Soal Ut: Soal Ujian Ut Pgsd Semester 9 Lengkap Degan Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD smt 9 - Pada laman ini anda akan membaca dan mendapatkan beberapa kumpulan soal-soal latihan prediksi UAS Pendas atau Ujian UT. Nah, kali ini admin khususkan untuk soal-soal semester 9 PGSD.


Soal Ujian UT PGSD Semester 9 Lainnya:
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4503 Materi dan Pembelajaran IPA SD
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
  • Contoh Soal TAP UT PGSD Tugas Akhir Program PDGK4500

Pada laman ini anda akan membaca dan mendapatkan beberapa kumpulan soal Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban
Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban


Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
1.  Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A.  melaksanakan proses belajar mengajar
B.  melaksanakan supervisi atau pengawasan
C.  memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D.  membimbing anak belajar di rumah
Jawab:
A.  Benar, karena pedoman melaksanakan proses belajar mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum

2.  Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A.  konservatif
B.  kreatif
C.  kritis
D.  evaluatif
Jawab:
B.  Benar, karena peranan kreatif mengandung hal-hal yang dapat membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir baru dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum

3.  Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A.  sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B.  sesuai dengan minat siswa
C.  memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D.  bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D.  Benar, karena kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum

4.  Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A.  konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B.  sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C.  dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D.  memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D.  Benar, karena rumusan tujuan yang memiliki manfaat (nilai guna) baik bagi peserta didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum

5.  Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A.  aspek kebudayaan
B.  perubahan fisik manusia
C.  cara berpikir mendalam
D.  perilaku manusia
Jawab:
D.  Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Landasan Pengembangan Kurikulum


6.  Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A.  kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B.  administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C.  inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D.  guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C.  Benar, karena dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan administrator inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum

7.  Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B.  Benar, karena pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum

8.  Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A.  penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B.  pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C.  pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D.  adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B.  Benar, karena penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang dapat membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

9.  Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A.  disusun secara logis dan sistematis
B.  sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C.  bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D.  sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A.  Benar, karena isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A.  sesuai dengan tujuan
B.  merupakan warisan positif generasi masa lalu
C.  sesuai dengan kebutuhan siswa
D.  mudah dikuasai siswa
Jawab:
D.  Benar, karena kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum

11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A.  melakukan berbagai inovasi
B.  menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C.  mendesain kembali organisasi sekolah
D.  merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawab:
C.  Benar, karena pelibatan berbagai pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

12. Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A.  pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B.  keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C.  penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D.  penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B.  Benar, karena merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

13.  Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A.  memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B.  mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C.  menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D.  memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D.  Benar, karena merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A.  mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B.  memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C.  menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D.  memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D.  Benar, karena memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar sesuai dengan caranya sendiri merupakan tugas guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence


15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A.  kemandirian dan kerjasama
B.  belajar untuk kebersamaan
C.  interaksi dan komunikasi
D.  suasana yang mendukung
Jawab:
B.  Benar, karena faktor belajar untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A.  Bahasa Belanda
B.  Sejarah
C.  Pendidikan Jasmani
D.  Bahasa Inggris
Jawab:
A.  Benar, karena penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda dapat mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A.  mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B.  membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C.  mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D.  mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C.  Benar, karena pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
A.  menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B.  menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C.  menerapkan bimbingan belajar
D.  menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A.  Benar, karena program kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
A  .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B.  mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C.  berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D.  terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B.  Benar, karena KTSP memberikan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A.  kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B.  kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C.  kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D.  kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D.  Benar, karena hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A.  akuntabilitas
B.  partisipasi
C.  keterbukaan
D.  kemandirian
Jawab:
A.  Benar, karena ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A.  menganalisis konteks
B.  menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C.  memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D.  menentukan sumber belajar
Jawab:
A.  Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu langkah dalam pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A.  tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B.  kebermanfaatan bagi siswa
C.  Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D.  harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawab:
D.  Benar, karena hal tersebut merupakan kriteria dalam memilih serta mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

24. Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A.  mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B.  memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C.  memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D.  memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C.  Benar, karena salah satu tugas komite sekolah adalah memberikan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibuat sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era ... .
A.  Perkembangan IPTEK
B.  Profesionalisme
C.  Informasi
D.  Globalisasi
Jawab:
D.  Benar, karena era globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan


26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A.  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B.  memiliki solidaritas sosial
C.  memiliki kreativitas
D.  mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C.  Betul, karena kreativitas ditandai dengan kepribadian yang mandiri dan terbuka yang mendorong diri untuk menciptakan perubahan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

27. Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi, melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A.  performative
B.  epistemic
C.  functional
D.  informational
Jawab:
B.  Benar, karena literasi epistemic merupakan target kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan

28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ... .
A.  Accelerated learning
B.  Quantum learnig
C.  Cooperative learning
D.  E-learning
Jawab:
A.  Benar, karena accelerated learning adalah belajar yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan

29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A.  tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B.  sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C.  dasar-dasar pengembangan kurikulum
D.  kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A.  Benar, karena dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Produk Pengembangan Kurikulum

30. Salah satu manfaat silabus bagi guru adalah sebagai ... .
A.  dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B.  ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C.  dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D.  dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B.  Benar, karena dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru dapat menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A.  ilmiah
B.  relevan
C.  sistematis
D.  menyeluruh
Jawab:
B.  Benar, karena prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

32. Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A.  karakteristik siswa
B.  mata pelajaran
C.  Kompensasi
D.  potensi siswa
Jawab:
D.  Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun rencana pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A.  ditujukan untuk siswa
B.  memiliki tahap-tahap
C.  sistematis
D.  pendekatan sistem
Jawab:
D.  Benar, karena karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen rencana pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A.  tingkat intelektual
B.  motivasi belajar
C.  gaya belajar
D.  sistematis
Jawab:
D.  Benar, karena sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran


35. Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A.  tujuan pembelajaran khusus
B.  standar kompetensi
C.  kompetensi dasar
D.  indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D.  Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran

36. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
A.  menentukan materi pelajaran
B.  mengembangkan program kegiatan
C.  menetapkan kegiatan belajar
D.  merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D.  Benar, karena dalam model PPSI, setelah merumuskan tujuan pembelajaran adalah mengembangkan alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 3 tentang Keputusan Situasional

37. Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A.  tujuan pembelajaran umum
B.  kompetensi dasar
C.  standar kompetensi
D.  tujuan pembelajaran khusus
Jawab:
B.  Benar, karena indikator harus ada setelah kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

38. Contoh kemampuan hasil belajar menerapkan adalah ... .
A.  Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B.  Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C.  Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D.  Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B.  Benar, karena melakukan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D.  Benar, karena melalui evaluasi formatif guru dapat mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi

40. Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
A.  dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B.  memberikan hasil yang dapat dipercaya
C.  dapat membedakan kemampuan siswa
D.  mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A.  Benar, karena kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat evaluasi untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi

41. Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melakukan praktikum untuk membuktikan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta untuk melakukan langkah-langkah secara teliti dan pada akhir pembelajaran siswa dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori prosedur adalah ... .
A.  Zat Makanan
B.  Pembuatan Laporan Praktikum
C.  Ketelitian dalam Praktikuml
D.  Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D.  Benar, karena materi kategori prosedur berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melakukan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran


42. Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah rumusan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa merupakan penerapa salah satu prinsip pemilihan materi pelajaran yaitu prinsip ... .
A.  Relevenasi
B.  Mutakhir
C.  Kecukupan
D.  Konsistensi
Jawab:
D.  Benar, karena prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

43. Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan tentang tumbuhan tetapi juga menunjukkan tanaman asli yang dibawa ke kelas. Membawa tanaman ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A.  memberikan pengalaman belajar yang bervariasi
B.  memenuhi minat siswa yang bervariasi
C.  membentuk sikap siswa
D.  memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D.  Benar, karena media yang dibawa adalah benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar


44. Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses mengajar telah menggunakan media. Media yang digunakan adalah ... .
A.  audio
B.  visual
C.  audio-visual
D.  proyeksi
Jawab:
C.  Benar, karena tayangan yang dilihat dan ditonton dapat dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar

45. Untuk membantu siswa menguasai kemampuan menggambar berbagai bangun datar, guru menggunakan poster berbagai gambar bangun datar dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media tersebut didasarkan pada kesesuaian dengan ... .
A.  karakteristik media
B.  tujuan pembelajaran
C.  karakteristik siswa
D.  situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, karena media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar

46. Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melakukan wawancara terhadap beberapa warga akibat dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru adalah memberikan pengalaman belajar dalam hal ....
A.  mengembangkan keterampilan berpikir
B.  membangun sikap sosial
C.  memperoleh informasi
D.  mengembangkan minat
Jawab:
C.  Benar, karena memperoleh informasi dapat diperoleh pada saat yang sama ketika siswa sedang belajar memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar

47. Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa agar siswa senang, semangat, dan merasa mudah dalam mempelajari suatu materi pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A.  mengaktifkan siswa
B.  memberikan kepuasan
C.  variasi pengalaman belajar
D.  kesesuaian
Jawab:
B.  Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar

48. Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan pak Ali dalam menentukan kegiata ini adalah agar siswa dapat melihat langsung berbagai jenis binatang air. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah ... .
A.  kemampuan siswa
B.  karakteristik materi pelajaran
C.  kemampuan guru
D.  kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

49. Mendayagunakan berbagai sumber belajar, dan memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A.  ceramah
B.  resitasi
C.  tanya jawab
D.  diskusi
Jawab:
B.  Benar, karena prinsip penggunaan metode resitasi adalah mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, tugas yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan belajar mandiri dan kelompok
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

50. Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab adalah ... .
A.  menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat
B.  menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C.  meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan tugas yang diberikan
D.  menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A.  Benar, karena menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
  
Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD dalam format doc dokumen pdf, silahkan klik disini

Soal UT PGSD PDGK4503 Materi dan Pembelajaran IPA SD
1.  Semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan dengan menggunakan berbagai indra (hasil observasi) disebut ….
A.  Estimasi
B.  prediksi
C.  Inteprestasi
D.  Penyelidikan
Jawab:
C.  Benar, karena intepretasi merupakan semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Inkuiri dan Keterampilan proses Sains

2.  Seorang guru berupaya untuk memusatkan perhatian siswa dengan cara menunjukkan atau mempertontonkan suatu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkitan dengan topik yang sedang dipelajari. Pada model belajar IPA atau CLIS, maka tahapan yang diberikan guru adalah ….
A.  orientasi
B.  pemunculan gagasan
C.  penyusunan ulang gagasan
D.  penerapan gagasan
Jawab:
A.  Benar, orientasi merupakan upaya guru untuk memusatkan perhatian siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 2 KB  tentang Model Pembelajaran

3.  Equus pada penulisan nama ilmiah Equus cabalus dalam urutan tingkat takson menunjukkan….
A.  spesies
B.  genus
C.  suku
D.  ordo
Jawab:
B.  Benar, Equus menunjukkan genus, contoh kuda (Equus cabalus) dan keledai Equus asinus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Klasifikasi Makhluk Hidup

4.  Mamalia air (Paus), setiap beberapa menit sekali selalu menyembulkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup udara.Kegiatan paus tersebut termasuk pada adaptasi
A.  fisiologi
B.  tingkah laku
C.  konvergen
D.  morfologi
Jawab:
B.  Benar, contoh adapatasi tingkah laku
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 2 Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan

5.  Pernyataan berikut yang termasuk contoh dari adaptasi fisiologi adalah....
A.  ketajaman indra pendengar kelalawar pada malam hari
B.  menggulungnya daun jagung jika udara panas
C.  cicak memutuskan ekornya pada saat ada bahaya
D.  pohon flamboyan menggugurkan daunnya pada musim kemarau
Jawab:
A.  Benar, merupakan contoh penyesuaian fungsi fisiologis organ tubuh terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Adaptasi Makhluk hidup terhadap lingkungannya

6.  Kebutuhan lauk pauk yang dianjurkan dalam seporsi makanan untuk anak usia 7-9 tahun adalah....
A.  250 gram
B.  200 gram
C.  150 gram
D.  100 gram
Jawab:
D.  Benar, kebutuhan akan lauk pauk adalah 100 gram dapat berupa 50 gram hewani dan 50 gram tumbuhan misalnya tempe
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 tentang Kandungan Gizi dan gizi seimbang

7.  Wortel yangh disimpan lama biasanya akan menjadi busuk dan lembek. Hal ini disebabkan oleh bakteri....
A.  Erwinia
B.  Straphylococcus aureus
C.  Lactobacillus plantarum
D.  Pseudomonas flourescens
Jawab:
A.  Benar, Erwinia dapat menyebabkan wortel menjadi lembek
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Tentang Penilaian Gizi pada Makanan

8.  Cara pengolahan bahan makanan dapat berpengaruh terhadap kandungan gizi. Seperti kentang yang digoreng akan kehilangan vitamin C sebanyak...
A.  25%
B.  30%
C.  50%
D.  75%
Jawab:
A.  Benar. Kentang yang digoreng akan menghilangkan vitamin C sebanyak 25%
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Penilaian gizi pada makanan Psikolinguistik dalam Pengajaran Bahasa

9.  Bagian organ eksternal pria berupa sepasang kantung yang tersusun oleh kulit tipis disebut....
A.  testis
B.  skrotum
C.  epididimis
D.  uretra
Jawab:
B.  Benar, skrotum merupakan organ laki-laki berupa sepasang kantung tipis dan fascia superfisial
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1  Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia

10. Bagian dari testis yang berfungsi menghasilkan sperma adalah...
A.  sel sustentakeler
B.  tubulus seminiferus
C.  sel endokrin interstitial
D.  tunica albuginea
Jawab:
B.  Benar, penghasil sperma adalah tubulus seminiferus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

11. Bagian ovarium yang berfungsi menghasilkan hormon progesteron, estrogen dan relaksin adalah...
A.  folikel graff
B.  corpus lutium
C.  ephithelium germinatum
D.  stroma
Jawab:
B.  Benar, sebagai penghasil hormon progesteron, estrogen dan relaksin
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang  Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

12. Suatu kelainan seksual dimana untuk memperoleh kepuasan seksual dengan melihat penderitaan fisik maupun mental orang lain melalui penderitaan dirinya sendiri disebut....
A.  sadismus
B.  bestiality.
C.  masochismus
D.  masturbasi.
Jawab:
C.  Benar, kelainan seksual ini menyakiti orang lain dan dirinya sendiri
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1, tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

13. Suatu pita berbentuk spiral yang ada dalam kromosom disebut ....
A.  kromomer
B.  kromonema
C.  sentromer
D.  telomer
Jawab:
B.  Benar,kromonema merupakan pita yang berbentuk spiral dalam kromosom
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2  Penurunan sifat manusia

14. Perkawinan bunga warna merah dengan putih di mana keduanya tidak merupakan sifat dominan resisif, maka akan menghasilkan perbandingan fenotip F2 adalah....
A.  1:2:1
B.  3:1
C.  9:3:3:1
D.  1:1:1:1
Jawab:
A.  Benar, merupakan perbandingan F2 dari sifat intermediet
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2 tentang Penurunan sifat pada manusia

15. Proses pengontrolan kelahiran yang dilakukan dengan cara pengangkatan uterus disebut....
A.  kastrasi
B.  oophorektomi
C.  histerektomi
D.  vasektomi
Jawab:
C.  Benar, yaitu pengontrolan kelahiran dengan cara mengangkat uterus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 3 tentang  Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia

16. Oncom merupakan produk bioteknologi sederhana dengan cara memfermentasikan bungkil kacang tanah dengan jamur....
A.  A.oryzae
B.  Mucor javanicus
C.  Neurospora
D.  Saccharomyces cerevicae
Jawab:
C.  Benar, merupakan jamur dalam pembuatan oncom
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB1  Pengenalan bioteknologi sederhana

17. Bentuk energi yang hanya ada sebagai energi tersimpan yang bisa lepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom disebut sebagai energi....
A.  kimia
B.  nuklir
C.  Elektromagnetik
D.  mekanik
Jawab:
B.  Benar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB1 tentang  Sumber Energi

18. Dalam sebuah pengantar mengalir muatan sebesar 50 coulomb selama 4 detik. Berapa besarnya arus yang mengalir dalam pengantar tersebut?
A.  50 ampere
B.  25 ampere
C.  12,5 ampere
D.  10 ampere
Jawab:
C.  Benar, dimana q = 50C, t = 4 detik, maka besarnya arus (I) adalah I=q/t atau 50/4 = 12,5
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB2 tentang Listrik dan Rangkaian Sederhana

19. Untuk meningkatkan nilai efisiensi nitrogen, mereduksi penyakit pada hewan ruminansia dan mengontrol kelembaban kotoran hewan biasanya peternak menggunakan ….
A.  zeolit
B.  benzoit
C.  pasir putih
D.  gibsum
Jawab:
A.  Benar, karena zeolit juga dapat mengontrol kandungan amonia kotoran hewan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB1 tentang bahan-bahan di sekitar kita

20. Tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan kencing batu karena sifatnya yang diuretic adalah.
A.  kemangi.
B.  kunyit.
C.  keji beling.
D.  tanaman kecubung.
Jawab:
C.  Benar, keji beling digunakan sebagai obat kencing batu .
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 2 tentang Pemanfaatan tumbuhan

21. Pernyataan berikut ini merupakan keterampilan proses
1.  observasi dan inferensi
2.  pengukuran dan estimasi
3.  komunikasi dan interprestasi
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 semua merupakan keterampilan proses, selain itu juga prediksi, berhipotesis, pengendalian variabel dan eksperimen

22. Seorang siswa melakukan penelitian tentang "Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman" Dilakukan dengan meletakkan tanaman A pada tempat dengan intensitas cahaya yang bervariasi yaitu pada intensitas yang rendah dan pada intensitas yang tinggi. Setiap tanaman diberikan perlakukan yang sama seperti jenis tanaman, jenis tanah yang digunakan dan ukuran pot. Pertanyaan yang benar tentang pernyataan di atas adalah....
1.  variabel kontrol : jenis tanah
2.  variabel terikat : pertumbuhan tanaman
3.  variabel bebas : cahaya
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Variabel control merupakan variabel yang tidak diubah, seperti jenis tanah dan ukuran pot. Variabel terikat adalah kondisi yang mungkin dipengaruhi atau dikenai akibat perubahan. Variabel bebas merupakan suatu faktor atau kondisi dalam sebuah eksperimen yang secara khusus diubah oleh seorang peneliti

23. Fokus dalam Literasi Sains (PISA) tahun 2006 adalah literasi....
1. sains
2. tehnologi komputer
3. problem solving
Jawab:
Jawaban no 1, 2 dan 3 adalah benar. Semua jawaban meruapakan literasi yang difokuskan pada literasi sains (PISA) 2006

24. Pernyataan berikut ini merupakan penilaian literasi sains....
1. tidak ditujukan untuk membedakan siswa literat atau tidak
2. merupakan proses yang kontinue dan terus menerus berkembang sepanjang hidup manusia
3. hanya melihat adanya benih-benih literasi dalam diri siswa
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, semua meruapakan pernyataan tentang literasi sains

25. Model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme adalah...
1.  model siklus belajar
2.  model pembelajaran generatif
3.  model pembelajaran interaktif
Jawab:
Jawaban semua benar, model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme selain 3 model tersebut juga model CLIS dan model strategi pembelajaran kooperatif

26. Aktivitas siswa dalam fase klarifikasi pada saat pembelajaran kontruktivisme adalah....
1.  siswa merumuskan kembali pengetahuan tentang konsep yang sedang dipelajari
2.  siswa secara berkelompok mendiskusikan rencana penyelidikan
3.  siswa berkelompok melakukan penyelidikan untuk menguji rencananya
Jawab:
Jawaban semua benar, semua merupakan aktivitas dalam fase klarifikasi

27. Kriteria yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan model pembelajaran terpadu berkenaan dengan perkembangan anak adalah....
1.  karakteristik mata pelajaran
2.  lingkungan sebagai sarana belajar
3.  kebutuhan anak
Jawab:
no 1,2 dan 3 adalah benar, masing-masing kriteria memberikan sumbangan tersendiri

28. Pernyataan berikut ini merupakan tujuan dilakukannya klasifikasi makhluk hidup
1.  untuk mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup
2.  memudahkan dalam mempelajari organisme yang beranekaragam
3.  mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan cirinya agar mudah dikenali
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Salah satu tujuan utama dari klasifikasi adalah untuk memudahkan kita dalam mempelajari organisme yang ada di alam ini, selain itu mengetahui hubungan kekerabatan yang dimiliki oleh mahkluk hidup, misalnya kucing memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan harimau dibandingkan dengan biawak, karena berdasarkan persamaan ciri sama-sama melahirkan anak, menyusui dan bertulang belakang

29. Pernyataan berikut ini adalah benar tentang proporsi kelompok sayur-sayuran yang harus dikonsusi berdasarkan gizi seimbang:
1. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok karbohidrat
2. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah
3. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lauk pauk
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 adalah benar, proporsi sayuran berdasarkan gizi seimbang harus lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah dan lauk-pauk. Jawaban 1 salah, karbohidrat merupakan kelompok yang paling banyak dibandingkan kelompok buah, sayuran, lauk-pauk dan lemak.

30. Zat warna merupakan zat adiktif yang sering dibubuhi dalam makanan siap saji. Dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh zat warna antara lain....
1. kerusakan otak
2. kelainan hati
3. asma
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua merupakan dampak yang ditimbulkan oleh zat warna

31. Pernyataan berikut ini adalah benar tentang RNA:
1.  mempunyai pita tunggal
2.  mengandung gula ribose
3.  berisi informasi dari satu gen
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua jawaban merupakan ciri-ciri dari RNA

32. Contoh penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X adalah....
1. hemophilia
2. albino
3. fragile sindrom
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 adalah benar, merupakan penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X. Jawaban 2 salah, merupakan penyakit keturunan dimana alel resesif terpaut pada kromosom tubuh

33. Sistem penyimpanan energi potensial yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik biasanya ditemukan pada....
1.  bendungan
2.  pengairan
3.  pembangkit tenaga air
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar

34. Bentuk energi berikut ini merupakan energi terbarukan....
1.  energi matahari
2.  energi nuklir
3.  energi angin
Jawab:
Semua jawaban adalah merupakan energi terbarukan, selain itu yang termasuk energi terbarukan yang lain adalah energi laut, energi biomassa, energi air dan energi panas bumi

35. Pernyataan berikut ini yang benar tentang konsep listrik adalah....
1.  terdapat dua jenis muatan yaitu positif dan negatif
2.  muatan negatif yang dimiliki oleh elektron dalam suatu lintasan selalu mengelilingi inti yang bermuatan positif
3.  elektron-elektron dapat keluar dari orbitnya dan bergerak dari atom ke atom lainnya sebagai elektron bebas
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, ketiganya merupakan konsep tentang listrik

36. Larutan yang dapat digunakan sebagai indikator untuk memerahkan lakmus biru adalah....
1.  air cuka
2.  air hujan
3.  air sabun
Jawab:
Jawaban no 1 dan 2 adalah benar, disamping itu beberapa larutan yang bersifat asam lainnya adalah air jeruk, air tomat, air aki. Jawaban no 3 salah karena air sabun adalah basa yang akan membirukan lakmus merah

37. Pernyataan yang benar tentang sampah organik adalah....
1. sampah yang berasal dari alam baik flora maupun fauna
2. tidak mudah terurai dan mempunyai sifat kering
3. dalam jumlah banyak dapat menimbulkan masalah lingkungan
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, sampah organik adalah sampah yang berasal dari flora dan fauna, meskipun dapat diurai oleh decomposer namun dalam jumlah yang banyak tetap menimbulkan masalah lingkungan seperti pencemaran bau dan sumber penyakit. Jawaban no 2 salah karena merupakan karakteristik dari sampah anorganik

38. Karakteristik limbah cair dapat diketahui menurut sifat-sifat dan karakteristik fisiknya, antara lain dari....
1. kekeruhan
2. bau
3. temperatur
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, sifat keruh air dapat dilihat dengan mata secara langsung karena adanya partikel koloidal. Adanya zat-zat organik serta campuran dari nitrogen, sulfur dan fosfor yang berasal dari pembusukan protein yang dikandung limbah mengakibatkan dikeluarkannya gas-gas seperti sulfide yang berbau busuk. Limbah yang mempunyai temperatur tinggi akan mengganggu biota tertentu

39. Limbah kertas dapat dimanfaatkan kembali (didaur ulang) untuk....
1. dibuat bubur pulp kembali untuk bahan kertas
2. dihancurkan sebagai bahan isolasi
3. diinsenerasi sebagai penghasil panas
Jawab:
Jawaban yang benar adalah 1, 2 dan 3, semua bahan ini dapat dimanfaatkan dari limbah kertas

40. Etika lingkungan neo-utilitarisme adalah etika lingkungan yang menekankan, kecuali pada
1. perjuangan hak-hak binatang
2. menekankan kehidupan sebagai standar moral
3. kebaikan untuk seluruh makhluk
Jawab:
Jawaban 1 da 2 benar bukan merupakan etika neo-utilitarisme, karena perjuangan hak-hak binatang termasuk pada etika lingkungan zoosentrisme, dan menekankan kehidupan sebagai standar moral merupakan etika lingkungan biosentrisme. Jawaban 3 benar kabaikan untuk seluruh makhluk

Selengkapnya, silahkan langsung saja klik disini

Soal UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

1.  Secara universal pengertian bahasa adalah....
A.  suatu ungkapan berbentuk ujaran yang membedakan manusia dari makhluk lainnya
B.  suatu lambang bunyi yang ditetapkan secara manasuka
C.  suatu lambang bunyi yang mempunyai pengertian
D.  suatu lambang bunyi yang bersifat konvensional
Jawab:
A.  Benar, pengertian bahasa secara universal adalah bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran yang dapat membedakan manusia dari makhluk lainnya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB1 MK PDGK4504/Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2.  Ada yang menyebut, rumah, pondok, gubuk untuk konsep tempat tinggal. Variasi sebutan menunjukkan bahasa bersifat....
A.  produktif
B.  sistematis
C.  unik
D.  mana suka.
Jawab:
D.  Benar, mana suka/arbitrer, tidak ada hubungan logis antara lambang dengan yang dilambangkan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB 1.

3.  Fonem, suku kata, dan kata merupakan bagian dari unsur segmental karena....
A.  fonem, suku kata, dan kata tidak selalu dapat diujarkan
B.  fonem, suku kata, dan kata berfungsi membedakan arti
C.  dapat ditulis dan dibunyikan secara deskriptif
D.  dapat diujarkan dengan nada tinggi atau rendah
Jawab:
C.  Benar, fonem, suku kata, dan kata merupakan unsur segmental yang dapat diujarkan dan dituliskan secara deskriptif
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah MODUL1 KB1.

4.  Bahasa yang digunakan oleh seorang pembaca berita berfungsi sebagai....
A.  informasi
B.  kontrol sosial
C.  ekspresi
D.  adaptasi
Jawab:
A.  Benar, bahasa berita merupakan salah satu bentuk informasi informasi, dengan demikian bahasa berfungsi sebagai alat pemberi informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul 1 KB1

5.  Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa negara yang salah satu penggunaannya adalah....
A.  mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia
B.  membaurkan diri di dalam masyarakat
C.  sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan
D.  alat dalam menyampaikan informasi kepada masyaraka
Jawab:
C.  Benar, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar merupakan fungsi bahasa indinesia sebagai bahasa nasional
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini baca Modul 1 KB1.

6.  Sajian dialog yang bertema “ Prestasi permainan bola Indonesia” pada stasion televisi swasta menggunakan ragam bahasa....
A.  tulisan populer
B.  tulisan ilmiah
C.  lisan ilmiah
D.  lisan populer
Jawab:
D.  Benar, dialog tentang bola menggunakan ragam lisan popular, karena menggunakan istilah yang dikenal luas/umum
Pembahasan:
Untukmenjawab pertanyaan ini baca modul1 KB1.

7.  Yang dimaksud belajar adalah....
A.  meniru tingkah laku seseorang yang dianggap positif
B.  perubahan perilaku yang permanen sebagai hasil pelatihan dan penguatan
C.  mengupayakan kemampuan yang ada untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya
D.  berlatih menggunakan pengalaman yang didapat sendiri maupun orang lain
Jawab:
B.  Benar. Definisi belajar adalah perubahan perilaku yang permanen sebagai hasil pelatihan dan penguatan
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

8.  Tujuan pembelajaran bahasa adalah....
A.  mengajak siswa berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis
B.  mempersiapkan siswa untuk mampu melakukan interaksi yang bermakna dengan lingkungannya
C.  agar siswa dapat memiliki pengetahuan tentang teori bahasa sesuai target
D.  agar siswa memperoleh nilai maksimal dalam pengetahuan bahasa
Jawab:
B.  Benar, tujuan belajar bahasa adalah mempersiapkan siswa untuk melakukan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

9.  Faktor di luar diri siswa(eksternal) yang mempengaruhi keberhasilan belajar di antaranya adalah....
A.  lingkungan keluarga
B.  fisik siswa
C.  motivasi belajar
D.  psikis siswa
Jawab:
A.  Benar, lingkungan keluarga merupakan faktor eksternal (di luar diri siswa) .
Pembahasan:
Pelajari modul1 KB2 agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

10. Kata menganga pada kalimat” Torehan luka itu semakin menganga” terdiri atas ...
A.  enam fonem
B.  delapan fonem
C.  tiga fonem
D.  tujuh fonem
Jawab:
A.  Benar, terdiri atas enam fonem yaitu /m,e,ng,a,ng,a/
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB1 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini dengan benar.

11. Yang dimaksud dengan fonetik adalah....
A.  bunyi yang dapat membedakan arti
B.  bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia serta proses terjadinya bunyi bahasa
C.  satuan bunyi yang terkecil yang bersifat membedakan arti
D.  satuan bunyi yang hanya memiliki satu vokal
Jawab:
B.  Benar, fonetik adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia serta proses terjadinya bunyi bahasa
Pembahasan:
Pelajari Modul2 KB1 dengan saksama agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

12. Konsonan /d/ pada kata duduk termasuk....
A.  bilabial bersuara
B.  bilabial tak bersuara
C.  dental tak bersuara
D.  dental bersuara
Jawab:
C.  Benar, konsonan /d /pada kata duduk termasuk dental hambat tak bersuara
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul2 KB1

13. Mobil-mobilan dimainkanoleh adik. Morfem bebas yang tepat pada kalimat tersebut adalah….
A.  mobil-mobilan.
B.  dimainkan
C.  oleh
D.  adik
Jawab:
D.  Benar, “adik” merupakan morfem bebas(dapat berdiri sendiri)
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

14. Pada kata ‘perjanjian’ terdapat jenis afiks....
A.  prefiks
B.  infiks
C.  konfiks
D.  sufiks
Jawab:
C.  Benar, kata perjanjian berasal dari kata janji dan konfiks per-an
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB2 agar Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar.

15. Kata ‘melarikan’ dibentuk dari kata....
A.  lari.
B.  larikan.
C.  berlari.
D.  melarikan.
Jawab:
B.  Benar, kata ‘melarikan’ berasal dari kata ’larikan’ prosedurnya adalah lari larikan melarikan
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini, bacalah modul 2 KB2.

16. Morfem terikat secara sintaksis pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” adalah....
A.  menyenangkan
B.  melihat
C.  pemandangan
D.  yang
Jawab:
D.  Benar, karena ,yang pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” terikat secara sintaksis
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini dengan benar.

17. “Frase ‘dari mana ‘ saja pada kalimat “Teknik menulis cerita jenaka dapat dimulai dari mana saja’ merupakan frase ...
A.  verbal
B.  ajektiva
C.  adverbial
D.  preposisional
Jawab:
D.  Benar, dari mana saja adalah frase preposisional karena mengandung kata depan dari
Pembahasan:
Bacalah modul 3 KB1 agar Anda dapat menjawab soal ini dengan benar.

18.  Frase bertingkat pada kalimat ‘Ratih baru pulang sekolah’ adalah....
A.  Ratih
B.  baru pulang
C.  Ratih baru pulang
D.  Ratih pulang
Jawab:
B.  Benar, baru pulang merupakan frase bertingkat yang berhukum, MD
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB1 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini.

19. Kalimat “ Sementara menunggu anaknya ia mengikuti kursus menjahit agar dapat memanfaatkan waktu.” Terdiri atas....
A.  satu klausa
B.  dua klausa
C.  satu kalimat tunggal
D.  tiga klausa
Jawab:
D.  Benar, kalimat di atas adalah kalmat majemuk yang terdiri atas tiga klausa:i)Ia menunggu anaknya, 2) Ia mengikuti kursus menjahit, dan 3) Ia dapat memanfaatkan waktu
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini.

20. Jaksa menuntut dia dua puluh tahun. Pola kalimat tersebut adalah....
A.  Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P
B.  Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P O
C.  Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P O pel
D.  Jaksa menuntut dia dua puluh tahun S P K
Jawab:
C.  Benar, Berdasarkan fungsi/kategorinya kalimat tersebut dipilih menjadi Jaksa menuntut dia dua puluh tahun sehingga polanya menjadi S P O Pel
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini.

21. Menurut Yuwono wacana adalah....
A.  Satuan makna antar bagian di dalam suatu bangun bahasa
B.  satuan bahasa yang terkecil yang dapat membedakan arti
C.  satuan fonem yang hanya memiliki satu puncak atau vokal
D.  kumpulan kata yang bermakna lengkap dan diakhiri oleh kesenyapan
Jawab:
A.  Benar, Yuwono mendefinikan wacana sebagai satuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 dengan saksama agar Anda dapat menjawab soal ini.

22. Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti , tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan hirau publik, atas kekerasan terhadap anak , anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Elemen inti pada wacana tersebut adalah....
A.  Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri
B.  Komitmen demikian tentu saja sangat berarti
C.  tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan hirau publik, atas kekerasan terhadap anak
D.  anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun
Jawab:
A.  Benar, elemen intinya adalah “Kekerasan terhadap anak tidak cukup dihentikan dengan komitmen pribadi atas anak-anak sendiri”
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

23. Dialek bahasa Sunda Buhun tentunya berbeda dengan dialek bahasa Sunda pada umumnya.Dalam bahasa Sunda Buhun setiap kalimat atau kata-kata tertentu mendapat tekanan yang agak panjang, sehingga terdengar seperti manja dan agak kaku serta naik turun. Kutipan wacana tersebut memenuhi persyaratan kohesi dan koherensi. Kekohesifan wacana tersebut ditunjukkan oleh....
A.  Tanda titik yang menandakan bahwa wacana tersebut terdiri atas dua kalimat
B.  adanya pengulangan pada frase bahasa Sunda Buhun
C.  dibubuhinya tanda koma pada kalimat-kalimat dalam wacana tersebut
D.  pengulangan pada kata dan sebanyak dua kali
Jawab:
B.  Benar, alat kohesi adalah pengulangan, dan pengulangan tersebut terdapat pada frase bahasa Sunda Buhun sebagai penjelasan yang padu
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

24. Di antara hal berikut yang termasuk ciri wacana lisan adalah....
A.  terdapat tanda kutip pada kalimat yang didialogkan
B.  taat azas dalam penerapan huruf kapital
C.  adanya alih tutur
D.  selalu menggunakan bahasa baku
Jawab:
C.  Benar, ciri wacana lisan adalah adanya penutur, petutur, alih tutur, bahasa tutur, serta konteks.
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

25. Sebuah wacana yang dibawakan oleh dua pelaku tergolong ke dalam jenis wacana....
A.  polilog
B.  dialog
C.  monolog
D.  prolog
Jawab:
A.  Benar, wacana polilog dibawakan oleh lebih dari dua orang pembicara/pelaku
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

26. Bahasa cerita jenaka harus baik, tampak hidup, dan dapat memberi pesona baru bagi pembaca. Unsur bahasa yang dinilai tidak hanya sekedar unsur mekanik, seperti ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan struktur kalimat, tetapi juga bagaimana bahasa cerita jenaka itu enak dibaca, komunikatif, hidup, dan memberi kesegaran baru. Dari sisi pemaparannya, jenis wacana tersebut adalah....
A.  argumentasi
B.  eksposisi
C.  narasi
D.  deskripsi
Jawab:
B.  Benar , wacana di atas berjenis eksposisi karena bersifat memberikan informasi dan instruksi
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

27. Pendekatan whole language adalah salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa....
A.  dengan memperbanyak latihan berbicara
B.  secara utuh (tidak terpisah-pisah)
C.  dengan memperbanyak latihan tatabahasa
D.  dengan memperbanyak berkomunikasi baik lisan maupun tulis sesuai konteks
Jawab:
B.  Benar , Pendekatan whole language adalah pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

28. Guru menyuruh anak membaca puisi secara keseluruhan, kemudian tiap satu baris kelas membacakan perbait, selanjutnya bergantian tiap siswa membaca puisi perbaris secara bergantian. Dalam pendekatan whole language guru tersebut menerapkan prinsip....
A.  interaksi sosial
B.  keterpaduan antarketerampilan berbahasa
C.  keutuhan dalam penggunaan bahasa sesuai konteks
D.  dari keseluruhan mengarah kepada bagian-bagian
Jawab:
D.  Benar, pembelajaran tersebut dimulai dari keseluruhan (puisi) bergerak ke bagian-bagian (bait/baris)
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

29 Guru meminta siswa kelas dua SD menuliskan tiga kalimat mengenai perjalanannya dari rumah ke sekolah, kemudian masing-masing siswa membaca tulisannya. Kegiatan guru tersebut adalah penerapan pembelajaran....
A.  menulis jurnal
B.  membaca pemahaman
C.  menulis terbimbing
D.  membaca terbimbing
Jawab:
A.  Benar, menulis jurnal adalah menulis pengalaman pribadi dengan memperhatikan kaidah-kaidah menulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

30. Dalam pendekatan Whole Language siswa bekerja dan belajar sesuai dengan kemampuannya serta berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai....
A.  pengarah atau moderator selama pembelajaran berlangsung
B.  model dalam pembelajaran agar dapat ditiru oleh siswa
C.  perencana pembelajaran, perancang kelas, dan fasilitator bagi siswa
D.  pengatur dan penguasa kelas dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran
Jawab:
C.  Benar, dalam PWL guru berperan sebagai perancang aktifitas siswa, korektor, fasilitator, dan menyiapkan kelas sebagai sumber belajar
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

31. Tujuan pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan komunikatif adalah....
A.  terbinanya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca
B.  terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa
C.  mampu mengkomunikasikan materi pembelajaran yang disajikan
D.  mampu menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia
Jawab:
B.  Benar, tujuan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa adalah terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa baik lisan maupun tulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

32. Pembelajaran bahasa yang selalu menyertakan pengalamn nyata (kehidupan sehari-hari) adalah pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan....
A.  kontekstual
B.  integratif
C.  Whole language
D.  konseptual
Jawab:
A.  Benar, pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran bahasa yang menggunakan konteks pengalaman nyata dalam berbahasa.
Pembahasan:
Bacalah modul 5 KB3 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

33. Guru meminta tiap siswa membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi yang tertera di papan tulis. Kegiatan guru tersebut menerapkan pendekatan kontekstual komponen....
A.  pemodelan
B.  bertanya
C.  inkuiri
D.  refleksi
Jawab:
B.  Benar, kegiatan guru pada pembelajaran di atas adalah menerapkan komponen kemampuan bertanya bagi siswa
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB3 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

34. Bu Tuti memperdengarkan contoh pembacaan puisi dari radio kaset yang telah disiapkannya agar siswa dapat menirukan cara membaca puisi yang baik . Pemilihan media kaset dalam pembelajaran tersebut menerapkan prinsip.....
A.  mudah
B.  menarik
C.  murah
D.  fungsional
Jawab:
D.  Benar, pemilihan kaset untuk berlatih membaca puisi sangat fungsional karena dapat menarik minat siswa dan memperkuat latihan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

35. Satu prinsip penggunaan media visual yang harus diperhatikan guru berkaitan dengan visual yang diproyeksikan adalah....
A.  guru harus pandai menggambar
B.  guru harus memiliki CD drama
C.  baik gambar maupun tulisan harus jelas sehingga mudah ditangkap/dibaca
D.  sajian materi sebaiknya menggunakan metode bermain peran
Jawab:
C.  Benar, gambar dan tulisan yang jelas menjadi prinsip utama pada penggunaan media visual yang diproyeksikan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

36. Contoh penggunaan media dengar pada pembelajaran menyimak adalah....
A.  Pak Soleh meminta siswa memperhatikan gerakan pemain drama dari video yang diputarnya
B.  Pak Dodi meminta siswa memperhatikan dan menulis runningtet atau berita berjalan yang disaksikan siswa
C.  Siswa mendengarkan berita terkini dari tape recorder untuk diceritakan kembali inti-inti beritanya
D.  Bu Lis meminta siswa memperagakan gerakan pantomim seperti contoh yang dilihat melalui video
Jawab:
C.  Benar, tape recorder adalah salah satu media dengar yang paling baik
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

37. Contoh penggunaan media teks untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah....
A.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menuliskan kembali isi teks.
B.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menceritakan kembali isi teks di depan kelas.
C.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta membuat rangkuman isi teks
D.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta menganalisis ejaan dan tanda baca yang terdapat pada teks.
Jawab:
B.  Benar, Setelah membaca teks, siswa menceritakan isi teks = keterampilan berbicara
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

38.  Seorang siswa yang memiliki kemampuan membaca yang tinggi diminta guru untuk membaca teks berita dengan baik sebagai model. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan media....
A.  lingkungan dalam pembelajaran berbicara
B.  video dalam pembelajaran menyimak
C.  manusia dalam pembelajaran membaca
D.  gambar dalam pembelajaran menulis
Jawab:
C.  Benar, Siswa sebagai model berperan sebagai media, membaca berita merupakan materi pembelajaran membaca
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

39. Contoh penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis adalah...
A.  Guru memperdengarkan pembacaan berita tentang lingkungan alam kemudian siswa diminta menuliskan inti beritanya
B.  Siswa diminta mlihat gambar pemandangan yang ada di papan tulis kemudian diminta menuliskannya dalam bentuk puisi
C.  Siswa diminta mencatat hal-hal yang diamati di halaman sekolah kemudian menyusunnya menjadi sebuah karangan.
D.  Siswa diminta menulis ringkasan dari teks yang dibaca
Jawab:
C.  Benar, Halaman sekolah yang menjadi objek pengamatan merupakan media lingkungan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB3 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

40. Yang dimaksud dengan penilaian kinerja dalam pembelajaran bahasa adalah penilaian terhadap....
A.  proses aktivitas siswa dalam kegiatan berbahasa
B.  kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal bahasa
C.  hasil yang diperoleh siswa dalam tes bahasa
D.  kumpulan hasil/pengalaman belajar bahasa siswa
Jawab:
A.  Benar, penilaian kinerja, menilai proses kegiatan berbahasa siswa (performance assessment)
Pembahasan:
Bacalah modul7 KB1 agar Anda dapat mengerjakan soal ini dengan benar.

41. Pedoman penskoran di atas tepat digunakan untuk penilaian hasil kerja siswa dalam....A.  Membaca berita
B.  Membaca puisi
C.  Menulis puisi
D.  Menulis berita
Jawab:
D.  Benar, contoh penilaian di atas tepat untuk menilai hasil kerja siswa dalam menulis berita
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul7 KB1

42. Penggunaan bahasa yang bersifat produktif terdapat pada kalimat berikut....
A. Pak Sunu menyuruh siswanya membaca novel untuk bahan rangkuman
B.  Cristina menyimak dengan tekun diskusi panel tentang penggunaan EYD di televisi
C.  Beni berhasil menjadi juara dalam perlombaan membaca puisi
D.  Bu Lis menjadi pembicara pada seminar Hari Guru di UTCC
Jawab:
D.  Benar, menjadi pembicara menggunakan kemampuan menyampaikan ide/pikiran secara lisan yaitu kegitan berbahasa yang produktif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

43. Yang dimaksud prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus adalah....
A.  komponensilabus seluruh ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)
B.  terdapat hubungan logis antara kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian
C.  seluruh materi dan kegiatan yang tercantum dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
D.  komponen-komponen silabus disusun berurutan secara logis sehingga mudah ldilaksanakan
Jawab:
C.  Benar, kebenaran dan berani bertanggung jawab menjadi tuntutan dalam prinsip ilmiah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

44. Jika kompetensi dasarnya membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengarkan, maka indikator awalnya adalah....
A.  menyusun ide pokok menjadi ringkasan sesuai judul teks
B.  menceritakan hasil ringkasan dengan bahasa sendiri di depan kelas
C.  mengembangkan karangan dari ide pokok yang ditemukan
D.  menuliskan ide pokok setiap paragraf yang dibaca
Jawab:
D.  Benar, menuliskan ide pokok setiap paragraf yang dibacamenjadi indikator awal dalam membuat ringkasan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

45. Jika kompetensi dasarnya dapat memceritakan kembali dongeng yang didengarnya dengan bahasa sendiri , maka langkah-langkah pembelajaran yang sistematis adalah....
A.1) mendengarkan dongeng, 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
B.1) mendengarkan dongeng, 2) mendongeng di depan kelas 3)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 4)menyusun kembali menjadi dongeng,
C.1) mendongeng di depan kelas 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendengarkan dongeng
D.1) mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 2)menyusun kembali menjadi dongeng, 3)mendengarkan dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
Jawab:
A.  Benar, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis untuk mencapai kompetensi tersebut diawali dengan mendengarkan dongeng dan diakhiri dengan mendongeng di depan kelas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

46. Ada beberapa prinsip untuk menjadikan kelas sebagai sumber belajar, di antaranya pelajaran terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi dalam hal ini adalah....
A.  memadukan topik pembelajaran bahasa dengan topik bidang studi lain
B.  menggunakan semua komponen bahasa dalam satu kali pembelajaran
C.  menyatukan pembelajaran bahasa dengan sastra
D.  menggabungkan pembelajran antartingkatan kelas
Jawab:
A.  Benar, yang dimaksid pembelajaran terintegrasi adalah memadukan topik pembelajaran bahasa dengan mata pelajaran lain (dapat disebut pendekatan terpadu atau tematik
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor ini bacalah modul8 KB1

47. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi sastra adalah memberikan pengalaman menginterpretasi karya sastra kepada siswa. Artinya siswa dapat....
A.  membuat karya sastra sesuai kemampuan siswa
B.  memrbangun kebiasaan untuk senang membaca karya sastra
C.  merasakan apa yang dituangkan dalam karya sastra
D.  menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Jawab:
D.  Benar, menginterpretasi adalah menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

48.  Pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SD kelas rendah harus sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu....
A.  lebih banyak gambar untuk mengkongkretkan cerita
B.  Sastra yang disajikan terdapat dalam buku teks yang disediakan
C.  berisi tentang kehidupan sehari-hari , dongeng, dan cerita lucu yang sederhana.
D.  sastra yang disajikan merupakan salah satu pengalaman guru
Jawab:
C.  Benar, kebutuhan siswa berkaitan dengan karakteristik siswa yaitu dekat dengan dunianya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

49. Salah satu kriteria bahan pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah adalah keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah....
A.  sesuai dengan kurikulum yang berlaku
B.  sesuai dengan kesiapan guru
C.  sesuai dengan kejiwaan siswa, usia, dan lingkungan siswa
D.  sesuai dengan tingkat pengetahuan masing-masing siswa di kelas tersebut
Jawab:
C.  Benar, yang dimaksud kesesuaian dalam sastra adalah sesuai dengan kejiwaan, usia, dan lingkungan siswa
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

50. Berikut ini adalah materi-materi sastra yang sesuai dikembangkan di SD kelas rendah kecuali....
A.  membaca puisi berjudul “Terima Kasih Ibu” dan mendeklamasikannya
B.  membaca dongeng “Asal-Muasal Ikan Mujair, dan “ menyebutkan para pelakunya
C.  membaca drama pendek berjudul “ Kura-kura dan Monyet”, dan memperagakan ucapan salah satu tokohnya
D.  menentukan watak tokoh pelaku utama dan pelaku sampingan dalam sebuah novel terkenal
Jawab:
D.  Benar, materi tersebut terlalu tinggi/ sulit untuk siswa SD kelas rendah.
Pembahasan:
untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1


format doc dokumen pdf silahkan klik disini


Demikian yang terbaru, terkait dengan Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel