Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi K13


Sergur id - Selamat datang di blog Pendidikan terbaru, pada kesempatan yang berbahagia ini admin bakal share mengenai Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi K13. Namun sebelumnya, silahkan anda baca terlebih dahulu ulasan berikut ini:


Bimbingan dan konseling (BK) merupakan kegiatan dalam pemberian bantuan kepada peserta didik agar peserta didik dapat memahami, menerima,  mengembangkan  potensinya dengan sebaik baiknya sehingga peserta didik dapat mandiri dalam mengambil keputusan terhadap masalah – masalah yang sedang dihadapi nya.
Selamat datang di blog Pendidikan terbaru Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi K13

Bimbingan dan konseling di sekolah dilaksanakan guru bimbingan dan konseling atau konselor   sebagaimana yang diputuskan Permendikbud No. 111 tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah pasal 1 halaman 3,  menyatakan  bahwa Guru bimbingan dan konseling adalah pendidik yang berkualifikasi akademik minimal Sarjana pendidikan (S-1) dalam bidang bimbingan dan konseling dan memiliki kompetensi di bidang bimbingan dan konseling.

Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, tentu perlu dijalankan sesuai dengan sebaik - baiknya supaya tujuan bimbingan dan konseling dan tujuan pendidikan nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan bisa tercapai.

Dalam upaya tercapai nya tujuan penyelenggaraan pendidikan secara utuh dan optimal, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Tahun 2016 sebelumnya telah menerbitkan Pedoman Bimbingan dan konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebagaimana terdapat dalam lampiran Permendikbud no. 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BK PDPM) serta Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan dan konseling di SMA.

Nah, pada tahun 2018 Direktorat Pembinaan SMA Dikdasmen Kemendikbud juga menerbitkan Naskah Strategi Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum 2013 yang dikemas dalam bentuk Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 2013.

 Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 2013 ini bisa juga menjadi acuan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA. Karena  penduan ini merupakan  penguatan yang bisa menjadi penduan bagi guru bimbingan dan konseling agar lebih memahami konsep dan strategi layanan peminatan; mulai dari pemberian informasi, pengumpulan data, pemilihan dan penetapan peminatan, pendampingan, pengembangan dan penyaluran sampai kepada monitoring dan tindak lanjut.

Adapun isi dari Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 2013 ini diantaranya adalah : kerangka konseptual bimbingan dan konseling, strategi bimbingan dan konseling, serta contoh alternative RPL, analisis, pemetaan dan lain sebegainya. Untuk lebih jelas silahkan downdoad panduan penguatannya dibawah:

Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi K13.Pdf

Demikian informasi terbaru dari blog pendidikan terbaru, terkait dengan Panduan Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi K13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel