Soal Pembahasan Skb Guru

Soal SKB Guru CPNS 2018 - Berikut beberapa latihan soal prediksi TKB GURU Kelas Sekolah Dasar, mata pelajaran baik guru olahraga, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll.

Baik, sebelumnya admin ucapkan selamat kepada anda yang telah masuk kedalam daftar nama-nama peserta SKB CPNS 2018.

1. Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
A. pada saat seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi sampai tua. 
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar

Pembahasan : B. dari bayi sampai tua. Karena manusia mengalami proses belajar sepanjang hayat.

2. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.

Pembahasan: A. Clasical conditioning dari Pavlov. Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya adalah extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.

3. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ...
A. insight.
B. kognitif. 
C. conditioning.
D. connectionism

Pembahasan: Karena dengan membangun prinsip-prinsip belajarnya secara ilmiah, maka akan dihasilkan suatu prosedur yang dapat diterapkan dalam kelas untuk mendapatkan hasil yang produktif.

4. Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu disebut .....
A. Silabus
B. RPP
C. Kurikulum
D. Standar Isi
E. Standar nasional pendidikan

5. Sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia adalah .....
A. Kurikulm Berbasis Kompetensi (KBK)
B. Kurikulum Berkesinambungan
C. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Kurikulum 1999
E. Kurikulum 2004

6. Penyusunan KTSP harus mengacu pada .....
A. Standar Isi dan Standar kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi Lulusan Peserta didik
C. Silabus
D. RPP
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)

7. Kriteria atau acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian Minimal hasil belajar peserta didik dinamakan .....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batas Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Nilai Kentuntasan Minimal
E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

8. Istilah pedagogik berasal dari bahasa Yunani yaitu .....
A. Pedagogie
B. pedagogos
C. Pedago dan logos
D. Pedagogics
E. Peudae dan logos

9. Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kompetensi dasar tertentu disebut .....
A. Kemampuan peserta didik
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kecakapan hidup
E. Kompetensi lulusan

10. Suatu strategi pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu tugas pembelajaran dinamakan .....
A. Pendekatan hierarkis
B. Pendekatan spiral
C. Pendekatan terjala
D. Pendekatan berkesinambungan
E. Pendekatan prosedural

11. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik disebut ....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif

12. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa disebut......
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi lulusan
E. Kecakapan hidup (life skill)

13. Badan mandiri dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan adalah ....
A. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
B. Badan Kurikulum Nasional
C. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
D. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan
E. Direktorat Pendidikan Nasional

14. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kecuali .....
A. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus

15. Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Keahlian

16. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut kecuali .....
A. Identitas mata pelajaran
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. Presensi peserta didik
E. kegiatan pembelajaran

17. Yang tidak termasuk aspek kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) adalah ......
A. Mengenal karakteristik peserta didik
B. Menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran
C. Mampu mengembangkan kurikulum
D. Mampu menciptakan RPP yang berbeda minimal 5 buah setiap minggunya
E. Mengembangkan potensi peserta didik

18. Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan .......
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
B. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2007
C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2007
E. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2007

19. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru adalah sebagai berikut kecuali .....
A. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
B. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
C. Mengenal latar belakang peserta didik untuk menunjang proses KBM
D. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
E. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran

20. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 mengatur tentang .....
A. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
B. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
C. Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
D. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
E. Standar isi

21. Berikut ini adalah beberapa cara inovatif pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, kecuali ....
A. SD keall pada daerah terpencil
B. Sistem guru kunjung
C. SMP Terbuka (isosa –in school out off school approach)
D. Kejar PAKET A dan B
E. membangun gedung sekolah seperti SD inpres dan atau ruangan belajar

22. Hal berikut merupakan masalah efisiensi pendidikan yang penting, kecuali ...
A. Bagaimana tenaga pendidikan difungsikan
B. Bagaimana prasarana dan sarana pendidikan digunakan
C. Mengapa masih banyak siswa yang belum berkompeten 
D. Bagaimana pendidikan diselenggarakan
E. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga

23. Masalah-masalah makro yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya masalah pendidikan adalah sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali .....
A. Perkembangan IPTEK dan seni
B. Laju pertumbuhan penduduk
C. Aspirasi masyarakat
D. Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
E. Gerakan perluasan pendidikan

24. Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru berkenaan dengan efisiensi pendidikan, antara lain sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali ....
A. Tidak terselesaikannya seluruh bahan kurikulum dalam pembelajaran karena keterbatasan waktu B. Belum oftimalnya penggunaan media dan sumber belajar
C. Kurangnya pemberian perhatian, pengakuan, penguatan (reinforcement, reward) kepada murid yang kurang pandai
D. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran
E. Kurang memiliki sarana dan prsarana pendidikan yang memadai

25. Salah satu masalah pokok pendidikan di Indonesia adalah Elitisme. Contoh dari elitisme adalah ... A. Lembaga pendidikan dibentuk berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman
B. Kepincangan pemberian subsidi
C. Alat bantu proses belajar mengajar belum memadai
D. Biaya pendidikan yang mahal membuat siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan
E. Tidak meratanya lulusan yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan

26. Tidak adanya kesesuaian antara output (lulusan) pendidikan dengan tuntutan perkembangan ekonomi dapat diatasi dengan .....
A. Membuat kurikulum baru sesuai karakter orang Indonesia
B. Meningkatkan anggaran untuk pendidikan
C. Meningkatkan efisiensi pendidikan
D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman 
E. Menekankan pentingnya sekolah

27. Dalam mengatasi meningkatnya angka putus sekolah, hal yang bisa dilakukan antara lain.....
A. Meningkatkan subsidi untuk pendidikan menengah dan tinggi 
B. Menggratiskan semua jenjang pendidikan untuk warga miskin
C. Mencukupi fasilitas pembelajaran sesuai standar minimal pendidikan.
D. Refungsi dan restrukturisasi LPTK menuju spesialisasi guru setingkat master
E. Menghapuskan segala ‘pungutan’ di sekolah yang tidak ada korelasi dengan peningkatan mutu pendidikan

28. Berikut ini merupakan permasalahan pendidikan yang mendasar kecuali  ....
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurangnya minat masyarakat akan pendidikan 
D. Kurangnya fasilitas pendidikan
E. Diskriminasi status guru

29. Menyikapi permasalahan mengenai profesionalisme guru yang dirasa kurang, maka tindakan yang harus dilakukan adalah ...
A. Memberikan otoritas kepada guru dalam melaksanakan profesinya
B. Meningkatkan gaji dan atau insentif untuk guru yang dilakukan baik pemerintah pusat maupun daerah
C. Melakukan redistribusi berdasarkan kebutuhan daerah dengan memberikan insentif yang sesuai dengan kondisi geografis
D. Menghapuskan diskriminasi status guru PNS, swasta, honorer, kontrak, bantu, sukarelawan dengan membangun sistem manajemen guru dalam satu kesatuan yang tidak diskriminatif
E. Memberikan kebebasan kepada guru untuk berserikat, menyatakan pendapat, dan menjamin peranserta guru dalam pemberantasan KKN, khususnya pemberantasan korupsi dana pendidikan

30. Pro kontra mengenai tes keperawanan dalam seleksi masuk sekolah yang menuai banyak kecaman dan beredar belum lama ini digagas oleh ....
A. Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan 
B. Dinas Pendidikan Kota Depok
C. Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jawa barat
D. Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
E. Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Sumut

31. Contoh-contoh permasalahan yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi mutu pendidikan, antara lain .....
A. Perkiraan yang tidak tepat terhadap inovasi
B. Belum meratanya kemampuan hasil belajar diantara siswa di dalam kelas 
C. Konflik antar siswa dan motivasi yang kurang sehat
D. Kurang adanya hubungan sosial dan publikasi
E. Lemahnya berbagai faktor penunjang sehingga mengakibatkan tidak berkembangnya inovasi pembelajaran

32. Yang termasuk kewajiban seorang dosen adalah ......
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik

33. Berikut ini adalah hak seorang dosen, kecuali  .....
A. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, akses sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
B. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
C. Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi/organisasi keilmuan
D. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja
E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran 

34. Pengembangan muatan lokal untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK perlu memperhatikan beberapa prinsip pengembangan sebagai berikut kecuali  .....
A. Utuh
B. Objektif 
C. Kontekstual
D. Apresiatif
E. Fleksibel

35. Inspektorat Jenderal Departemen melakukan audit kinerja terhadap lembaga-lembaga berikut kecuali ......
A. Instansi Kepala Sekolah 
B. Kantor Pusat Unit Utama Departemen
C. LPMP
D. BSNP
E. BAN-PT

36. Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah .......
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif 

37. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk melihat pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran meliputi hal berikut,  kecuali .....
A. menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan memperhatikan peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik
B. mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas C. menentukan kriteria kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket melalui rapat dewwan pendidik
D. menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus UN
E. menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian awal semester 

38. Pada Juli 2013 lalu Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat menyatakan bahwa Kemenag akan memprioritaskan 4 kebijakan pendidikan pada 2014. Berikut kebijakan tersebut, kecuali .....
A. Pendidikan Menengah Universal (PMU)
B. Jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berbasis internasional
C. implementasi kurikulum 2013
D. alokasi bantuan siswa miskin
E. membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) baru di beberapa provinsi

39. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 menyertakan 5 lampiran yang memuat tentang beberapa pedoman yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu kecuali ....
A. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
B. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
C. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
D. Pedoman Umum Pembelajaran
E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 

40. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen sesuai UU guru dan Dosen adalah sebagai berikut kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia
C. Mampu mengenal karakteristik setiap mahasiswa di perguruan tinggi 
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas

41. Guru diharus memiliki kemampuan berfikir yang tidak kaku dan mudah disesuaikan dengan tuntutan situasi yang dihadapi, berarti sikap guru harus memilki ….
A. keluwesan kogenitif 
B. keterbukaan psikologis
C. keajegan spiritual
D. pribadi sebagi pemimpin

Pembahasan : A. keluwesan kogenitif. Karena bila dalam menghadapi situasi baru akan berfikir kritis dan kreatif

42. Salah satu bentuk kompetensi kogentif Guru diantaranya ….
A. menjelaskan konsep faktual 
B. memberikan contoh perilaku
C. memberikan contoh gerak dasar
D. memiliki rasa kasih sayang

Pembahasan : A. menjelaskan konsep faktual karena hal tersebut berhubungan dengan pengetahuan

43. Dengan diberikan berbagi bentuk permainan kubus, segitiga, dan silinder, anak bisa memilih dan mencocokkan gambar-gambar yang ada di dalam sebuah program komputer. Kegiatan seperti ini dapat diartikan sebagai aktivitas bermain yang melibatkan....

A. seluruh tubuh dan pikiran 
B. belajar adalah proses penciptaan
C. belajar adalah proses yang terjadi secara simultan
D. proses belajar akan terjadi bila seseorang melakukan sebuah aktivitas

Pembahasan: A. seluruh tubuh dan pikiran.
aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik dan mental, yaitu belajar sambil melakukan sesuatu. 
  • belajar adalah proses penciptaan pengetahuan dalam diri individu. 
  • belajar adalah proses yang terjadi secara simultan, salah karena, informasi dan pengetahuan yang diperoleh terjadi secara holistik. 
  • proses belajar akan terjadi bila seseorang melakukan sebuah aktivitas, salah karena, hasil belajarnya hanya sebuah aktivitas bermain dan belajar. 

44. Dikala seorang siswa mengatakan”Saya tidak bisa Pak”. Yang paling tepat tindakan guru agar anak mau melakukan latihannya, yaitu dengan cara ....
A. membandingkan dengan temannya 
B. memberi hukuman dengan tugas gerak yang lebih berat
C. memarahi dengan kata cemoohan
D. disuruh untuk berhenti latihan

Pembahasan : A. membandingkan dengan temannya. 
karena dengan cara ini siswa tersebut akan termotivasi, tidak mau kalah oleh temannya 

45. Dalam teknik pemecahan masalah verbal, seorang guru bertanya, “apakah ada jawaban lain yang lebih tepat?” Teknik tersebut termasuk ....
A. mengemukakan jawaban masalah
B. reaksi terhadap jawaban
C. latihan pengulangan
D. diskusi pemecahan masalah

Pembahasan: B. reaksi terhadap jawaban yang salah karena prakteknya, guru harus menunjukan sikap positif, tidak langsung memvonis salah

45. Guru mengawasi aktivitas belajar semua siswa dalam pembelajaran penjas, termasuk strategi pembinaan yang dinamakan ....
A. pengamatan menyeluruh 
B. terabaikan yang bersifat selektif
C. keterlibatan langsung
D. strategi penanganan dari dekat

Pembahasan: A. pengamatan dan pengawasan tertuju pada siswa secara langsung dan menyeluruh

46. Pada saat di kelas, anak suka bercakap dengan temannya ketika guru mengajar. Peristiwa tersebut termasuk tahap perkembangan afektif menurut Masser, pada tingkat....
A. tak bertanggung jawab
B. pengendalian diri
C. tanggungjawab pribadi
D. keterlibatan

 Pembahasan: A. tak bertanggung jawab karena anak tidak akan bisa dan bertanggungjawab atas perbuatannya.

47. Cara penerapan disiplin yang diterapkan Carter, yaitu bila siswa melakukan pelanggaran pertama maka dihukum dengan ....
A. orang tuanya dipanggil
B. dipanggil kepala sekolah
C. siswanya diperingati 
D. siswa dikucilkan selama 10 menit

Pembahasan: C. siswanya diperingati karena cara ini merupakan pelanggaran yang paling ringan dan dilakukan yang pertama  


48. Pembelajaran yang berorientasi pada proses belajar rangkaian, seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk ...
(1). melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa terputus.
(2). mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
(3). mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.

Pembahasan : A. Jika (1) dan (2) yang benar Jawaban yang benar adalah 1 dan 2. Karena dengan mengurutkan kegiatan dan mengulang kegiatan tanpa terputus dan tepat, akan membuat siswa mudah mengingatnya. 

49. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Pembahasan : B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan. Karena dengan memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif 

50. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi. 
C. saling percaya
D. saling memahami.

Pembahasan: B. bertukar informasi. Karena dengan mengerjakan tugas bersama, siswa dapat berbagi informasi dan saling mengoreksi, bahkan berperan sebagai tutor sebaya untuk temannya.

Demikian  Soal Pembahasan SKB GURU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel