Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun
7/26/2019
Arsip Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun. Download file format PDF.  
![]()  | 
| Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun | 
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun
Berikut ini kutipan teks keterangan mengenai berkas Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun:
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Menindaklanjuti Instruksi Presiden No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan,  Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan telah  menjadikan Inpres tersebut sebagai momentum untuk  meletakkan fundamental pendidikan kejuruan di Indonesia. Inpres tersebut juga  telah memberikan penegasan akan  pentingnya Sekolah Menengah Kejuruan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berkarakter agar  dapat mengisi ruang-ruang pembangunan dan mendorong percepatan  kemajuan Indonesia. Melalui  Revitalisasi SMK diharapkan dapat  menciptakan generasi penduduk usia   produktif yang  memiliki kompetensi keterampilan atau keahlian siap pakai yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri. Dengan mencetak generasi yang unggul dan produktif nantinya diharapkan dapat memastikan tujuan pembangunan nasional yang berkelanjutan dapat tercapai.
Selain  berpacu dalam meningkatkan kualitas peserta didik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik,  karena ini juga  menjadi pondasi untuk  kualitas pendidikan kejuruan yang baik. Melalui Revitalisasi ini kita harus bisa  menuntaskan apa  yang diamanatkan oleh pemerintah yaitu membalik piramida kualifikasi  tenaga kerja  yang  saat ini mayoritas berpendidikan SD dan SMP menjadi tenaga kerja yang terdidik dan terampil dan berdaya saing tinggi melalui  Sekolah Menengah Kejuruan.
Revitalisasi SMK ini dapat dijadikan salah satu solusi untuk  mencetak peserta didik yang  modern, bermartabat, inovatif, dan  kreatif.  Saya  sangat mengapresiasi buku ini yang sudah menjelaskan tentang bagaimana Revitalisasi SMK yang sudah dilakukan dengan langkah nyata dan ditandai dengan progres yang baik dari upaya merevitalisasi SMK tersebut. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan  menjadi referensi dalam upaya peningkatan kualitas bagi  Sekolah Menengah Kejuruan  khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini berisi antara lain:
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Pengertian, Tujuan SKL, Ruang Lingkup SKL, Kaitan SKL dan Hasil  Belajar, Monitoring dan Evaluasi, Hasil  Kajian dan Pembahasan, Capaian Standar Kompetensi Lulusan menurut KS dan Guru, Pencapaian SKL pada setiap kompetensi keahlian, Pencapaian SKL pada setiap aspek Kompetensi Lulusan, Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Kerja dalam Prakerin, Sertifikasi Kompetensi Lulusan.
STANDAR  ISI; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil  Kajian dan Pembahasan.
STANDAR  PROSES; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Kajian Yuridis, Kajian Filosofis, Kebijakan Revitalisasi SMK, Hasil  Kajian dan Pembahasan, Evaluasi Proses Pembelajaran, Evaluasi Praktik Kerja Lapangan, Pembelajaran Melalui Teaching Factory.
STANDAR  PENILAIAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Penilaian Oleh Pendidik, Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, Penilaian Hasil  Belajar oleh Pemerintah, Hasil  Kajian Dan  Pembahasan.
STANDAR  PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil  Kajian dan Pembahasan, Menurut Kepala Sekolah  & Responden Kepala Sekolah, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Guru, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menurut Peserta Didik.
STANDAR  SARANA DAN PRASARANA; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Pelibatan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Praktik Peserta Didik, Dunia Usaha dan Industri sebagai Tempat Magang Kerja, Penyelarasan Kurikulum, Hasil  Kajian dan Pembahasan.
STANDAR  PEMBIAYAAN; Pendahuluan, Standar dan Peraturan, Hasil  Kajian dan Pembahasan.
Download Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:      
Download File:
Buku Pedoman Teknis Evaluasi Tata Kelola Kelembagaan dan Pembelajaran SMK 3 Tahun.pdf
