Kumpulan Tepuk Tangan Dan Games Pembuka Pembelajaran Agar Siswa Semangat Belajar

Kurikulum 2013 K13 - Selamat datang kembali di blog Kurikulum 2013 Revisi, sebagai guru tentunya kita selalu dituntut untuk kreatif dan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para siswa atau anak didik kita dalam belajar. Apakah pembelajaran akan berhasil jika siswa kurang semangat dalam belajar di kelas? nah kali ini admin akan membahas sedikit tips dan trik agar suasana pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan. Diantaranya dengan menyajikan Kumpulan Tangan dan Games Pembuka Pembelajaran Agar Siswa Semangat Belajar.
Selamat datang kembali di blog Kurikulum  Kumpulan Tepuk Tangan dan Games Pembuka Pembelajaran Agar Siswa Semangat Belajar

Ok, sebelum lebih jauh kita kenali apa saja Tepuk Tangan dan Game Pembuka Pembelajaran, tentunya Bapak/Ibu guru telah mengenal apa itu Ice breaking. Ya tepat sekali bahwa ice breaking adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk melatih konsentrasi, memberikan rasa nyaman serta mengurangi kejenuhan para peserta didik baik di dalam ruang kelas maupun di luar ruang kelas. Ice breaking juga dibutuhkan supaya peserta didik dapat mengenal satu dengan yang lain dimana kegiatan ini akan mencairkan suasana yang kaku.

 Kumpulan Tepuk Tangan dan Games Pembuka Pembelajaran Agar Siswa Semangat Belajar
 Berikut beberapa tepuk dan games pembuka pembelajaran :
1. Awali dengan Tepuk Semangat
    a. Tepuk semangat : (tepuk 3x) ... se... (tepuk 3x) .. ma.. semangat... ; atau
     b. Tepuk semangat : (tepuk 3x) ... hu... (tepuk 3x) .. ha.. (tepuk 3x) .. Asyik ... Asyik ... Joss... 

2. Ucapkan salam dan dilanjutkan dengan Yel-yel Apa Kabar
    Guru : Apa kabar hari ini?
    Siswa : Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat...

3. Tepuk konsentrasi
    Guru : Konsentrasi...
    Siswa : Konsentrasi dimulai ... (diiringi tepuk tangan)

4. Games berhitung dan bernapas (permainan ini mengkombinasikan antara berhitung dan bernapas)
    a. Langkah awal, minta siswa untuk berhitung guru dapat menunjuk siswa secara acak;
    b. Selanjutnya, guru meminta siswa untuk mempraktikan cara menarik napas;
    c. Selanjutnya, dikombinasikan antara kemampuan berhitung dengan bernapas;
    d. Jika sudah, kasih aba-aba ke siswa jika setiap siswa yang hitungannya bilangan genap diganti     dengan gerakan bernapas.
   e. Guru dapat memulai secara acak agar setiap siswa mendapat giliran berhitung;
  f. Bisa juga dijadikan "battle" antar kelompok mana yang paling tinggi capaian hitungannya.
  g. Sehingga pembelajaran anda akan menyenangkan

Demikian informasi terbaru dari blog Kurikulum 2013 Revisi, terkait dengan judul Kumpulan Tepuk Tangan dan Games Pembuka Pembelajaran Agar Siswa Semangat Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel