORAN SEKOLAH
Tim Support/Agent
– Menerima dan menanggapi berbagai pertanyaan, komplain gangguan dan melakukan input pada system aplikasi ticketing.
– Bertindak sebagai pengasuh web yg bertugas menanggapi berbagai pertanyaan, komplain dan eskalasi permasalahan kepada tim teknis atau pimpinan.
• Tim Aplikasi
Bertugas melakukan troubleshoot permasalahan yang terjadi dari sisi aplikasi UNBK
• Tim Infrastruktur server dan jaringan
Memberikan jaminan ketersediaan dan kelancaran infra dan jaringan UNBK
4. ALUR PENANGANAN MASALAH DI HELPDESK PUSAT
5. PERSYARATAN HELPDESK UNBK
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Pengelolaan dan Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK silahkan download buku petunjuknya di bawah ini.
- Membantu sekolah/madrasah yang mengalami kesulitan secara teknis dalam pelaksanaan UNBK di tempatnya masing-masing.
- Memberikan edukasi kepada poktor/teknisi tentang pelaksanaan UNBK.
- Melakukan pemetaan masalah teknis UNBK sebagai bahan evaluasi dan kebijakan.
- Memberikan informasi penting kepada helpdesk pusat.
Proktor/Teknisi
- Proktor Utama
- Teknisi Utama
- Proktor
- Teknisi
- Penanggungjawab Kab/kota
- Proktor/Teknisi
- Tim Teknis Disdik Kab/Kota
- Tim Teknis Kantor Kemenag Kab/Kota
- Penanggungjawab Provinsi
- Proktor/Teknisi
- Tim Teknis Disdik Provinsi
- Tim Teknis Kantor Kanwil Kemenag
- Koordinator Pusat
- Tim Aplikasi
- Tim Infrastruktur
- Tim Teknis PTN
3. Penanganan Masalah UNBK oleh HELPDESK
HELPDESK PUSAT
LAPORAN SEKOLAH
- REQUEST SERVER CADANGAN
- REQUEST TOKEN OFFLINE
- REQUEST SINKRON OFFLINE
- WAKTU TIDAK NORMAL (BERKURANG)
- SISWA LOGIN LANGSUNG SELESAI TANPA MENEKAN TOMBOL SELESAI
- ADA NOTIFIKASI DI CLIENT (ERROR 500, RUNTIME ERROR, TIDAK KELUAR SOAL)
- REQUEST UNLOCK SYNC
- REQUEST UNLOCK SN
- INFRASTRUKTUR KARENA : OFFLINE,CHECKING
- APLIKASI KARENA TIDAK BISA : LOGIN. RILIS TOKEN, PINDAH DAFTAR TES, UPLOAD, CETAK UPLOAD
Tim Support/Agent
– Menerima dan menanggapi berbagai pertanyaan, komplain gangguan dan melakukan input pada system aplikasi ticketing.
– Bertindak sebagai pengasuh web yg bertugas menanggapi berbagai pertanyaan, komplain dan eskalasi permasalahan kepada tim teknis atau pimpinan.
• Tim Aplikasi
Bertugas melakukan troubleshoot permasalahan yang terjadi dari sisi aplikasi UNBK
• Tim Infrastruktur server dan jaringan
Memberikan jaminan ketersediaan dan kelancaran infra dan jaringan UNBK
4. ALUR PENANGANAN MASALAH DI HELPDESK PUSAT
5. PERSYARATAN HELPDESK UNBK
- Personil yang memahami dan menguasai mekanisme pelaksanaan UNBK.
- Personil yang memahami dan menguasai aplikasi UNBK.
- Personil yang memahami dan menguasasi infrastruktur & jaringan.
- Personil yang memahami dan menguasai pendataan peserta UN.
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Pengelolaan dan Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK silahkan download buku petunjuknya di bawah ini.
Download Pengelolaan Helpdesk dan Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK
Demikian yang terbaru, terkait dengan UN 2019: Pengelolaan Helpdesk dan Cara Pendaftaran HELPDESK DI WEB UNBK