Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun

Arsip Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun. Download file format PDF.

Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun

Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun

Berikut ini kutipan teks keterangan mengenai berkas Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun:

Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Menindaklanjuti Instruksi Presiden No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadikan Inpres tersebut sebagai momentum untuk meletakkan fundamental pendidikan kejuruan di Indonesia. Inpres tersebut juga telah memberikan penegasan akan pentingnya Sekolah Menengah Kejuruan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkarakter agar dapat mengisi ruang-ruang pembangunan dan mendorong percepatan kemajuan Indonesia. Melalui Revitalisasi SMK diharapkan dapat menciptakan generasi penduduk usia produktif yang memiliki kompetensi keterampilan atau keahlian siap pakai yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri. Dengan mencetak generasi yang unggul dan produktif nantinya diharapkan dapat memastikan tujuan pembangunan nasional yang berkelanjutan dapat tercapai.

Selain berpacu dalam meningkatkan kualitas peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik, karena ini juga menjadi pondasi untuk kualitas pendidikan kejuruan yang baik. Melalui Revitalisasi ini kita harus bisa menuntaskan apa yang diamanatkan oleh pemerintah yaitu membalik piramida kualifikasi tenaga kerja yang saat ini mayoritas berpendidikan SD dan SMP menjadi tenaga kerja yang terdidik dan terampil dan berdaya saing tinggi melalui Sekolah Menengah Kejuruan.

Revitalisasi SMK ini dapat dijadikan salah satu solusi untuk mencetak peserta didik yang modern, bermartabat, inovatif, dan kreatif. Saya sangat mengapresiasi buku ini yang sudah menjelaskan tentang bagaimana Revitalisasi SMK yang sudah dilakukan dengan langkah nyata dan ditandai dengan progres yang baik dari upaya merevitalisasi SMK tersebut. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi dalam upaya peningkatan kualitas bagi Sekolah Menengah Kejuruan khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini berisi antara lain:
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Pengertian, Tujuan SKL, Ruang Lingkup SKL, Kaitan SKL dan Hasil Belajar, Monitoring dan Evaluasi, Hasil Kajian dan Pembahasan, Capaian Standar Kompetensi Lulusan menurut KS dan Guru, Pencapaian SKL pada setiap kompetensi keahlian, Pencapaian SKL pada setiap aspek Kompetensi Lulusan, Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Kerja dalam Prakerin, Sertifikasi Kompetensi Lulusan.

STANDAR ISI; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil Kajian dan Pembahasan.

STANDAR PROSES; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Kajian Yuridis, Kajian Filosofis, Kebijakan Revitalisasi SMK, Hasil Kajian dan Pembahasan, Evaluasi Proses Pembelajaran, Evaluasi Praktik Kerja Lapangan, Pembelajaran Melalui Teaching Factory.

STANDAR PENILAIAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Penilaian Oleh Pendidik, Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, Hasil Kajian Dan Pembahasan.

STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil Kajian dan Pembahasan, Menurut Kepala Sekolah & Responden Kepala Sekolah, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Guru, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Peserta Didik.

STANDAR SARANA DAN PRASARANA; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Pelibatan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Praktik Peserta Didik, Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Magang Kerja, Penyelarasan Kurikulum, Hasil Kajian dan Pembahasan.

STANDAR PEMBIAYAAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil Kajian dan Pembahasan.

    Download Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:




    Download File:
    Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun.pdf

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel