Skb Cpns 2018 Kemenkumham Dan Soal Pembahasan Tkb Guru Sd Smp Sma Smk

SKB CPNS 2018 - Setelah dinyatakan lolos PG SKD, pelamar CPNS 2018 memasuki tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB merupakan Seleksi Kompetensi Bidang yang diperuntukkan bagi pelamar CPNS 2018 yang dinyatakan lolos SKD. Pada penentuan kelulusan CPNS 2018, SKB ini memiliki bobot 60 %.

Sedangkan 40 % lainnya didapat dari SKD. Jika gagal dalam tahapan tes SKB maka perjuangan hingga SKD juga dinyatakan gagal. Yang berarti harus mencoba dari awal pada pendaftaran CPNS selanjut nya.
Mengutip Akun Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia @BKNgoid:
"U/ mereka yg belum tes SKD, jgn terdistraksi (again !) dg info ini. Nanti stl SKD, baru baca thread ini. Setuju?
Pertama, u/ CPNS ada 2 jenis jabatan/formasi: Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) & Jabatan Pelaksana (JP). Guru, dokter, apoteker, & hampir 200-an yg lain adalah JFT.
Kedua, u/ JFT biasanya ada Permenpan RB yg menaungi. Contoh: Permenpan RB 6/2014 ttg JF Pranata Humas & Angka Kreditnya. Jika formasi #SobatBKN adalah JFT, soal SKB tak jauh dr Permenpan RB ybs. So, tugas kalian adalah mencari Permenpan RB yg sesuai dg JFT yg dilamar. Materi SKB tak jauh dr situ.
Ketiga. Bagi kalian yg melamar JP (Jabatan Pelaksana), ada Permenpan RB 25/2016 ttg Nomenklatur JP. Dari deskripsi tugas, bisa dibayangkan apa materi SKB kalian.
Contoh JP adalah Analis Kerja Sama, Analis Akuntabilitas Kinerja, dll.
Keempat. Itu kira2 kisi2 SKB. U/ K/L pusat, SKB masih dimungkinkan dg wawancara & kesamaptaan, sesuai dg pengu umuman instansi.
So, happy browsing & jangan terlalu banyak protes.
Let the system works for you."

Seputar SKB CPNS 2018 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

SKB dibagi 3 tes yakni :
  1. Tes Substansi Jabatan;
  2. Tes Penulisan Esai,dan 
  3. Tes Wawancara.
Menurut jadwal, SKB akan dilaksanakan pada 22 November 2018 hingga 28 November 2018.
Masing-masing instansi memiliki kebijakan tersendiri tentang pelaksanaan SKB.

Melalui medsos, Kemenkumham bagikan info terkait SKB. Pasal nya hal-hal tentang SKB CPNS 2018 sudah tercantum dalam pengumuman awal CPNS 2018. Lebih lengkap nya, berikut terkait seputar SKB CPNS 2018 Kemenkumham:
A. Magister, Dokter, Sarjana/S-1/D-IV dan Diploma III/D-III (jenis formasi umum, Cumlaude dan Putra/putri Papua dan Papua Barat)

SKB terdiri dari:
  • Substansi Jabatan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 75 %.
  • Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 25 %.
Khusus pelamar jabatan Pengelola Teknologi Informasi, SKB terdiri dari:
  • Praktik Komputer bobot 40 %
  • Wawancara Pengamatan Fisi dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 40 %
  • Bahasa Inggris menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 20 %
Khusus pelamar Jabatan Dosen, SKB terdiri dari:
  • Praktik mengajar dengan bobor 40 %
  • Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 40 %
  • Bahasa Inggris menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 20 %
  
B. Diploma III dan Sarjana/S-1 (jenis formasi penyandang disabilitas):
  • Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 25 persen.
 Khusus pelamar jabatan Pengelola Teknologi Informasi, SKB terdiri dari:
  • Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 40 %
  • Bahasa Inggris menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 20 %
  
C. Tahapan Seleksi SLTA/Sederajat (Jenis Formasi Umum dan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat)
SKB terdiri dari:
  • Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) dengan bobot 40 persen.
  
Tahapan seleksi CPNS 2018 selengkapnya bisa dilihat di link berikut (halaman 13):

Menurut jadwal seleksi yang dirilis Kemenkumham, SKB diselenggarakan pada 8 November 2018 hingga 23 November 2018. Sedangkan pengumuman kelulusan akhir diumumkan pada 29 November 2018 yang kemudian dilanjutkan tahap akhir yakni pemberkasan.
 

SOAL DAN PEMBAHASAN TKB CPNS 2018 GURU SD SMP SMA SMK 

Kisi-kisi Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK.  Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB – TKB) merupakan suatu tes yang dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Biasanya Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB - TKB) ini sangat beragam dan disesuaikan dengan bidang atau jurusan masing-masing, jadi setiap peserta ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes SKB - TKB yang sama.

Bagiamana jenis-Jenis Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB - TKB)? Sebagaimana diketahui  bahwa  SKB atau TKB merupakan tes tersendiri dan spesifik (khusus), maka tes ini juga memiliki ragam/jenis yang sangat bervariasi, seperti SKB  Bidang Pendidikan (Seperti  Soal Tes SKB - TKB Guru kelas untuk Guru SD dan TK, Soal Tes SKB - TKB Guru Mata Pelajaran untuk  Guru SMP SMA SMK,  SKB Bidang Kesehatan (Misalnya SKB untuk Perawat, SKB untuk Bidang, dll), SKB Agama, SKB Hukum dan masih banyak lagi.

Apakah ada pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk kelas (SD / TK) dan guru mata pelajaran (Guru SMP SMA SMK)? Berdasarkan informasi yang admin terima bagi pelamar umum guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik pada sebagian PEMDA menyatakan tidak perlu SKB. Namun bagi Calon peserta seleksi CPNS guru yang belum memiliki sertifikat pendidik wajib mengikuti mengikuti SKB - TKB Guru Kelas Untuk jenjang TK dan SD) atau SKB - TKB Guru mata Pelajaran untuk jenjang SLTA (SMA MA SMK Sederajat).

Jadi Jika peserta Seleksi CPNS guru SD SMP SMA SMK yang belum memiliki sertifikat profesi harus mengikui SKB TKB Guru Kelas untuk SD, dan SKB TKB Guru mata pelajaran untuk guru SMP SMA SMK.  Maka berdasarkan prediksi  Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB – TKB) Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran tidak akan jauh dari soal Uji Kompetensi Guru (UKG). Soal-soal SKB Guru mata pelajaran tentu tidak akan lepas dari 4 jenis kompetensi guru yang dipersyaratkan yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Jadi jang lupa Anda mempelajari Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran baik guru SMP SMA SMK atau sederjat


Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Secara rinci setiap elemen kepribadian tersebut dapat dijabarkan menjadi sub kompetensi dan indikator esensial sebagai berikut: a) Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil. b) Memiliki kepribadian yang dewasa.. c) Memiliki kepribadian yang arif. d) Memiliki kepribadian yang berwibawa. e) Memiliki akhlak mulia dan dapat menjadi teladan.

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Secara substantif kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi professional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum matapelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru.

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada. Sedangkan Kompetensi sosial berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Untuk menghadapi seleksi CPNS 2018, ada baiknya Calon Guru mempelajari Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK.. Berikut ini Link Contoh Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Kelas dan Contoh Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran (Guru SMP SMA SMK.



Demikian informasi tentang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK.atau Contoh Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru mata pelajaran. Terima kasih, semoga dapat membantu.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel