Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini adalah berkas Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Download file format .pdf.

Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Keterangan:
Di bawah ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Tentang Buku Siswa
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan beberapa kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Kegiatan pada minggu terakhir ini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Struktur penulisan buku diusahakan semaksimal mungkin dapat memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Menulis, Ayo Berkreasi, dan Ayo Bernyanyi.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kegiatan untuk orang tua yang berjudul Kerjasama dengan Orang Tua. Kegiatan ini berisi, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  10. Guru dan siswa dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada siswa terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
  11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  12. Pada beberapa bagian dalam buku siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

Selengkapnya silahkan lihat atau download berkas Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 di bawah ini.

File Preview:

Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018



Download:
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 6 BS Cover.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 6 BS.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 7 BS Cover.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 7 BS.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 8 BS Cover.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 8 BS.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 9 BS Cover.pdf
Buku Siswa Kelas VI (6) Semester 2 Tema 9 BS.pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel