Guru K13 :Soal Biologi Tentang Ruang Lingkup Biologi Dan Jawaban Lengkap
3/19/2019
Sahabat Blog Pendidikan Terbaru khususnya mengenai RPP Kurikulum 2013 Buku K13 Revisi Terbaru, Soal Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja, serta karir berbasis biologi akan Admin bagikan dalam artikel ini. Dalam soal ini, sudah Admin sediakan kunci jawaban soal, sehingga bisa membantu pembaca dalam mengerjakan soal.
Adapun materi yang digunakan sebagai dasar dalam penyusunan sial atau pertanyaan ini antara lain : 1). Berbagai permasalahan biologi pada objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2) Berbagai cabang ilmu biologi dan hubungannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3) Manfaat mempelajari ilmu biologi untuk diri sendiri dan lingkungan, serta peradapan bangsa.
4) Keselamatan Kerja.
5) Metode Ilmiah.
Pada Soal tentang Ruang Lingkup Biologi siswa diharapkan mampu :
1.Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
3.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
5.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
6.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
7.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
8.Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
9.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
10.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
11.Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
12.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
13.Menjelaskan karakteristik umum sains.
14.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
15.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
16.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
17.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
18.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
19.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
20.Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
21.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
22.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
23.Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
24.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
Jenis soal yang akan Admin bagikan dalam artikel ini yaitu soal pilihan ganda (multiple choice). Berikut ini soal biologi bab ruang lingkup biologi, keselamatan kerja, kerja ilmiah, dan karir berbasis biologi lengkap dengan kunci jawaban.
Soal Pilihan Ganda Ruang Lingkup Biologi
1. Hipotesis yang tepat untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman padi” yaitu …..
a. Produksi tanaman padi dipengaruhi oleh pengolahan tanah
b. Pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi
c. Tingkat pertumbuhan tanaman padi yang masih muda menentukan produksinya
d. Pupuk kandang dipengaruhi oleh kelembapan udara
e. Pertumbuhan tanaman padi dipengaruhi oleh cahaya, tanah, suhu, dan air
2. Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut!
1) Pengumpulan data
2) Penyusunan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Berdasarkan uraian di atas, urutan yang benar yaitu …..
a. 4-1-5-2-3-6
b. 1-2-3-4-5-6
c. 2-1-5-4-3-6
d. 2-1-4-5-3-6
e. 4-1-2-5-3-6
3. Manusia dalam hidupnya sangat bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dikaji dalam cabang ilmu ilmu …..
a. Ekologi
b. Ekosistem
c. Genetika
d. Taksonomi
e. Morfologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah …..
a. Zoology
b. Mikrobiologi
c. Mikologi
d. Bakteriologi
e. Virology
5. Kunci untuk belajar biologi adalah mempelajari …..
a. Materi dan energi
b. Bahan-bahan kimia
c. Kehidupan di sekitar kita
d. Batu-batuan
e. Fosil-fosil makhluk hidup
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah …..
a. Meningkatnya hama serangga
b. Penemuan bibit unggul
c. Punahnya tanaman berkualitas rendah
d. Berkurangnya plasma nutfah
e. Matinya tanaman-tanaman langka
7. Diantara nama-nama berikut, yang tidak termasuk ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi yaitu …..
a. Carolus Linnaeus
b. Louis Pasteur
c. Gregor Mendel
d. Galileo Galilei
e. Watson dan Crick
8. Berikut ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah …..
a. Tercemarinya air sungai
b. Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan
c. Infeksi usus halus
d. Perkembang biakan virus dalam tubuh makhluk hidup
e. Gangguan system pencernaan
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
a. Verifikasi
b. Universal
c. Objektif
d. Sistematis
e. Analitis
10. Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat …..
a. Objektif
b. Universal
c. Verifikasi
d. Sistematis
e. Analisis
11. Penebangan liar di hutan dan tercemarnya air sungai mengakibatkan berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup didalamnya mati. Selain itu, habitat dan struktur tanah dapat rusak serta terjadinya perubahan suhu. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
a. Komunitas
b. Jaringan
c. Individu
d. Populasi
e. Ekosistem
12. Setiap ilmu pengetahuan memiliki objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
a. Iguana
b. Putrid duyung
c. Dinosaurus
d. Paus
e. Lumba-lumba
13. Seseorang mengalami infeksi usus halus adalah salah satu contoh masalah biologi yang terjadi pada tingkat …..
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. System organ
14. Berikut ini bukan merupakan sikap yang harus dilakukan selama di laboratorium adalah …..
a. Meggunakan semua bahan kimia yang ada di laboratorium
b. Menjaga kebersihan
c. Mengerjakan dengan serius
d. Menjaga ketertiban
e. Fokus pada praktikum
15. Ilmu pengetahuan yaitu kumpulan, hukum, prinsip, serta teori yang terbentuk melalui serangkaian aktivitas ilmiah. Suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu jika mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ……
a. sistematis
b. memiliki objek kajian
c. objektif
d. subjektif
e. universal
16. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
a. bioteknologi
b. zoology
c. botani
d. ekologi
e. embriologi
17. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang dominan adalah jenis sukulen. Ekosistem tersebut adalah bioma …..
a. sapana
b. tundra
c. padang rumput
d. taiga
e. gurun atau padang pasir
18. Kajian suatu ilmu bisa dibagi menjadi bagian yang lebih rinci untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut adalah ciri-ciri ilmu yang bersifat ….
a. Sistematis
b. Objektif
c. Verifikatif
d. Universal
e. Analitis
19. Di bawah ini yang tidak termasuk objek kajian biologi yaitu …..
a. benda mati
b. manusia
c. tumbuhan
d. hewan
e. mikroorganisme
20. Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan tanaman kelengkeng yang mempunyai buah manis, tahan hama, dan cepat berbuah bisa dipelajari dalam cabang biologi …..
a. Ginekologi
b. Biokimia
c. Genetika
d. Taratologi
e. Reproduksi
21. Biologi memenuhi syarat disebut ilmu, antara lain ….
a. dikembangkan berdasarkan percobaan
b. mempunyai objek dan kajian
c. memunyai metode dan objek kajian
d. mempunyai objek formal dan material
e. mempunyai metode ilmiah
22. Objek formal biologi yaitu ….
a. hewan dan manusia
b. makhluk hidup
c. struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup
d. lingkungan hidup
e. bioma, ekosistem, dan komunitas
23. Objek kajian biologi adalah benda-benda yang konkret. Benda konkret yaitu benda ….
a. yang hanya dapat dilihat dengan bantuan alat
b. yang hidup
c. yang dapat ditangkap alat indera
d. yang memiliki nilai ekonomi
e. yang dapat dilihat tanpa alat
24. Biologi berkembang dari rumpun atau akar ilmu ….
a. kimia
b. filsafat
c. sosial
d. alam
e. humaniora
25. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu adalah ….
a. bermanfaat bagi kehidupan
b. hukum-hukumnya bersifat universal
c. memilikii objek kajian dan metode ilmiah
d. banyak orang yang ingin mempelajarinya
e. dapat dipikirkan secara logika
26. Perhatikan tahapan dalam metode ilmiah berikut!
1) melakukan percobaan untuk menguji hipotesis
2) mengajukan hipotesis
3) menemukan permasalahan
4) menarik kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, urutan tahap yang benar yaitu ….
a. IV-III-II-I
b. I-II-III-IV
c. III-I-II-IV
d. I-III-II-IV
e. III-II-I-IV
27. Yang bukan merupakan sikap ilmiah yaitu ….
a. berani mengajikan suatu pemecahan masalah dan bertanggung jawab
b. dapat membedakan opini dan fakta
c. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan
d. berargumentasi dan bertanya untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri
e. dapat berpendapat secara kritis dan ilmiah
28. Aristoteles merupakan tokoh dalam sejarah biologi yang mengusulkan teori mengenai asal mula kehidupan yang dinamakan….
a. the origin of species
b. teori biogenesis
c. teori kreasi khusus
d. generatio spontanea
e. teori evolusi
29. Kumpulan jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….
a. individu
b. molekul
c. organ tubuh
d. jaringan epitelium
e. sistem organ
30. Sekelompok gajah dalam suatu waktu dan tempat tertentu dinamakan….
a. populasi
b. ekosistem
c. habitat
d. komunitas
e. bioma
31. Sekelompok padi, sekelompok burung, sekelompok belalang, jika berkumpul akan membentuk suatu ….
a. perkumpulan
b. habitat
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
32. Manfaat pengelompokan biologi dalam beberapa cabang adalah ….
a. supaya orang paham
b. agar lebih simpel
c. supaya semakin terfokus dan mendalam dalam mengkajinya
d. agar ditemukan banyak hal
e. supaya ditemukan manfaat dari yang dikaji
33. Andaikan kalian menginginkan menjadi seorang dokter, salah satu cabang biologi yang harus dikuasai adalah ….
a. botani
b. ekologi
c. briologi
d. anatomi
e. ornitologi
34. Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup disebut ….
a. taksonomi
b. morfologi
c. fisiologi
d. anatomi
e. ekologi
35. Untuk memperoleh anak sapi dengan inseminasi buatan, dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu ….
a. genetika
b. reproduksi
c. biokimia
d. kedokteran
e. peternakan
36. Cabang-cabang biologi bagaikan keratan keratan dalam kue lapis, keratan vertikalnya meliputi ….
a. histologi, botani, briologi
b. morfologi, ekologi, sitologi
c. zoologi, botani, mikrobiologi
d. anatomi, botani, fisiologi
e. sitologi, evolusi, mikrobiologi
37. Jika ada seseorang ingin mengetahui silsilah keluarganya, maka cabang biologi yang dapat membantunya adalah ….
a. mikrobiologi
b. bakteriologi
c. morfologi
d. anatomi
e. genetika
38. Salah satu manfaat biologi dalam bidang pertanian adalah ….
a. pendapatan petani meningkat
b. penemuan bibit unggul
c. pembuatan alat-alat pertanian yang canggih
d. perluasan lahan pertanian
e. peningkatan jumlah hasil produksi
39. Penyalahgunaan biologi dalam perang militer antarnegara misalnya ….
a. pandemi sapi gila
b. senjata pemusnah massal
c. penyebaran antraks
d. pandemi flu burung
e. senjata biologi
40. Salah satu peran biologi di bidang konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam dengan memperhatikan ….
a. pertanian monokultur
b. terpenuhinya kebutuhan manusia
c. peningkatan daya guna hutan
d. terjaganya kelestarian flora dan fauna
e. kelestarian sumber air
41. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti ...
a. tumbuhan
b. Ilmu
c. Kajian
d. Hidup
e. Perkembangan
42. Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah ...
a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. Biosfer
e. Organisme
Soal Biologi : Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap 50 Soal
43. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah ...
a. Evolusi
b. Virologi
c. Entomologi
d. Botani
e. Mikologi
44. Abdul sedang melakukan pengamatan terhadap kupu-kupu yang baru ia tangkap lalu ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi yang berhubungan dengan kegiatan Abdul yaitu ...
a. Mikrobiologi
b. Ornitologi
c. Genetika
d. Entomologi
e. Sitologi
45. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut ...
a. Bioma
b. Organisme
c. Komunitas
d. Populasi
e. Ekosistem
46. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal tersebut merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Tumbuhan dan berkembang
b. Reproduksi
c. Membutuhkan nutrisi
d. Respirasi
e. Adaptasi
47. Kemampuan individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Ekosistem
b. Adaptasi
c. Anatomi
d. Predasi
e. Mimikri
48. Langkah awal dalam metode ilmiah yaitu ...
a. Identifikasi permasalahan
b. Melakukan eksperimen
c. Menganalisis data
d. Observasi
e. Merancang eksperimen
49. Santoso akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dikaji pada organisasi kehidupan pada tingkat ....
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. Sistem organ
50. Deskripsi hasil pengamatan objek biologi yang memakai indra pengelihatan misalnya yaitu ...
a. bau dan warna
b. bau dan rasa
c. warna dan rasa
d. bentuk dan ukuran
e. tekstur dan ukuran
Kunci Jawaban Soal Ruang Lingkup Biologi
1 B 11 E 21 C 31 D 41 D
2 E 12 B 22 C 32 C 42 A
3 A 13 C 23 C 33 D 43 E
4 B 14 A 24 B 34 B 44 D
5 C 15 D 25 D 35 A 45 D
6 B 16 D 26 E 36 C 46 C
7 D 17 B 27 D 37 E 47 B
8 C 18 E 28 D 38 B 48 A
9 C 19 A 29 E 39 C 49 C
10 B 20 C 30 A 40 D 50 D
Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan RPP K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 :Soal Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini dapat bermanfaat.
Adapun materi yang digunakan sebagai dasar dalam penyusunan sial atau pertanyaan ini antara lain : 1). Berbagai permasalahan biologi pada objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2) Berbagai cabang ilmu biologi dan hubungannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3) Manfaat mempelajari ilmu biologi untuk diri sendiri dan lingkungan, serta peradapan bangsa.
4) Keselamatan Kerja.
5) Metode Ilmiah.
Soal Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap [Update Tahun 2018]
Pada Soal tentang Ruang Lingkup Biologi siswa diharapkan mampu :
1.Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
3.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
5.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
6.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
7.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
8.Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
9.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
10.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
11.Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
12.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
13.Menjelaskan karakteristik umum sains.
14.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
15.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
16.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
17.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
18.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
19.Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
20.Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
21.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
22.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
23.Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
24.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
Jenis soal yang akan Admin bagikan dalam artikel ini yaitu soal pilihan ganda (multiple choice). Berikut ini soal biologi bab ruang lingkup biologi, keselamatan kerja, kerja ilmiah, dan karir berbasis biologi lengkap dengan kunci jawaban.
Soal Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi dan Kunci Jawaban Lengkap
Soal Pilihan Ganda Ruang Lingkup Biologi
1. Hipotesis yang tepat untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman padi” yaitu …..
a. Produksi tanaman padi dipengaruhi oleh pengolahan tanah
b. Pupuk kandang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi
c. Tingkat pertumbuhan tanaman padi yang masih muda menentukan produksinya
d. Pupuk kandang dipengaruhi oleh kelembapan udara
e. Pertumbuhan tanaman padi dipengaruhi oleh cahaya, tanah, suhu, dan air
2. Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut!
1) Pengumpulan data
2) Penyusunan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Berdasarkan uraian di atas, urutan yang benar yaitu …..
a. 4-1-5-2-3-6
b. 1-2-3-4-5-6
c. 2-1-5-4-3-6
d. 2-1-4-5-3-6
e. 4-1-2-5-3-6
3. Manusia dalam hidupnya sangat bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dikaji dalam cabang ilmu ilmu …..
a. Ekologi
b. Ekosistem
c. Genetika
d. Taksonomi
e. Morfologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah …..
a. Zoology
b. Mikrobiologi
c. Mikologi
d. Bakteriologi
e. Virology
5. Kunci untuk belajar biologi adalah mempelajari …..
a. Materi dan energi
b. Bahan-bahan kimia
c. Kehidupan di sekitar kita
d. Batu-batuan
e. Fosil-fosil makhluk hidup
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah …..
a. Meningkatnya hama serangga
b. Penemuan bibit unggul
c. Punahnya tanaman berkualitas rendah
d. Berkurangnya plasma nutfah
e. Matinya tanaman-tanaman langka
7. Diantara nama-nama berikut, yang tidak termasuk ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi yaitu …..
a. Carolus Linnaeus
b. Louis Pasteur
c. Gregor Mendel
d. Galileo Galilei
e. Watson dan Crick
8. Berikut ini yang merupakan contoh permasalahan biologi pada tingkat organ adalah …..
a. Tercemarinya air sungai
b. Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan
c. Infeksi usus halus
d. Perkembang biakan virus dalam tubuh makhluk hidup
e. Gangguan system pencernaan
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
a. Verifikasi
b. Universal
c. Objektif
d. Sistematis
e. Analitis
10. Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat …..
a. Objektif
b. Universal
c. Verifikasi
d. Sistematis
e. Analisis
11. Penebangan liar di hutan dan tercemarnya air sungai mengakibatkan berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup didalamnya mati. Selain itu, habitat dan struktur tanah dapat rusak serta terjadinya perubahan suhu. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
a. Komunitas
b. Jaringan
c. Individu
d. Populasi
e. Ekosistem
12. Setiap ilmu pengetahuan memiliki objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
a. Iguana
b. Putrid duyung
c. Dinosaurus
d. Paus
e. Lumba-lumba
13. Seseorang mengalami infeksi usus halus adalah salah satu contoh masalah biologi yang terjadi pada tingkat …..
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. System organ
14. Berikut ini bukan merupakan sikap yang harus dilakukan selama di laboratorium adalah …..
a. Meggunakan semua bahan kimia yang ada di laboratorium
b. Menjaga kebersihan
c. Mengerjakan dengan serius
d. Menjaga ketertiban
e. Fokus pada praktikum
15. Ilmu pengetahuan yaitu kumpulan, hukum, prinsip, serta teori yang terbentuk melalui serangkaian aktivitas ilmiah. Suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu jika mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ……
a. sistematis
b. memiliki objek kajian
c. objektif
d. subjektif
e. universal
16. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
a. bioteknologi
b. zoology
c. botani
d. ekologi
e. embriologi
17. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang dominan adalah jenis sukulen. Ekosistem tersebut adalah bioma …..
a. sapana
b. tundra
c. padang rumput
d. taiga
e. gurun atau padang pasir
18. Kajian suatu ilmu bisa dibagi menjadi bagian yang lebih rinci untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut adalah ciri-ciri ilmu yang bersifat ….
a. Sistematis
b. Objektif
c. Verifikatif
d. Universal
e. Analitis
19. Di bawah ini yang tidak termasuk objek kajian biologi yaitu …..
a. benda mati
b. manusia
c. tumbuhan
d. hewan
e. mikroorganisme
20. Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan tanaman kelengkeng yang mempunyai buah manis, tahan hama, dan cepat berbuah bisa dipelajari dalam cabang biologi …..
a. Ginekologi
b. Biokimia
c. Genetika
d. Taratologi
e. Reproduksi
21. Biologi memenuhi syarat disebut ilmu, antara lain ….
a. dikembangkan berdasarkan percobaan
b. mempunyai objek dan kajian
c. memunyai metode dan objek kajian
d. mempunyai objek formal dan material
e. mempunyai metode ilmiah
22. Objek formal biologi yaitu ….
a. hewan dan manusia
b. makhluk hidup
c. struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup
d. lingkungan hidup
e. bioma, ekosistem, dan komunitas
23. Objek kajian biologi adalah benda-benda yang konkret. Benda konkret yaitu benda ….
a. yang hanya dapat dilihat dengan bantuan alat
b. yang hidup
c. yang dapat ditangkap alat indera
d. yang memiliki nilai ekonomi
e. yang dapat dilihat tanpa alat
24. Biologi berkembang dari rumpun atau akar ilmu ….
a. kimia
b. filsafat
c. sosial
d. alam
e. humaniora
25. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu adalah ….
a. bermanfaat bagi kehidupan
b. hukum-hukumnya bersifat universal
c. memilikii objek kajian dan metode ilmiah
d. banyak orang yang ingin mempelajarinya
e. dapat dipikirkan secara logika
26. Perhatikan tahapan dalam metode ilmiah berikut!
1) melakukan percobaan untuk menguji hipotesis
2) mengajukan hipotesis
3) menemukan permasalahan
4) menarik kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, urutan tahap yang benar yaitu ….
a. IV-III-II-I
b. I-II-III-IV
c. III-I-II-IV
d. I-III-II-IV
e. III-II-I-IV
27. Yang bukan merupakan sikap ilmiah yaitu ….
a. berani mengajikan suatu pemecahan masalah dan bertanggung jawab
b. dapat membedakan opini dan fakta
c. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan
d. berargumentasi dan bertanya untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri
e. dapat berpendapat secara kritis dan ilmiah
28. Aristoteles merupakan tokoh dalam sejarah biologi yang mengusulkan teori mengenai asal mula kehidupan yang dinamakan….
a. the origin of species
b. teori biogenesis
c. teori kreasi khusus
d. generatio spontanea
e. teori evolusi
29. Kumpulan jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….
a. individu
b. molekul
c. organ tubuh
d. jaringan epitelium
e. sistem organ
30. Sekelompok gajah dalam suatu waktu dan tempat tertentu dinamakan….
a. populasi
b. ekosistem
c. habitat
d. komunitas
e. bioma
31. Sekelompok padi, sekelompok burung, sekelompok belalang, jika berkumpul akan membentuk suatu ….
a. perkumpulan
b. habitat
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
32. Manfaat pengelompokan biologi dalam beberapa cabang adalah ….
a. supaya orang paham
b. agar lebih simpel
c. supaya semakin terfokus dan mendalam dalam mengkajinya
d. agar ditemukan banyak hal
e. supaya ditemukan manfaat dari yang dikaji
33. Andaikan kalian menginginkan menjadi seorang dokter, salah satu cabang biologi yang harus dikuasai adalah ….
a. botani
b. ekologi
c. briologi
d. anatomi
e. ornitologi
34. Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup disebut ….
a. taksonomi
b. morfologi
c. fisiologi
d. anatomi
e. ekologi
35. Untuk memperoleh anak sapi dengan inseminasi buatan, dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu ….
a. genetika
b. reproduksi
c. biokimia
d. kedokteran
e. peternakan
36. Cabang-cabang biologi bagaikan keratan keratan dalam kue lapis, keratan vertikalnya meliputi ….
a. histologi, botani, briologi
b. morfologi, ekologi, sitologi
c. zoologi, botani, mikrobiologi
d. anatomi, botani, fisiologi
e. sitologi, evolusi, mikrobiologi
37. Jika ada seseorang ingin mengetahui silsilah keluarganya, maka cabang biologi yang dapat membantunya adalah ….
a. mikrobiologi
b. bakteriologi
c. morfologi
d. anatomi
e. genetika
38. Salah satu manfaat biologi dalam bidang pertanian adalah ….
a. pendapatan petani meningkat
b. penemuan bibit unggul
c. pembuatan alat-alat pertanian yang canggih
d. perluasan lahan pertanian
e. peningkatan jumlah hasil produksi
39. Penyalahgunaan biologi dalam perang militer antarnegara misalnya ….
a. pandemi sapi gila
b. senjata pemusnah massal
c. penyebaran antraks
d. pandemi flu burung
e. senjata biologi
40. Salah satu peran biologi di bidang konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam dengan memperhatikan ….
a. pertanian monokultur
b. terpenuhinya kebutuhan manusia
c. peningkatan daya guna hutan
d. terjaganya kelestarian flora dan fauna
e. kelestarian sumber air
41. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti ...
a. tumbuhan
b. Ilmu
c. Kajian
d. Hidup
e. Perkembangan
42. Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah ...
a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. Biosfer
e. Organisme
Soal Biologi : Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap 50 Soal
43. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah ...
a. Evolusi
b. Virologi
c. Entomologi
d. Botani
e. Mikologi
44. Abdul sedang melakukan pengamatan terhadap kupu-kupu yang baru ia tangkap lalu ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi yang berhubungan dengan kegiatan Abdul yaitu ...
a. Mikrobiologi
b. Ornitologi
c. Genetika
d. Entomologi
e. Sitologi
45. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut ...
a. Bioma
b. Organisme
c. Komunitas
d. Populasi
e. Ekosistem
46. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal tersebut merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Tumbuhan dan berkembang
b. Reproduksi
c. Membutuhkan nutrisi
d. Respirasi
e. Adaptasi
47. Kemampuan individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Ekosistem
b. Adaptasi
c. Anatomi
d. Predasi
e. Mimikri
48. Langkah awal dalam metode ilmiah yaitu ...
a. Identifikasi permasalahan
b. Melakukan eksperimen
c. Menganalisis data
d. Observasi
e. Merancang eksperimen
49. Santoso akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dikaji pada organisasi kehidupan pada tingkat ....
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. Sistem organ
50. Deskripsi hasil pengamatan objek biologi yang memakai indra pengelihatan misalnya yaitu ...
a. bau dan warna
b. bau dan rasa
c. warna dan rasa
d. bentuk dan ukuran
e. tekstur dan ukuran
Kunci Jawaban Soal Ruang Lingkup Biologi
1 B 11 E 21 C 31 D 41 D
2 E 12 B 22 C 32 C 42 A
3 A 13 C 23 C 33 D 43 E
4 B 14 A 24 B 34 B 44 D
5 C 15 D 25 D 35 A 45 D
6 B 16 D 26 E 36 C 46 C
7 D 17 B 27 D 37 E 47 B
8 C 18 E 28 D 38 B 48 A
9 C 19 A 29 E 39 C 49 C
10 B 20 C 30 A 40 D 50 D
Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan RPP K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 :Soal Biologi tentang Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini dapat bermanfaat.