Petunjuk Cara Daftar Sertifikasi Guru Daring (Online) Di Sertifikasiguru.Id

sergur 2019 Berikut beberapa informasi seputar PLPG Sertifikasi Guru, mengutip Surat Edaran Sertifikasi Guru PLPG 2016.pdf ,Kondisi saat ini, masih terdapat guru yang belum memiliki sertifikat pendidik sejumlah 555.467 guru, yang terdiri atas 116.770 guru dalam jabatan yang diangkat dalam periode sampai dengan 2005 dan 438.697 guru yang diangkat dalam periode 2006-2015. Terhadap guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dimaksud,

Pemerintah melalui kerjasama antara Kemendikbud, Kemenristek Dikti dan LPTK tetap melanjutkan upaya sertifikasi guru dan tetap akan memberikan bantuan dana bagi guru untuk mengikuti program sertifikasi melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Atas kesepakatan antara Kemendikbud, Kemenristek Dikti dan LPTK Program Sertifikasi Guru Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG) biaya mandiri ditiadakan. Penuntasan pelaksanaan proses sertifikasi, akan dilaksanakan secara bertahap sampai dengan tahun 2019. Penentuan guru sebagai peserta sertifikasi guru dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundangan.

Cek Pengumuman PLPG dan Sertifikat Pendidik
Bapak/ibu guru telah menyelesaikan diklat dan ingin tahu hasil kelulusan sertifikasi guru jalur PLPG tahun 2018/2019 dan ingin segera sertifikasi, caranya cukup mudah berikut kami berikan info tentang cara cek pengumuman PLPG dan Sertifikat Pendidik tahun 2018/2019.

Sebenarnya sistem PLPG maupun PPG terintregrasi atau terhubung secara online ke situs resmi kampus tempat rayon masing-masing LPTK, sebagai salah satu contoh adalah Rayon 107 Universitas Lampung.

Nah untuk Unila maka situs untuk sertifikasi guru adalah http://sertifikasi.fkip.unila.ac.id yang didalamnya bisa cek mengenai pengumuman PLPG dan juga sertifikasi.

Silahkan akses http://sertifikasi.fkip.unila.ac.id lalu cek menggunakan 14 Nomor Peserta PLPG.




Jika telah terbuka silahkan klik tombol cari atau bisa menekan enter dan andapun akan memperoleh hasil pengumuman PLPG atau bisa mengubah ke pencarian sertifikat pendidik yang ada di bawahnya
Petunjuk Cara Daftar Sertifikasi Guru Daring (Online) di SertifikasiGuru.Id
Bagi anda yang merupakan peserta sertifikasi 2018-2019 yang ikut PLPG Daring atau online, tentu wajib buat akun di sertifikasiguru.id namun bingung cara daftarnya? Berikut kami berikan 7 langkah mudah daftar di sertifikasiguru.id

(1). Buka laptop lalu koneksi ke internet dan buka laman resmi di http://sertifikasiguru.id/ nah muncul seperti gambar di bawah ini.
Berikut beberapa informasi seputar PLPG Sertifikasi Guru Petunjuk Cara Daftar Sertifikasi Guru Daring (Online) di SertifikasiGuru.Id

(2). Silahkan klik DAFTAR SEKARANG dan isi formulir dengan data yang benar.
Berikut beberapa informasi seputar PLPG Sertifikasi Guru Petunjuk Cara Daftar Sertifikasi Guru Daring (Online) di SertifikasiGuru.Id

(3). Berikut sedikit penjelasan mengenai formulir pendaftaran Sertifikasi Guru diatas, Nama diisi dengan Nama Lengkap tanpa gelar, lalu masukkan alamat email yang aktif, kemudian klik di Pilih Provinsi lalu tentukan Provinsi tempat Lembaga Sertifikasi Guru dan tunggu beberapa saat baru pilih Negara.

Buat nama pengguna (untuk keperluan login nantinya) jangan lupa juga tentukan password (tidak boleh menggunakan spasi, terdiri dari huruf dan angka) yang mudah diingat oleh bapak/ibu guru.

Di Pilih Peran ada 4 kategori pilihan sertifikasi guru, Pilih sebagai peserta lalu yang terakhir adalah masukkan Kode Akses yang diberikan oleh Lembaga penyelenggara Sertifikasi Guru (Universitas tempat PLPG atau PPG).

(4). Jika isian data lengkap lanjut dengan centang saya setuju (caranya klik di kotak kecil sebelah kiri) lalu klik Daftar sebagai Peserta Baru. Jangan lupa teliti kembali isian formulir, jangan sampai ada yang salah huruf karena salah ketik atau apapun dan pastikan semua data telah benar.

(5). Selanjutnya unggah foto profil dengan ketentuan format harus JPEG atau GIF atau PNG (pilih salah satu) ukuran tidak lebih 1000KB atau 1MB. Jika sudah pilih tombol selesai pendaftaran.

(6). Ketika akun berhasil dibuat, selanjutnya adalah buka Menu Belajar pada Menu Utama di website sertifikasiguru.id

(7). Dan yang terakhir, silahkan unduh bacaan-bacaan setelah buka Daftar Sumber Belajar dan Selamat Belajar.

Silahkan pelajari materi yang ada di web untuk menyelesaikan tugas-tugas PLPG yang diberikan oleh Mentor, Widyaiswara atau Dosen.


Informasi Sertifikasi Guru Pada Website Sertifikasiguru.id
Materi Ujian Sertifikasi
Informasi yang bisa anda dapat seputar sertifikasi guru yang pertama adala informasi tentang materi ujian yang akan anda kerjakan nanti ketika anda melakukan tes atau ujian sertifikasi guru. Materi-materi ini sangatlah penting, mengingat soal yang akan anda kerjakan nantinya ketika ujian sertifikasi guru pasti akan sangat berkaitan erat dengan materi-materi yang ada pada website sertifikasiguru.id ini. Jadi informasi sertifikasi guru pada website ini pastinya akan sangat mempengaruhi hasil akhir anda ketika melakukan sertifikasi.

Tanggal Ujian Sertifikasi
Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting bagi anda yang hendak melaksanakan ujian sertifikasi guru adalah mengetahui tanggal ujian anda. Bayangkan saja jika anda adalah seorang peserta ujian sertifikasi guru namun anda tidak mengetahui kapan ujian tersebut akan dimulai. Kemungkinan besar anda akan melewatkan ujian tersebut bukan ? Dan jika anda melewatkan ujian tersebut anda tidak akan bisa mengikuti ujian sertifikasi yang berdampak tidak lulus nya anda ketika melakukan sertifikasi guru.

Informasi Tentang Kebijakan Peserta
Selanjutnya anda bisa mengetahui apa saja informasi seputar kebijakan untuk peserta yang dibuat oleh panitia penyelenggara ujian sertifikasi guru untuk anda para guru yang hendak mendaftarkan diri mengikuti ujian sertifikasi guru ini. Perlu anda ketahui, agar anda bisa mengikuti sertifikasi guru nantinya anda perlu untuk mengikuti segala peraturan yang dibuat oleh panitia penyelenggara sertifikasi guru ini. Jika anda melewatkan salah satunya, maka panitia ini tidak akan memberi toleransi dan anda bisa gagal untuk mengikuti sertifikasi guru ini.

Lokasi Ujian Sertifikasi Guru
Nah, yang ini tidak kalah pentng dengan tanggal ujian sertifikasi guru yang akan anda kerjakan nantinya. Jika anda sudah mengetahui tanggal ujian anda, maka selanjutnya anda juga perlu untuk mengetahui dimana lokasi anda akan melakukan ujian sertifikasi guru tersebut. Walaupun terkesan sepele namun ada cukup banyak calon peserta sertifikasi guru yang mengabaikan lokasi ini dan menganggapnya menjadi sesuatu yang tidak terlalu penting.
Dampak yang ditimbulkan adalah ketika sudah memasuki hari H-1 banyak dari para peserta yang belum mengetahui secara benar dimana ujian sertifikasi guru tersebut akan diadakan sesuai dengan lokasi yang ditentukan oleh panitia sertifikasi guru. Jadi apapun informasi yang ada pada website sertifikasiguru.id, anda jangan sampai menyepelekan informasi sertifikasi guru yang anda dapat secara keseluruhan dari webste tersebut.

Persiapan Pelaksanaan
Terakhir, anda bisa mengetahui apa saja persiapan pelaksanaan sertifikasi guru ini yang sudah panitia susun sedemikian rupa. Jadi anda bisa mengetaui bagaimana tahapan persiapan pelaksaan tersebut secara transparan.

Daftar Peserta PLPG
Proses Pemilihan Peserta PLPG

Sebagai seorang guru yang telah memiliki gelar sarjana atau PNS dengan golongan minimal III.a tentu saja menantikan proses pemanggilan sertifikasi guru, dan terkadang orang-orang yang lebih dahulu diangkat atau telah bertahun-tahun mengabdi namun belum juga ada panggilan sertifikasi sedangkan ada yang angkatan baru namun sudah duluan ikut PLPG.

Proses sertifikasi guru bisa dilaksanakan dengan 2 jalur, yakni jalur PLPG dan jalur PPGDJ, karenanya sebagai seorang guru kita mesti aktif dalam hal pencarian kabar terbaru sertifikasi guru agar bisa segera ikut PLPG tahun ini.

Aktif mendengar informasi itu merupakan hal yang wajib terutama dari dinas pendidikan di wilayah bapak ibu guru sebab ada kejadian bahwa ada teman yang harusnya telah ikut PLPG namun ternyata tak jadi dikarenakan keterlambatan sertifikasi guru.

Lalu kini yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang berhak memilih peserta sertifikasi guru? Untuk jawabannya mari simak penjelasan berikut.

Akun SIM PKB Guru adalah Kunci Data Online Guru

Setiap guru wajib punya akun SIM PKB, dan data yang ada di SIM PKB terintegrasi dengan dapodik sekolah, dan isi data dari SIM PKB ini merupakan tanggung jawab guru yang bersangkutan meskipun memang lebih banyak akun SIM PKB itu dipegang oleh Operator sekolah.

Di dalam SIM PKB ada rapor guru hasil UKG tahun 2015 lalu, dan setiap guru tentu memiliki nilai yang berbeda, ini berpengaruh terhadap pemanggilan Diklat PLPG untuk sertifikasi guru.

Pemanggilan dilakukan berdasarkan besaran nilai yang diperoleh saat UKG 2015 dulu, oleh karenanya nilai tinggi hasil UKG dulu itu akan menentukan cepat atau tidaknya seorang guru dipanggil untuk mengikuti Diklat PLPG.

Bagi yang memang sudah waktunya pemanggilan maka di akun SIM PKB ada undangan menjadi peserta PLPG, jika tidak artinya belum ada pemanggilan.

Artinya setiap guru harus aktif dan terus cek SIM PKB, agar bila ada informasi tidak ketinggalan. Dan ini menjawab pertanyaan mengenai siapa yang melakukan pemilihan peserta PLPG, yang menentukan adalah pihak Kemdikbud bidang GTK.

Langkah Tepat Daftar Peserta PLPG

Bagi yang memang ingin kepastian mengenai pemanggilan sertifikasi guru melalui jalur PLPGadalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Jalin komunikasi yang baik dengan operator sekolah, bila memang tidak bisa akses SIM PKB sendiri dan membutuhkan jasa operator sekolah.
  2. Penting! Jalin komunikasi yang baik dengan operator dinas pendidikan agar saat ada pemanggilan jalur PLPG bisa langsung diberi tahu.
  3. Terus cari info terupdate mengenai sertifikasi guru.
Demikian informasi terbaru terkait dengan  Petunjuk Cara Daftar Sertifikasi Guru Daring (Online) di SertifikasiGuru.Id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel