Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi

Berikut ini adalah berkas mengenai Pemaparan tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal berkaitan dengan Kurikulum 2013 yang mengedepankan Pendidikan Karakter dan menumbuhkan Literasi anak didik di Sekolah. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint.

Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi
Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi

Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas paparan mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi:

Indikator K13

Komponen Lulusan
  1. Kompetensi Pengetahuan
  2. Kompetensi Keterampilan

Proses Pembelajaran
  1. Permasalahan sikap
  2. Kekerasan
  3. Keterampilan
  4. Sumber Informasi
  5. Teknologi
  6. Aktivitas siswa saat Pembelajaran
  7. Metode
  8. Media
  9. Sumber 
  10. Aktivitas guru menutup pembelajaran
  11. Teknik Penilaian keterampilan
  12. Tindak Lanjut Hasil Penilaian
  13. Aktivitas
  14. Prestasi
  15. Karakteristik Kompetensi Sikap
  16. Lingkup Pengembangan
  17. Aktivitas Guru membuka Pembelajaran
  18. Kegiatan Guru pada saat Pembelajaran
  19. Aspek dan perangkat penilaian otentik
  20. Pemanfaatn hasil penilaian otentik
  21. Teknik Penilaian sikap
  22. Teknik Penilaian pengetahuan

Manajemen Sekolah
  1. Muatan Lokal
  2. Perangkat Kurikulum
  3. Unsur Pemangku Kepentingan
  4. Komponen KTSP
  5. Ekstrakurikuler
  6. Komponen Silabus
  7. Bentuk RPP
  8. Waktu Pemeriksaan
  9. Komponen RPP
  10. Tahapan RPP
  11. Pola Penyusunan RPP
  12. Pihak yang mengawasi
  13. Bentuk dokumen pengawasan
  14. Periode pengawasan
  15. Tindak lanjut hasil pengawasan
  16. Langkah Penilaian proses dan hasil belajar
  17. Cakupan teknik penilaian
  18. Pertimbangan penentuan KKM
  19. Waktu penyampaian laporan hasil evaluasi
  20. Waktu penyampaian laporan hasil ujian
  21. Waktu penyampaian rekapitulasi laporan hasil ujian
  22. Pihak yang terlibat perencanaan
  23. Pihak yang disosialisasikan
  24. Periode evaluasi dokumen perencanaan
  25. Dasar perumusan dan penetapan arah dan kebijakan sekolah
  26. Cakupan dalam rencana kerja tahunan sekolah
  27. Pedoman di sekolah
  28. Waktu evaluasi pedoman sekolah

Indikator Literasi

KELOMPOK INDIKATOR: KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR:
  • Siswa gemar membaca dan mengakses berbagai sumber bacaan
  • Siswa mampu membaca cepat dan membuat intisari dari bacaan
  • Siswa gemar menulis catatan harian, catatan pelajaran, artikel, puisi, buku, dan lainnya
  • Siswa membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudah dipahami
  • Siswa rajin mengunjungi perpustakaan, area baca sekolah dan pojok baca kelas
  • Siswa menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
  • Siswa berprestasi dalam berbagai keterampilan yang ditunjukkan melalui kegiatan debat, menyanyi, olahraga dan lainnya
  • Siswa memiliki keterampilan berpikir dan bertindak produktif

KELOMPOK INDIKATOR: PROSES PEMBELAJARAN
INDIKATOR:
  • Siswa melakukan berbagai aktivitas literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
  • Siswa melakukan kegiatan pengubahan moda dan meghasilkan teks multimoda
  • Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan menjadi teladan membaca (mengajak dan ikut membaca, sekurang-kurangnya saat kegiatan 15 menit membaca sebelum kegiatan pembelajaran)
  • Guru menggunakan berbagai sumber belajar
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  • Guru mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya untuk memahami topik pembelajaran
  • Guru mengaitkan kompetensi yang sudah dipelajari dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
  • Guru mendorong siswa untuk melakukan prediksi tentang topik pembelajaran
  • Guru melakukan berbagai aktivitas literasi multimoda dalam kegiatan pembelajaran
  • Guru mendiskusikan kata sulit, kata baru, dan kata kunci untuk mengungkap makna
  • Guru menggunakan berbagai pengatur grafis dalam pembelajaran
  • Guru menggunakan beragam metode pembelajaran
  • Guru menggunakan beragam media pembelajaran
  • Guru melaksanakan berbagai aktivitas menutup pembelajaran
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses berpikir, proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
  • Penggunaan berbagai variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru

KELOMPOK INDIKATOR: MANAJEMEN SEKOLAH
INDIKATOR:
  • Sekolah memiliki pojok baca kelas dan area baca
  • Sekolah memiliki tim yang menggerakkan literasi (merupakan bagian dari TPMPS)
  • Sekolah memberi penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan berliterasi
  • Sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler

Indikator PPK

Komponen Lulusan:
Komite sekolah sebagai badan gotong royong dan partisipasi masyarakat berperan aktif dalam mendukung program PPK

Proses Pembelajaran
  • Penggunaan berbagai variasi metode pembelajaran dengan fokus menguatkan 5 nilai utama PPK oleh guru
  • Pengembangan budaya belajar yang menumbuhkan keterampilan abad 21 (berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi)
  • Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) setiap hari
  • Pemanfaatan TIK dan lingkungan sekitar sebagai sumber-sumber belajar oleh guru
  • Setiap Guru memahami dan aktif membantu setiap peserta didik untuk mengaktualisasikan bakat dan potensi yang dimiliki

Manajemen Sekolah
  • Pengembangan Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)
  • Pengembangan peran guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar
  • Pembiasaan nilai-nilai utama PPK dalam keseharian secara rutin (Upacara, kegiatan literasi, menyanyikan lagu Kebangsaan, Lagu Nasional/Daerah, berdoa bersama, dsb)
  • Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)
  • Pilihan ekstrakurikuler yang beragam untuk menumbuhkan nilai-nilai utama PPK
  • Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang aman dan menyenangkan
  • Pengembangan potensi peserta didik melalui keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari
  • Pembentukan Tim Pelaksana PPK di sekolah oleh Kepala Sekolah
  • Pemanfaatan papan sekolah aman, poster, spanduk, website, buletin, mading yang mengkampanyekan pembiasaan PPK
  • Sinkronisasi dan pembiasaan baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler
  • Pengembangan program PPK secara harmonis dan seimbang antara olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga
  • Pengembangan kerjasama dengan keluarga (orang tua) dalam mendukung PPK
  • Pengembangan kerjasama masyarakat (alumni, tokoh komunitas, pelaku seni dan budaya, praktisi, akademisi, DUDI, media, lembaga pemerintahan) dalam mendukung PPK

    Download Berkas Paparan Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi



    Download File:
    Download Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi.pptx
    Sumber: https://www.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file mengenai Integrasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Literasi. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel