Contoh Kisi-Kisi, Kartu Soal Uraian Dan Pilihan Ganda Pembuatan Soal Hots K13
3/10/2019
Kurikulum 2013 K13 - Bapak/Ibu guru Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar (SD), Guru mata pelajaran SMP, serta guru Mapel SMA/SMK. Selamat datang kembali di blog Pendidikan terbaru, terkait dengan Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13.
kata kunci :
Nah, sebelum anda melihat lebih lanjut tentang Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13. Terlebih dahulu memahami KATA KERJA RANAH KOGNITIF (Cl – C6)
CONTOH KATA KERJA RANAH KOGNITIF (Cl – C6)
- Pengetahuan (Cl):Mengutip, Menyebutkan, Menelusuri, Menggambar, Menggambar, Membilang, Mengidentiflkasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indek, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadap, Menghafal, Menulis, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode
- Pemahaman (C2):Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan, Mencirikan, Merinci, i Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontrasikan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan;
- Penerapan (C3):Menugaskan, Mengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan, Melaksanakan, Meramalkan, Memproduksi, Memproses, Mengaitkan, Mensuimulasikan, Memecahkan, Mel.akukan, Mentabulasi, Menyusun, Memproses, Meramalkan;
- Analisis (C4):Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Memerinci, Menominasikan, Mendiagramkan, Mengkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah, Memaksimalkan, Memerintahkan, Mengedit, Mengaitkan, Memilih, Mengukur, Melatih, Mentransfer
- Sintesis (C5):
Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan, Mengkode, Mengkombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi, Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan, Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatasi, Mereparasi, Menampilkan, Menyiapkan, Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi;
- Penilaian (C6):Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang, Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan.
Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berkir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:
- Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge) Adalah kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall) atau mengenali kembali tentang nama, istilah, ide, rumus-rumus, dan sebagainya, tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunkannya. Pengetahuan atau ingatan adalah merupakan proses berkir yang paling rendah;
- Pemahaman (comprehension) Adalah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Dengan kata lain, memahami adalah mengetahui tentang sesuatu dan dapat melihatnya dari berbagai segi. Seseorang peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang hal itu dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Pemahaman merupakan jenjang kemampuan berkir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan atau hafalan;
- Penerapan (application) Adalah kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide-ide umum, tata cara ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori dan sebagainya, dalam situasi yang baru dan kongkret. Penerapan ini adalah merupakan proses berkir setingkat lebih tinggi ketimbang pemahaman;
- Analisis (analysis) Adalah kemampuan seseorang untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagianbagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan di antara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor-faktor lainnya. Jenjang analisis adalah setingkat lebih tinggi ketimbang jenjang aplikasi;
- Sintesis (syntesis) Adalah kemampuan berkir yang merupakan kebalikan dari proses berkir analisis. Sisntesis merupakan suatu proses yang memadukan bagian-bagian atau unsur-unsur secara logis, sehingga menjelma menjadi suatu pola yang yang berstruktur atau bebrbentuk pola baru. Jenjang sintesis kedudukannya setingkat lebih tinggi daripada jenjang analisis.
perbedaan soal hots dengan soal bukan hots
Contoh Soal Hots Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 K13
Muatan Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : 4/2
Kompetensi Dasar : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
Materi : Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem : IV/2
Indikator Soal : Disajikan siklus daur hidup hewan tertentu, siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi jika suatu fenomena kegiatan manusia mempengaruhi siklus tersebut.
Level Kognitif : 3 (menganalisis-C4)
Soal :
Apa yang akan terjadi terhadap siklus pertumbuhan kupu-kupu apabila kebutuhan kain sutra meningkat dengan tajam?
Kunci Jawaban : Kebutuhan kain sutra yang meningkat mengakibatkan kebutuhan ulat sutra meningkat sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah populasi kepompong dan kupu-kupu. Lambat laun kupu-kupu bisa punah.
Contoh Soal Hots Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 K13
Muatan Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 5/1
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No Soal |
3.2 | Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal | perkalian dan pembagian pecahan dan decimal | Siswa dapat menghitung operasi pembagian pada pecahan bentuk biasa, campuran, desimal, dan persen | C4 | pilgan | 1 |
3.5 | Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga | volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga | Siswa dapat menentukan volume bangun ruang | C4 | uraian | 2 |
Kompetensi Dasar | : 3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
Materi | : volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
Indikator Soal | : siswa dapat menentukan volume bangun ruang |
Level Kognitif | : C4 |
| |
Soal: | |
Sinta ingin membuat kolam ikan berbentuk balok. Ia menginginkan lebar kolam ikan tersebut 30 cm, dengan panjang 3/2 kali lebarnya dan tinggi kolam ikan 4 lebihnya dari ukuran lebar.
Berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bagian kolam ikan milik Sinta?
Penyelesaian:
Diketahui:
Lebar bak sampah (l) = 30 cm
Panjang bak sampah (p) = 3/2 x (l) = 3/2 x 30 = 45 cm
Tinggi bak sampah (t) = l + 4 = 30 cm + 4 cm = 34 cm
Ditanya : 2/3 volume balok (v)
Jawab:
V = p x l x t
V = 30 cm x 45 cm x 34 cm
V = 45.900 cm3
2/3 volume balok = 2/3 x 45.900 = 30.600 cm3
Jadi, volume bak sampah sinta adalah 30.600 cm3
PEDOMAN PENSKORAN
No. | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skor |
1. | Jika kosong atau jawaban salah | 0 |
2 | Menentukan salah satu panjang/ lebar kolam benar | 1 |
3 | Menentukan panjang dan lebar kolam benar | 2 |
4 | Menentukan volume keseluruhan benar | 3 |
5 | Menentukan 2/3 volumen dengn benar | 4 |
Total Skor | 4 |
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
- Critical thinking & Problem Solving :
- Keterampilan yang sangat esensial pada abad ke -21
- Critical thinking dapat dilatih berbasis pembelajaran di kelas
- Critical problem solving mencakup :
Menganalisis situasi yang tidak familiar
Mengevaluasi strategi pemecahan masalah
Menciptakan metode baru pemecahan masalah
Contoh Soal Hots Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 K13
KISI-KISI SOAL HOTS
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No Soal |
1. | 3.11 Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengantujuan untuk kesenangan. | BAHASA INDONESIA Lagu "Ruri Abangku" | 3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat | C4 | URAIAN | 1-2 |
2. | 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 | MATEMATIKA Pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99 | 4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan | C3 | URAIAN | 3-4 |
3. | 3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | PPKn Aturan dan tata tertib | 3.2.12 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah | C1 | URAIAN | 5 |
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 1-2
URAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Kompetensi Dasar | 3.11 Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan. |
Materi | Puisi dan Lagu |
Indikator Soal | 3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat |
Level Kognitif | C4 |
Soal :
1. Bercerita tentang apa lagu "Ruri Abangku" ?
2. Menurutmu bagaimana perasaan adik terhadap Ruri?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
1. | Tentang seorang kakak/abang | 20 |
2. | Adik bangga, ingin seperti Ruri. | 20 |
Total Skors | 40 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 3-4
URAIAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Kompetensi Dasar | 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 |
Materi | Operasi hitung pengurangan |
Indikator Soal | 4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan |
Level Kognitif | C 3 |
Soal :
3. Paman memetik 10 mangga, tapi sayang, 3 mangga jatuh dari pohon.Berapa sisa mangga paman?
4. Lani merawat 6 ekor angsa. musim hujan lalu, 3 angsa mati. Berapa sisa angsa Lani?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
3. | 10 – 3 = 7 | 20 |
4. | 6 – 3 = 3 | 20 |
Total Skors | 40 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 5
URAIAN
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Komponen Dasar | 3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
Materi | Aturan dan Tata Tertib |
Indikator Soal | 3.2.12 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah |
Level Kognitif | C 1 |
Soal
Sebutkan hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan ketika bermain dengan adik dirumah?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
5. | Berbagi dengan adik dirumah, tidak bertengkar | 20 |
Total Skors | 20 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
Contoh Soal Hots Kurikulum 2013 K13 Matematika
PENGERTIAN HOTS
Satu istilah baru di kalangan guru k13 saat ini adalah HOTS. Hots adalah istilah yang digunakan oleh guru kurikulum 2013 untuk mendesain soal yang akan disajikan bagi peserta didiknya dalam tahapan penilaian yang akan dilaksanakan, baik PH, PTS, PAS, maupun PAT.
Satu istilah baru di kalangan guru k13 saat ini adalah HOTS. Hots adalah istilah yang digunakan oleh guru kurikulum 2013 untuk mendesain soal yang akan disajikan bagi peserta didiknya dalam tahapan penilaian yang akan dilaksanakan, baik PH, PTS, PAS, maupun PAT.
HOTS itu sendiri merupakan singkatan dari Higher Order Thingking Skills, yang artinya Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jadi kesimpulannya, soal-soal Hots itu merupakan sekumpulan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggai, yaitu kemampuan berpikiir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), dan merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).
Sebagaimana soal hots dipakai untuk semua muatan pelajaran, demikian juga berlaku untuk mata pelajaran matematika k13. Katakanlah soal hots matematika itu adalah sekumpulan soal matematika berpikir tingkat tinggi yang tidak sekedar hanya mengingat, menyebutkan, dan menjelaskan, tetapi melakukan pemecahan masalah dengan menuangkan informasi dan ide-ide yang kritis.
Meskipun demikian soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal mengingat (recall). Lantas bagaimana membuat soal-soal matematika yang berbasis HOTS. OK, sabar teman-teman, tenang saja, admin blog pendidikan terbaru akan jelaskan dan contohkan model soal hots sebagaimana judul artikel pada halaman ini.
Model soal Hots, secara umum dikelompokan dalam 3 level kognitif. Berikut admin blog pendidikan terbaru jelaskan dan contohkan dalam pelajaran matematika :
1. Level kognitif 1 : Pengetahuan dan Pemahaman;
Level kognitif 1, adalah level kognitif pengetahuan dan pemahaman yang mencakup dimensi proses berpikir mengetahui (C1) dan memahami (C2). Ciri-ciri soal pada level 1 adalah mengukur pengetahuan faktual, konsep, dan procedural. Contoh KKO yang sering digunakan adalah: menyebutkan, menjelaskan, membedakan, menghitung, mendaftar, menyatakan, dan lain-lain.
Contoh hots level 1 C1 :
Soal :
Sudut perigon adalah sudut yang memiliki .........
Kunci : Ukuran tepat 3600
Skor : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengingat-C1) karena mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan.
Contoh hots level 1 C2 :
Soal :
Berikut ini contoh segi banyak beraturan, kecuali....
Kunci : d
Skor : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (memahami-C2) karena mengukur pemahaman siswa tentang konsep tertentu
2. Level kognitif 2 : Aplikasi;
Level kognitif 2, adalah level kognitif aplikasi yang mebutuhkan kemampuan yang lebih tinggi daripada level pengetahuan dan pemahaman. Level kognitif 2 mencakup dimensi proses berpikir menerapkan atau mengaplikasikan (C3). Contoh KKO yang sering digunakan pada level ini adalah: menerapkan, menggunakan, menentukan, menghitung, membuktikan, dan lain-lain.
Contoh rancangan hots level 2 C3 :
Soal :
Hitunglah keliling dan luas bangun berikut :
Kunci :
Diketahui: p = 16cm, l = 8cm. Ditanya: K = .....? dan, L = .....?
K = 2 x (p+l) = 2 x (16+8) = 2 x 24
K = 48
L = p x l = 16 x 8
L = 128
Jadi, keliling bangun persegi panjang itu 48 cm, dan luasnya 128 cm2
Skor :
Jika kosong : tidak isi
Jika urutan penerapan salah, jawaban salah : skor 2
Jika urutan benar, jawaban salah : skor 3
Jika urutan benar, jawaban benar : skor 4
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (menerapkan-C3) karena siswa menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki dari rumus persegi panjang untuk menyelesaikan soal tersebut.
3. Level kognitif 3 : Penalaran.
Level kognitif 3, adalah level kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), karena untuk menjawab soal-soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah kontekstual (situasi nyata yang tidak rutin). Contoh KKO yang sering digunakan pada level ini adalah: menguraikan, mengorganisir, membandingkan, menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, menyimpulkan, merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbaharui, menyempurnahkan, memperkuat, memperindah, menafsir, dan mengubah.
Contoh rancangan hots level 3 :
Soal :
Tafsirkan data pada diagram batang berikut :
Kunci :
Jawaban disesuaikan (kebijakan guru). Berikut contoh tafsiran sesuai data pada diagram:
- Pada diagram terlihat bahwa tinggi badan paling tertinggi siswa kelas V SDN ... itu sebanyak 5 siswa, sedangkan tinggi badan paling rendah sebanyak 10 siswa;
- Paling banyak siswa kelas V SDN ... memiliki tinggi badan rata-rata 143 cm;
- Rentang tinggi badan siswa kelas V SDN ... antara 140 cm sampai 145 cm.
Skor :
Tidak isi atau kosong : skor 0
Jika diisi, tapi jawaban tidak sesuai data atau salah : skor 2
Hasil penafsiran mendekati data pada diagram : skor 4 – 6
Hasil penafsiran sesuai data pada diagram : skor 8 – 10
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 3 (menganalisis-C4) karena siswa harus menganalisis dengan menafsir dan menggabungkan beberapa konsep serta informasi baru yang diperoleh dari penyajian sebuah data.
Nah! Sudah tahu kan teman-teman, berikut beberapa screnshort soal matematika yang sudah admin bikin, sebagai persiapan untuk penyajian soal PAS 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13 |
Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13 |
kata kunci :
contoh soal hots smp
contoh soal hots unbk
contoh soal hots adalah
contoh soal hots bahasa indonesia
karakteristik soal hots
contoh soal hots ipa sd
langkah-langkah menyusun soal hots
soal hots bahasa inggris
Demikian artikel blog Pendidikan terbaru, terkait dengan Kurikulum 2013 K13 dengan judul Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13