RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9

Berikut ini adalah arsip berkas RPP Kelas VI (6) SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9. Download file dalam format .docx Microsoft Word.

RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9
RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9

RPP Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9

Berikut ini kutipan teks dari salah satu berkas contoh RPP:

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia 
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan

1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya

2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia 

3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

3.1.1 Mengumpulkan informasi penting dari teks laporan investigsi tentang campuran dan larutan

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.1.1 Menulis teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan

IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan

3.4.1 Membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan

4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari

4.1.1 Melaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan

IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik

1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusi dan lingkungannya

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi 

3.5.1 Menjelaskan pengaruh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)

4.5.1 Mengomunikasikan pengarunh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat dengan benar.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
  • Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan dengan menunjukkan sikap peduli.
  • Setelah melakukan percobaan dan berdiskusi, siswa mampu membuat laporan secara tertulis untuk hasil percobaan tentang campuran dan larutan dengan benar.
  • Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan percobaan dengan menggunakan kalimat efektif dan kata baku.

E. MATERI PEMBELAJARAN
  • Eksplorasi untuk membedakan campuran dan larutan
  • Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan.
  • Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat

F. METODE PEMBELAJARAN 
  • Pendekatan: Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas RPP Kelas VI (6) SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9 ini silahkan lihat dan download file pada link di bawah ini:

Download File:
RPP K13 Kelas VI (6) SD/MI Tema 6 - Menuju Masyarakat Sehat.doc
RPP K13 Kelas VI (6) SD/MI Tema 7 - Kepemimpinan.doc
RPP K13 Kelas VI (6) SD/MI Tema 8 - Bumiku.docx
RPP K13 Kelas VI (6) SD/MI Tema 9 - Menjelajah Angkasa Luar.doc

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file RPP Kelas VI (6) SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 Tema 6 7 8 9. Semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel